Logistik

Apa Perbedaan Jasa Logistik dan Freight Forwarding? Yuk, Cari Tahu!

perbedaan jasa logistik dan freight forwarding

Mau terjun dalam industri perdagangan? Pastikan Anda sudah tahu perbedaan jasa logistik dan freight forwarding. Kedua istilah ini menjadi bagian penting dalam proses pendistribusian barang sehingga tidak boleh sampai salah memilih.

Masih banyak orang yang menganggap bahwa jasa logistik dan freight forwarding merupakan dua hal yang sama. Meski sama-sama dipakai dalam proses pendistribusian barang, akan tetapi kedua istilah ini memiliki makna dan cara kerja yang berbeda.

Lalu apa itu jasa logistik, dan apa perbedaannya dengan freight forwarding? Simak penjelasan tentang perbedaannya berikut ini.

Pengertian Jasa Logistik

Jasa logistik merupakan perusahaan yang menyediakan layanan pengiriman barang dalam skala kecil, menengah maupun dalam skala besar. Penentuan tarif pengiriman dibuat berdasarkan berat barang, jarak pengiriman serta jenis layanan pengiriman yang digunakan oleh pelanggan.

Jasa logistik melayani berbagai jenis pengiriman seperti pengiriman darat, laut, udara atau bisa juga kereta api. Tidak hanya itu, jasa logistik juga melayani pengiriman antar kota, antar provinsi hingga antar pulau. Jasa logistik biasanya memiliki satu kantor pusat dengan banyak gudang yang tersebar di berbagai wilayah.

Baca Juga : Yuk, Kenali Istilah Pengiriman Barang yang Kerap Digunakan Berikut Ini!

Pengertian Freight Forwarder

Lantas apa itu freight forwarding? Freight forwarding adalah perusahaan jasa angkut barang dari suatu tempat ke tempat lain dengan jumlah pengiriman besar dan banyak. Jasa freight forwarding bisa menangani berbagai jenis proses pengiriman mulai dari penyimpanan barang, packing, armada pengiriman, pengurusan dokumen pengiriman hingga memastikan barang sampai ke penerima dengan aman.

Jasa Freight forwarding umumnya digunakan dalam bisnis ekspor impor yang pengirimannya melibatkan dua negara yang berbeda. Jasa pengiriman ini juga biasanya memiliki jaringan freight forwarder yang tersebar luas dan bekerjasama dengan negara-negara tertentu.

Perbedaan Jasa Logistik dan Freight Forwarding

Perbedaan antara jasa logistik dan freight forwarding bisa dibedakan berdasarkan beberapa hal. Di antaranya seperti dari layanan pengiriman, perizinan operasional hingga lokasi pengiriman. Lebih jelas tentang perbedaannya hingga contoh freight forwarder, yuk simak penjabaran di bawah ini.

1. Berdasarkan Layanan Pengirimannya

Jasa logistik memiliki layanan pengiriman yang bersifat lokal. Layanan yang ditawarkan biasanya hanya berkisar durasi pengiriman, tarif pengiriman, jalur pengiriman serta jangkauan pengiriman. Layanan yang diberikan biasanya juga door to door dan door to port sehingga mampu menjangkau customer lebih mudah.

Sedangkan freight forwarding tidak hanya menyediakan layanan pengiriman barang akan tetapi juga jasa penyewaan gudang, jasa pengurusan dokumen, pajak hingga jasa pengiriman. Jasa freight forwarding memiliki layanan yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan jasa logistik.

Baca Juga : Inilah Tips Pengiriman Dokumen Penting yang Aman!

2. Berdasarkan Perizinan Operasional

Perbedaan selanjutnya dari freight dan jasa logistik adalah pada perizinan operasionalnya.  Perizinan operasional jasa logistik hanya sebatas pengiriman barang dan logistik saja. Akan tetapi untuk freight forwarding memiliki perizinan operasional yang lebih luas dan banyak. Tidak hanya itu, freight forwarding juga harus memiliki Surat Izin Usaha EMKL, Surat Izin Usaha EMPU dan berbagai dokumen penting lainnya.  

3. Berdasarkan Lokasi Pengiriman

Lokasi pengiriman jasa logistik hanya meliputi antar kota, antar provinsi dan antar pulau yang masih dalam satu negara. Sedangkan untuk freight forwarding lokasi pengiriman lebih luas yaitu antar dua negara berbeda dengan jenis barang yang beragam.

4. Berdasarkan Jumlah Muatan

Jasa logistik hanya menerima pengiriman barang dalam jumlah tertentu yang tidak lebih dari 10 ton. Sedangkan tugas freight forwarding adalah melayani pengiriman dengan jumlah muatan minimal 10 ton.

Saat ini telah ada banyak jasa logistik dan freight forwarding yang bisa Anda pilih untuk mempermudah proses pendistribusian barang. Salah satunya adalah SAP Express yang melayani pengiriman barang dengan jangkauan yang luas. Dengan mengetahui perbedaan jasa logistik dan freight forwarding, Anda bisa memilih jasa pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *