Bisnis

Begini Tips Sukses Menjajal Bisnis Dropship Tanpa Modal

dropship tanpa modal

Apa iya bisa berbisnis tanpa modal? Mungkin tidak banyak orang yang berpikir bahwa menjalankan bisnis bisa tanpa modal. Modal memang kunci utama dalam menjalankan bisnis, namun bukan tidak mungkin bisnis berjalan tanpa modal. Contohnya dalam bisnis dropship, Anda tidak perlu modal. Dropship tanpa modal bisa dijalankan oleh siapa saja, tanpa background bisnis sekalipun.

Nah, lantas bagaimana cara sukses menjalankan bisnis dropship tanpa modal? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Apa Itu Dropship

Sebelum tahu cara sukses menjalankan bisnis dropship, Anda perlu tahu pengertian dropship. Dropship adalah sistem bisnis atau jual beli yang mana si penjual tidak memiliki stok produk, melainkan langsung menjual atau memasarkan produk tersebut ke pembeli. Jadi si penjual bisa menjual sebuah produk tanpa memiliki stok sama sekali, ia menyalurkan produk ke pembeli dari supplier barang. Penjual yang melakukan bisnis dropship disebut dengan dropshipper.

Baca Juga : Ini Arti Reseller dan Dropship dalam Sistem Penjualan

Dropshipper berperan sebagai perantara antara supplier (pemilik barang) dengan pembeli. Dropshipper hanyalah menawarkan produk kepada pembeli, kemudian supplier yang akan mengurus packing dan pembelian barang tersebut sampai ke tangan pembeli. Nantinya dropshipper akan mendapatkan komisi beberapa persen dari penjualan barang yang besarnya telah disepakati sebelumnya. 

Keuntungan Dropship

Mudahnya melakukan bisnis dropship tanpa modal, membuat siapa saja bisa menjalankan bisnis ini. Bahkan para pemula yang minim pengalaman bisnis pun bisa menjajal dropship dengan mudah. Risikonya juga terbilang kecil karena minim modal.

Nah, berikut ini beberapa keuntungan bisnis dropship yang perlu Anda tahu.

1. Tanpa Modal

Meskipun tidak semua dropship tanpa modal, namun kalaupun butuh modal, modalnya minim sekali. Anda tidak perlu membeli produk tersebut terlebih dahulu, Anda langsung bisa menjualnya.

Bagi para pemula, tentu hal ini sangat menguntungkan. Tidak perlu berinvestasi banyak, Anda bisa berjualan. 

2. Minim Risiko

Dibandingkan bisnis lain, dropship juga minim risiko. Mulai dari risiko rugi akibat barang tidak laku, atau risiko modal habis, tidak akan Anda alami. Hal ini karena dropshipper hanya perlu menawarkan produk ke pembeli tanpa harus memiliki atau membeli produk terlebih dahulu.

Baca Juga : Ide Bisnis Anak Muda, Modal Kecil Untung Besar

3. Tidak Perlu Stok Barang

Seperti yang dijelaskan diatas, dropship tanpa modal tidak perlu stok barang. Barang ada di tangan supplier, dropshipper hanya bertanggung jawab menawarkan produk sampai terjadi kesepakatan saja. Nantinya pengiriman barang akan diurus oleh supplier hingga sampai tangan pembeli.

4. Lebih Fleksibel

Dropship menawarkan bisnis yang fleksibel. Artinya, Anda dapat berjualan kapan saja dan dimana saja. Tanpa perlu sewa gudang untuk menyetok barang, usaha Anda akan berjalan. Fleksibilitas ini juga dapat menghemat waktu dan tenaga Anda.

5. Produk Bervariasi

Dropshipper memiliki kesempatan untuk menjual produk yang bervariasi. Karena tidak butuh modal, Anda bisa menawarkan produk dari banyak supplier sekaligus tanpa batasan. Dalam hal ini, kemampuan marketing Anda lah yang dibutuhkan.

Tips Sukses Menjadi Dropshipper

Meskipun tanpa modal, bukan berarti menjadi dropshipper tidak akan sukses. Sebaliknya, Anda berkesempatan untuk sukses menjalankan bisnis dropship meskipun minim modal. Begini caranya.

1. Pilih Produk yang Kompetitif

Untuk sukses dalam dropship, pilihlah produk yang benar-benar berkualitas. Perhatikan terlebih dahulu apa kebutuhan pasar sebelum benar-benar menjualnya. 

Meskipun bukan Anda pemilik produknya, pastikan Anda hanya menjual produk yang baik, bernilai, dan juga kompetitif. Hindari memilih produk yang tidak memiliki nilai jual.

2. Pastikan Supplier Terpercaya

Selain itu, pilihlah supplier yang terpercaya. Mengingat Anda tidak berhubungan langsung dengan barang yang akan dikirim, maka jangan sampai salah pilih supplier. Pasalnya, reputasi yang Anda bangun bisa hancur jika supplier tidak amanah.

3. Branding Toko Online

Meskipun tidak memiliki stok produk, Anda tetap bisa membuat toko online. Bangun branding yang menarik untuk toko Anda agar pembeli tertarik. Gunakan logo, desain produk, dan tampilan toko yang unik untuk mengundang perhatian.

4. Berikan Layanan yang Berkualitas

Terakhir, berikan layanan penjualan dan purna jual yang berkualitas. Sangat jarang dropshipper memberikan layanan pasca jual karena tidak berhubungan langsung dengan produk.

Nah, jika Anda memiliki layanan ini, maka bisnis Anda akan memiliki nilai plus. Jika ada barang yang rusak atau tidak sesuai, maka pastikan Anda bertanggung jawab meskipun pengiriman produk bukanlah tugas Anda.

Setelah membaca ulasan diatas, apakah Anda tertarik untuk menjajal bisnis dropship tanpa modal? Jika iya, pastikan tips-tips diatas Anda praktikkan, ya!

peluang usaha agen pengiriman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.