Bisnis

Begini Pentingnya Strategi Penetapan Harga Untuk Bisnis Anda

strategi penetapan harga

Dalam menjalankan sebuah bisnis, penting untuk menentukan harga produk, yang tentunya tidak asal memperkirakan harga. Namun, perlu dilakukan strategi penetapan harga agar bisnis Anda mendapatkan keuntungan maksimal. Selain itu, juga bermanfaat supaya produk Anda tidak terlampau mahal atau terlalu murah. 

Melansir dari laman Hubspot, strategi penetapan harga adalah model atau metode yang digunakan untuk menetapkan harga terbaik untuk suatu produk atau layanan. Hal ini lah yang dapat membantu bisnis Anda memaksimalkan keuntungan, serta mempertimbangkan permintaan konsumen dan pasar. 

Lantas, apa saja pentingnya dari strategi penetapan harga untuk bisnis Anda? Simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

Baca Juga : Begini Cara Menarik Konsumen Agar Membeli Produk Anda!

Apa saja Faktor Strategi Penetapan Harga?

Nah, untuk bisa melakukan strategi penetapan harga dengan baik, Anda perlu mempertimbangkan beberapa dari faktor strategi penetapan harga. Apa saja? Yuk lihat daftarnya!

1. Biaya

Faktor strategi penetapan harga yang pertama adalah biaya. Sebelum Anda menetapkan sebuah harga produk, Anda perlu mengetahui biaya-biaya yang keluar terkait dengan operasional bisnis Anda. Hal ini termasuk dengan biaya tetap Anda setiap bulannya, dan biaya langsung Anda (biaya yang dikeluarkan dengan memproduksi dan mengirimkan produk dan layanan Anda).

2. Pelanggan 

Pelanggan adalah faktor yang perlu Anda pertimbangkan dalam strategi penetapan harga Anda. Ketahui apa yang sedang diinginkan pelanggan dari produk serta layanan Anda. Apa mereka terdorong oleh harga yang murah ataukah nilai dari produk Anda. Lihatlah produk yang Anda jual, apakah pelanggan Anda membeli produk dengan layanan high-end ataukah low-end? Inilah informasi yang bisa Anda gunakan untuk menentukan harga yang tepat. 

3. Positioning

Setelah Anda memahami bagaimana pelanggan Anda, Anda perlu untuk melihat bagaimana positioning Anda. Di mana Anda ingin berada di pasar? Apa Anda ingin menjadi merek termahal, termewah, kelas atas di industri Anda, ataukah termurah? Apabila Anda sudah memutuskan hal ini, Anda nantinya bisa mendapatkan mengenai harga ideal Anda di pasaran. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui di mana posisi Anda berada saat ini. 

4. Pesaing

Faktor strategi penetapan harga yang selanjutnya adalah pesaing. Hal ini dapat Anda lakukan dengan cara riset pesaing di industri bisnis Anda. Apa kelebihan dari produk dan layanan yang diberikan pesaing Anda? Serta apa yang membuat pelanggan tertarik dengan produk-produk pesaing Anda? Nah, dengan informasi-informasi tersebut berdasarkan riset pesaing, Anda bisa mendapatkan gambaran mengenai penetapan harga produk atau layanan Anda. 

Baca Juga : 6 Cara Promosi di Sosmed untuk Mendapatkan Pelanggan

5. Laba

Salah satu faktor terpenting yang sering terlupakan adalah mengenai “berapa banyak keuntungan yang ingin Anda hasilkan”. Mungkin saat ini Anda berbisnis untuk menambah nilai bagi kehidupan pelanggan, namun Anda juga perlu memikirkan mengenai menambahkan nilai bagi diri Anda sendiri. Oleh karena itu, Anda juga harus mempertimbangkan faktor laba yang ingin Anda hasilkan. 

Tujuan Strategi Penetapan Harga

Setelah memahami mengenai apa saja faktor yang perlu dipertimbagkan dalam strategi penetapan harga, berikut adalah beberapa dari tujuan strategi penetapan harga yang perlu Anda pahami, yaitu sebagai berikut:

1. Mencapai ROI (Return on Investments)

Tujuan pertama dari strategi penetapan harga adalah untuk mencapai pengembalian investasi atau yang sering kita sebut dengan balik modal. Inilah tujuan terpenting yang ingin dicapai oleh setiap pemilik bisnis. Untuk mencapai ROI, Anda perlu menetapkan harga yang tepat dengan strategi penetapan harga. 

2. Kestabilan Harga

Tujuan strategi penetapan harga yang selanjutnya adalah untuk mencapai kestabilan. Pada dasarnya stabilitas harga penting dalam masyarakat. Pasalnya, kenaikan harga yang terlampau tinggi atau inflasi bisa berdampak pada penurunan daya beli masyarakat. Oleh sebab itu, penting untuk menetapkan harga yang tepat untuk produk dan layanan bisnis Anda. 

Baca Juga : Mengenal Strategi Cross Selling Untuk Meningkatkan Penjualan Anda

3. Memaksimalkan Keuntungan

Tujuan selanjutnya dari strategi penetapan harga adalah untuk memaksimalkan keuntungan bisnis Anda. Sederhananya, penetapan harga ini yaitu untuk menghasilkan uang sebanyak mungkin. Anda bisa lakukan dengan cara evaluasi dan mengurangi biaya operasional. Biaya ini termasuk dengan sewa, keperluan, peralatan dan inventaris, pemasaran serta periklanan, penjualan serta penggajian. 

Pentingnya Strategi Penetapan Harga

Dibawah ini adalah pentingnya strategi penetapan harga, yaitu sebagai berikut:

  1. Untuk menarik pelanggan: Harga yang Anda ciptakan memberikan kesan pertama dan bisa mempengaruhi pelanggan untuk membeli produk Anda. 
  2. Menggambarkan nilai: Harga pada dasarnya bisa menggambarkan mengenai nilai dari produk Anda. Mungkin Anda sering mendengarkan pepatah ‘ada harga ada kualitas’. Orang-orang seringkali menggambarkan produk yang lumayan mahal dengan kualitas baik. 
  3. Menentukan profitabilitas: Penetapan harga dalam pemasaran adalah salah satu kunci untuk menentukan pendapatan penjualan serta profitabilitas. Hal ini juga bertujuan untuk mendorong penjualan dan membangun loyalitas pelanggan. 

Contoh Strategi Penetapan Harga

Untuk mengetahui seperti apa itu strategi penetapan harga, kali ini kita mencontoh dari Netflix, yang merupakan sebuah perusahaan streaming video. Netflix memasuki pasar dengan harga langganan yang lumayan rendah, yaitu sebesar 7,99 dollar. Kini di tahun 2023, harga langganan sudah mencapai 15,49 dollar per bulan (paket standar). Inilah salah satu strategi penetapan harga yang dilakukan Netflix secara konsisten. 

Demikianlah ulasan kali ini mengenai pentingnya strategi penetapan harga untuk bisnis Anda. Dengan menentukan penetapan harga secara tepat, bisnis Anda nantinya bisa berkembang sesuai dengan harapan dan siapa tau Anda juga bisa menetapkan strategi penetapan harga seperti perusahaan Netflix? Semoga sukses ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *