Bisnis

Begini Cara Membuat Rancangan Anggaran Biaya Usaha, Pebisnis Wajib Tahu!

contoh rancangan anggaran biaya usaha

Untuk memulai sebuah bisnis, ada banyak hal yang perlu Anda persiapkan, salah satunya contoh rancangan anggaran biaya usaha. Hal ini berlaku untuk semua jenis usaha, baik usaha dalam skala besar maupun usaha rumahan sekalipun.

Dalam menjalankan bisnis, modal merupakan salah satu hal wajib yang harus dipersiapkan. Maka dari itu, sebelum memulai bisnis, Anda perlu membuat Rencana Anggaran Biaya atau RAB.

RAB sendiri dapat diartikan sebagai perkiraan pengeluaran yang harus dikeluarkan dan perkiraan pendapatan yang akan dihasilkan dalam periode waktu tertentu. Dengan membuat RAB ini, Anda bisa memperhitungkan berapa pengeluaran bisnis agar terhindar dari kerugian.

Lalu bagaimana cara membuat rencana anggaran biaya excel yang tepat untuk sebuah usaha itu? Yuk, simak ulasannya!

Panduan Membuat Rancangan Anggaran Biaya Usaha

Setiap jenis bisnis atau usaha memiliki pengeluaran yang berbeda-beda. Maka dari itu, penting membuat perencanaan anggaran biaya untuk mengetahui seberapa banyak modal yang perlu Anda persiapkan. Untuk membuat rencana anggaran biaya usaha dengan tepat, ada beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan, antara lain:

1.  Tentukan Tujuan dan Waktu Penggunaan Anggaran

Tahap pertama dalam proses pembuatan rencana anggaran biaya untuk contoh proposal bisnis adalah menentukan anggaran akan digunakan untuk apa saja dan kapan akan digunakan untuk melakukan pembelian.

Menentukan tujuan dan waktu penggunaan anggaran dari awal akan memudahkan Anda untuk mengetahui kisaran biaya apa saja yang perlu dikeluarkan. Hal ini juga berguna untuk menentukan batasan maksimal biaya yang akan dikeluarkan dan ekspektasi.

Baca Juga : Kenapa Harus Berbisnis Sejak Muda? Ini Alasannya!

2. Buat Daftar Kebutuhan

Tahap kedua dari proses pembuatan rencana anggaran biaya usaha adalah membuat daftar kebutuhan berdasarkan prioritas. Buat daftar barang apa saja yang akan dibeli, dibayar atau disewa dengan tujuan untuk memudahkan dalam menghitung estimasi jumlah dan hasil akhirnya.

3. Tentukan Jumlah Barang

Selain membuat daftar kebutuhan, Anda juga perlu menentukan jumlah barang dalam tahapan cara membuat rencana anggaran biaya di excel. Buat jumlah barang yang sesuai dengan kebutuhan, jangan sampai kurang atau lebih karena bisa menyebabkan kerugian dalam perencanaan anggaran bisnis ini.

4. Riset Harga Barang

Tahapan selanjutnya dari cara membuat RAB bisnis adalah melakukan riset harga barang. Tujuan dari hal ini adalah untuk mendapatkan harga terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Caranya adalah dengan membandingkan beberapa merek dan harga untuk mendapatkan barang yang tepat.

5. Hitung Jumlah Anggaran yang Dibutuhkan

Setelah mendapatkan daftar barang yang dibutuhkan, selanjutnya langkah dari pembuatan RAB usaha ini adalah menghitung jumlah anggaran yang dibutuhkan. Selain membuatnya secara manual, Anda juga bisa memeriksa dari contoh formulir pengiriman barang untuk memastikan tidak ada kekeliruan.

Baca Juga : Atasi Perang Harga dalam Berbisnis, Ini Dia Caranya!

6. Lakukan Evaluasi Anggaran

Langkah terakhir dari proses pembuatan rencana anggaran biaya usaha ini adalah melakukan evaluasi terhadap data anggaran yang telah dibuat. Hal ini untuk mengetahui apakah RAB sesuai dengan budget yang dimiliki serta untuk menghindari kesalahan dalam proses pembuatan anggaran yang bisa menyebabkan kerugian dalam bisnis.

Sebuah bisnis bisa berjalan dengan baik jika memiliki perencanaan yang bagus termasuk dalam perencanaan anggaran biaya. Maka dari itu, untuk menghindari kerugian akibat pengeluaran yang membengkak, Anda perlu memahami contoh rancangan anggaran biaya usaha sebagai tolak ukur untuk mengatur pengeluaran bisnis. Dengan membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB), akan memudahkan Anda untuk memperkirakan besarnya keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis tersebut.

peluang bisnis modal kecil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.