Bisnis

Apa Itu Tagline? Pengertian, Fungsi, Tips dan Contohnya

apa itu tagline

Apa itu tagline merupakan pertanyaan mendasar yang sering ditanyakan oleh para pebisnis pemula untuk memulai sebuah usaha. Sampai saat ini, masih banyak pebisnis yang menganggap bahwa tagline tidak terlalu penting, padahal peranannya sangatlah signifikan.

Dengan menciptakan sebuah tagline yang menarik, maka sebuah bisnis akan memiliki identitas dan ciri khas yang dikenal oleh banyak orang. Bahkan, banyak konsumen yang lebih mengetahui produk melalui tagline suatu bisnis dibandingkan dengan nama perusahaan yang menjualnya.

Baca Juga : Cara Promosi Makanan yang Meningkatkan Daya Tarik Pelanggan

Apa Itu Tagline?

Apa yang dimaksud dengan tagline? Tagline adalah frase atau kalimat pendek yang dirancang untuk membangun citra merek, mengkomunikasikan nilai unik, atau merangkum pesan kunci suatu produk atau perusahaan. 

Perlu Anda ketahui bahwa tagline dapat menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran karena dapat membantu konsumen mengenali dan mengingat merek. Tagline yang baik dapat menciptakan kesan yang kuat pada konsumen dan membantu membedakan merek dari pesaing. 

Sebuah tagline yang baik biasanya mencerminkan nilai inti, tujuan, atau manfaat produk atau perusahaan yang bersangkutan.

Fungsi Tagline

Wajib untuk dipahami bahwa tujuan tagline adalah memberikan ringkasan singkat dan kuat tentang merek atau produk, menciptakan kesan positif, dan berkomunikasi dengan target audiens.

Tak hanya sekedar kata-kata saja, namun tagline juga memiliki fungsi yang sangat penting dalam konteks pemasaran dan branding suatu produk atau perusahaan. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari tagline:

1. Memperkuat Identitas Merek

Apa fungsi tagline? Pertama, tagline dapat membantu membangun dan memperkuat identitas merek. Tagline dapat merangkum nilai inti, kepribadian, atau tujuan perusahaan dalam beberapa kata.

2. Mengkomunikasikan Nilai dan Manfaat

Fungsi tagline yang kedua yaitu dapat menyampaikan nilai-nilai atau manfaat produk atau layanan secara singkat dan jelas kepada konsumen. Hal ini dapat membantu membedakan merek dengan pesaing sehingga akan terlihat berbeda.

3. Meningkatkan Kesadaran Merek

Tagline yang kuat dapat membantu meningkatkan kesadaran merek di kalangan konsumen sehingga produk lebih mudah diingat. Tak hanya itu, tagline juga dapat menjadi kunci untuk merangsang pengenalan merek kepada calon konsumen.

4. Menciptakan Sentimen Positif

Tagline yang baik dapat menciptakan sentimen positif atau emosional terkait dengan merek. Jika dibentuk dengan baik, maka akan membantu konsumen merasa terhubung dengan merek secara lebih mendalam.

5. Membantu dalam Pemilihan Produk

Contoh tagline indonesia yang berkualitas sudah sangat banyak sehingga menjadi panduan atau informasi singkat kepada konsumen tentang keunggulan produk atau layanan. Tagline yang tersampaikan dengan baik, tentu akan membantu konsumen dalam proses pemilihan produk.

6. Memudahkan Pemasaran dan Iklan

Tagline yang menarik biasanya memberikan landasan yang baik untuk kampanye pemasaran dan iklan sehingga dapat digunakan secara efektif dalam berbagai saluran pemasaran. Semakin menarik tagline yang dibuat, maka proses pemasaran secara online akan lebih mudah dilakukan.

7. Membangun Kesetiaan Konsumen

Tagline yang efektif dapat membantu membangun kesetiaan konsumen dengan menciptakan hubungan emosional atau menyampaikan nilai-nilai yang sesuai dengan preferensi mereka. Apabila terbentuk konsumen yang setia terhadap produk, maka akan menciptakan penjualan yang meningkat.

8. Membantu Dalam Rebranding

Ketika perusahaan mengalami perubahan strategis atau rebranding, tagline baru dapat membantu meresapi perubahan tersebut dan menyampaikan pesan baru kepada konsumen. Pesan baru bisa tersampaikan dengan lebih mudah dan cepat, apabila memanfaatkan tagline dengan baik.

9. Mempermudah Peringatan Produk

Tagline yang terkait dengan merek atau produk dapat mempermudah peringatan produk di berbagai saluran, dari iklan cetak hingga media sosial. Sampai saat ini, tagline menarik biasanya berhasil menciptakan kesan yang tahan lama dan memberikan nilai tambah kepada pengalaman merek secara keseluruhan.

Bisnis online

Tips Bikin Tagline yang Unik dan Menarik

Cara membuat tagline menarik tak semudah yang dibayangkan karena membutuhkan pemikiran yang kreatif dan strategis. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda membuat tagline yang efektif dan memikat:

1. Ketahui Target Audiens

Setelah mengetahui apa itu tagline, maka Anda harus memahami target audiens sehingga bisa membantu Anda menciptakan tagline yang relevan dan menarik. Anda harus menetapkan target konsumen yang akan dituju, misalnya anak muda, ibu-bu, bapak-bapak, lansia atau lainnya.

2. Fokus pada Keunikan dan Kelebihan

Apa yang membedakan produk Anda dari pesaing? Gunakan elemen ini sebagai dasar untuk menciptakan tagline yang menonjol dan unik. Mengetahui kelebihan dan keunikkan dari produk sangatlah penting, agar Anda bisa fokus terhadap hal tersebut.

3. Jangan Terlalu Panjang

Tagline yang efektif harus singkat dan mudah untuk diingat sehingga tidak akan membuat konsumen binggung. Pastikan Anda menghindari kalimat yang terlalu panjang atau rumit, agar tidak mengecoh calon konsumen baru. 

4. Gunakan Bahasa yang Menarik

Supaya tagline lebih efektif, maka Anda bisa memilih kata-kata yang menarik dan memikat. Hindari penggunaan kata-kata umum dan abstrak yang tidak memberikan dampak yang kuat.

5. Sesuaikan dengan Merek

Pastikan tagline sesuai dengan nilai inti merek sehingga maksud dan tujuannya bisa tersampaikan dengan mudah ke konsumen. Hal ini akan membantu menciptakan konsistensi yang kuat antara tagline dan merek yang dipasarkan.

6. Tangkap Sentimen Positif

Tagline dapat menciptakan sentimen positif, pertimbangkan untuk menggambarkan kebahagiaan, kesuksesan, kepercayaan, atau emosi positif lainnya. Dengan memanfaatkan sentimen positif yang terbentuk, maka popularitas sebuah merek akan meningkat.

7. Gunakan Permainan Kata

Jika memungkinkan, pertimbangkan penggunaan permainan kata atau frase yang dapat diingat dengan mudah. Permainan kata yang unik dan menarik dapat menambah elemen kreatif sehingga lebih disukai oleh konsumen.

8. Jangan Takut Berinovasi

Untuk membuat tagline yang menarik, maka jangan takut untuk berinovasi dan berpikir di luar kotak. Pada dasarnya, sebuah tagline yang unik dan tidak konvensional dapat menarik perhatian konsumen dengan lebih mudah.

9. Uji Kesederhanaan

Uji tagline Anda untuk memastikan bahwa dapat dengan mudah dipahami oleh orang lain. Pastikan untuk menghindari istilah atau frase yang hanya dimengerti oleh kalangan internal perusahaan.

10. Perbarui Sesuai Kebutuhan

Tagline bisa bersifat dinamis, jika ada perubahan dalam segi bisnis atau strategi branding merek. Pertimbangkan untuk memperbarui tagline agar tetap relevan dengan perkembangan jaman.

11. Verbalisasi dan Suara yang Baik

Bacakan tagline secara verbal dan pastikan bahwa suaranya baik dan mudah diucapkan, ini memastikan bahwa tagline dapat dikomunikasikan secara efektif. Selalu ingat bahwa tagline harus mencerminkan esensi merek atau produk Anda dan merangsang respon positif dari konsumen. 

10 Contoh Tagline Perusahaan

Karena tagline menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk, tentu pembuatan tagline harus diperhatikan dengan baik. Untuk inspirasi Anda, setidaknya ada beberapa contoh tagline perusahaan yang kreatif, unik dan menarik:

  • Kapal Api: “Kopi Asli Indonesia”
  • Blue Bird Group: “Pilihan Transportasi Terpercaya”
  • Pertamina: “Bersama Membangun Negeri”
  • Indomie: “Indomie, Seleraku”
  • Tolak Angin: “Orang Pintar, Minum Tolak Angin”

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Strategi Branding dan Tips Melakukannya

  • Nike: “Just Do It”
  • Coca-Cola: “Open Happiness”
  • Pepsi: “Live For Now”
  • Toyota: “Let’s Go Places”
  • Adidas: “Impossible is Nothing”

Dengan melihat kumpulan tagline unik diatas, maka Anda bisa mendapatkan inspirasi terbaik sehingga bisa menciptakan tagline yang bagus dan berkualitas.

Dapat disimpulkan bahwa tagline memiliki peran penting dalam strategi pemasaran dan branding suatu produk atau perusahaan. Dengan memperhatikan faktor-faktor yang dijelaskan tadi, perusahaan dapat merancang tagline yang kuat dan efektif sebagai bagian dari strategi branding. 

Semua penjelasannya menekankan pentingnya tagline dalam menciptakan identitas merek yang kuat dan membangun koneksi positif dengan konsumen.
Sekian bahasan lengkap mengenai apa itu tagline dan lainnya, semoga semua bahasannya bisa bermanfaat buat para pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *