Logistik

Begini Tips COD Bagi Pembeli yang Penting Anda Perhatikan!

tips cod

Istilah COD atau Cash on Delivery pasti sudah tidak asing bagi Anda. COD merupakan metode pembayaran yang memungkinkan Anda sebagai pembeli untuk membayar paket ketika tiba di tujuan. Dengan metode ini, tentunya Anda akan semakin mudah untuk membayar pesanan tanpa harus transfer terlebih dahulu. Anda juga bisa mengecek barang terlebih dahulu sebelum membayarnya. Hal ini dapat meminimalisir terjadinya salah kirim paket.

Meskipun demikian, sistem COD tidak selamanya berjalan mulus, baik bagi penjual maupun pembeli. Nah, pada ulasan ini akan dibahas tips COD bagi pembeli agar Anda tidak dirugikan atas transaksi tersebut. Yuk, simak!

Apa Itu COD dan Keuntungannya Bagi Pembeli

Sebelum masuk ke pembahasan apa saja tips COD bagi pembeli, Anda tahu terlebih dahulu tentang apa itu COD. Seperti telah disinggung diatas, COD merupakan sistem pembayaran yang mana dilakukan ketika barang sampai di tempat tujuan. 

Bagi pembeli, terdapat beberapa keuntungan yang didapat ketika menerapkan sistem COD, antara lain:

  • Pembayaran langsung sehingga mempermudah transaksi layaknya di toko offline
  • Dapat mengecek barang terlebih dahulu sebelum membayar
  • Dapat memastikan kondisi dan kualitas barang serta memastikan barang pesanan sesuai dengan deskripsi produk
  • Biaya ongkir lebih murah terlebih ketika penjual berada di wilayah yang sama

Baca Juga : 7 Hal Wajib yang Harus Anda Tahu Sebelum Transaksi Sistem COD

Tips COD Bagi Pembeli

Agar tidak terjadi kesalahan dan tidak dirugikan, Anda perlu menerapkan tips COD bagi pembeli berikut ini:

1. Pilih Penjual yang Terpercaya Saat Membeli Produk Secara Online

Tips COD bagi pembeli yang pertama adalah dengan memilih penjual atau seller yang terpercaya ketika membeli barang secara online. Penjual yang terpercaya pasti akan mengirimkan barang sesuai dengan pesanan Anda. Sebelumnya, pastikan ia memiliki testimoni positif dari pembeli lain guna meningkatkan kepercayaan terhadap penjual. 

Jadi sebelum memutuskan untuk membeli sebuah barang, pastikan penjualnya benar-benar terpercaya. Jangan asal tergiur dengan barang murah di toko online.

2. Pilih Ekspedisi yang Recomended

Saat ini banyak ekspedisi yang menawarkan sistem COD dalam pengiriman barang. Namun Anda tidak boleh asal dalam memilih ekspedisi, pastikan ekspedisi tersebut terpercaya. Salah satu ekspedisi yang terpercaya dan direkomendasikan untuk mengirim paket secara COD adalah SAP Express. SAP Express merupakan jasa pengiriman paket dan dokumen secara COD dengan jangkauan lebih dari 200 cabang di seluruh Indonesia.

3. Periksa Barang Sebelum Membayar

Saat paket tiba, alokasikan waktu terlebih dahulu untuk memeriksa barang yang dikirim. Pastikan barang tersebut sesuai dengan pesanan Anda. Perhatikan juga setiap detail produk tersebut, dan cek kembali deskripsi produknya. Hal ini akan meminimalisir Anda dari risiko paket salah atau tidak sesuai yang tentunya merugikan Anda. Setelah barang sudah sesuai, Anda baru membayarnya sesuai dengan harga yang disepakati.

Baca Juga : Cara Kirim Paket COD Tanpa Marketplace, SAP Express Solusinya

4. Gunakan Uang Pas Saat Membayar

Untuk memudahkan kurir atau pengantar paket dalam mengantarkan paket COD Anda, sebaiknya Anda menggunakan uang tunai dalam jumlah yang pas atau sesuai dengan pesanan. Hal ini juga akan mempersingkat waktu transaksi Anda agar kurir atau pengantar paket tidak kerepotan menyiapkan kembalian.

5. Rekam Foto atau Video Saat Unboxing Barang

Meskipun paket dikirim menggunakan metode COD, risiko salah kirim atau barang tidak sesuai ekspektasi tetaplah ada. Untuk itulah, Anda sebaiknya tetap membuat video unboxing saat membuka paket. Hal ini berlaku ketika Anda membeli barang melalui marketplace menggunakan metode COD. Nantinya ketika paket tidak sesuai pesanan, Anda bisa melakukan klaim pengembalian uang atau penukaran barang.

Itulah ulasan lengkap tentang tips COD bagi pembeli yang bisa Anda coba. Dengan melakukan tips diatas, Anda bisa bertransaksi secara online dengan lebih aman dan minim kerugian. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *