Bisnis

Begini Cara Endorse Selebgram untuk Promosi Bisnis, Mau Coba?

endorse

Pernah melihat artis atau selebgram mempromosikan suatu produk atau jasa? Dalam dunia bisnis, strategi tersebut disebut dengan endorse. Cara ini dilakukan untuk membantu memperkenalkan bisnis Anda kepada khalayak luas dengan harapan bisa mendapatkan pelanggan lebih banyak.

Di era digital seperti sekarang ini, promosi bisnis melalui media sosial memang cukup efektif untuk mendapatkan pelanggan. Ada banyak strategi promosi yang bisa Anda lakukan salah satunya adalah dengan menggunakan jasa endorsement dari selebgram atau influencer terkenal.

Lalu bagaimana cara melakukan endorse selebgram dengan tepat? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Endorse

Endorsement atau endorse artinya suatu strategi memberikan produk kepada seorang key opinion leader (KOL) untuk membantu mempromosikan produk Anda di akun media sosialnya. KOL dipilih dari seseorang yang bisa mempengaruhi audience salah satunya seperti selebgram.

Sebelum melakukan promosi bisnis Anda, KOL harus mendapatkan brief terlebih dahulu agar pesan yang ingin disampaikan kepada audience tepat. Tujuan dari aktivitas adalah menyasar target audience yang terdapat di akun KOL agar mengunjungi dan membeli produk di akun instagram Anda.

Saat ini ada banyak selebgram dan influencer yang bisa diajak kerja sama untuk memasarkan produk bisnis Anda. Jika Anda tertarik untuk melakukan contoh endorse pada selebgram, perhatikan dulu langkah-langkahnya seperti di bawah ini.

Langkah-langkah Endorse Selebgram

Sebelum menggunakan strategi endorsement untuk meningkatkan penjualan produk, pastikan Anda sudah tahu langkah-langkah melakukan endorse selebgram yang tepat sebagai berikut.

1. Pilih Selebgram yang Sesuai dengan Target Pasar Bisnis

Agar strategi endorsement bisa berhasil, langkah pertama dari cara endorse untuk pemula pastikan untuk memilih selebgram dengan tepat. Pilih selebgram yang memiliki niche konten berbanding lurus dengan produk bisnis Anda. Dengan memilih selebgram yang sesuai dengan target pasar bisnis, maka peluang produk Anda bisa terjual akan semakin besar.

Baca Juga : Begini Cara Menarik Pelanggan Bisnis yang Efektif

2. Hubungi Selebgram yang Ingin Diajak Kerjasama

Setelah mendapatkan selebgram yang tepat, langkah selanjutnya adalah kontak selebgram yang bersangkutan. Biasanya selebgram akan mencantumkan kontak kerja sama pada bio akun media sosialnya. Pastikan gunakan akun bisnis saat menghubungi selebgram tersebut agar terlihat lebih profesional.

3.  Tanyakan Rate Card dan Engagement Rate

Sebelum memutuskan untuk bekerjasama, jangan lupa tanyakan rate card dan engagement rate dari selebgram yang bersangkutan. Hal ini penting dilakukan karena berpengaruh terhadap budget yang harus Anda siapkan.

4. Bandingkan dengan Selebgram Lain

Untuk mendapatkan hasil endorsement yang maksimal, memilih selebgram yang tepat pastinya menjadi kunci utama. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika Anda membandingkan beberapa selebgram terlebih dahulu untuk mendapatkan yang terbaik dan sesuai dengan target market dan tata cara endorse produk Anda. Bandingkan rate card dan engagement rate dari dua atau tiga selebgram sekaligus.

5. Buat Kesepakatan

Setelah mendapatkan selebgram yang sesuai, langkah selanjutnya adalah buat kesepakatan. Buat kontrak perjanjian serta atur jadwal sesuai dengan kesepakatan untuk menghindari hal-hal yang  bisa merugikan salah satu pihak.

Baca Juga : Atasi Perang Harga dalam Berbisnis, Ini Dia Caranya!

6. Siapkan Brief Produk

Agar konten endorse sesuai dengan kebutuhan bisnis, jangan lupa untuk menyiapkan brief endorse produk yang akan diulas oleh selebgram tersebut. Hal ini penting dilakukan agar selebgram memahami produk bisnis yang akan dipromosikan.

Script endorse biasanya berisi tentang pemahaman produk yang harus oleh selebgram agar konten promosi yang dibuat memiliki hasil maksimal. Selanjutnya selebgram bebas mengembangkan konten sesuai dengan gaya mereka sendiri agar terlihat lebih natural.

Dalam strategi endorse, memilih influencer endorsement adalah kunci utama kesuksesan. Maka dari itu, memilih tokoh untuk endorsement produk tidak boleh sembarangan akan tetapi harus relevan dengan bisnis Anda.

Perlu diketahui, bahwa saat ini juga sudah banyak selebgram yang menawarkan endorsement kepada pelaku bisnis untuk menggunakan jasa mereka. Jika Anda mendapatkan tawaran seperti ini, pastikan tahu cara membalas tawaran endorse dengan tepat dengan memperhatikan keuntungan yang akan Anda dapatkan jika melakukan kerjasama tersebut.

Untuk menyakinkan influencer agar mau bekerjasama mempromosikan bisnis  Anda, tidak ada salahnya jika Anda menyiapkan proposal endorsement dengan baik. Semakin bagus proposal yang Anda siapkan, akan semakin menyakinkan influencer tersebut untuk mau bekerjasama.

Tidak bisa dipungkiri jika saat ini media sosial menjadi salah satu media promosi yang paling efektif untuk mendapatkan pelanggan. Dengan melakukan strategi endorse selebgram, Anda bisa menjangkau pasar yang lebih luas sekaligus mempengaruhi audience untuk menggunakan produk bisnis Anda.

investasi dengan modal kecil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *