Bisnis

10 Jenis Bidang Usaha Jasa yang Menjanjikan & Diminati

bidang usaha jasa

Usaha jasa sekarang sudah ramai seperti halnya usaha yang menghasilkan barang. Bahkan perkembangannya pun lebih pesat karena adanya teknologi. Salah satu contohnya yaitu perkembangan ojek yang dulunya hanya dapat dipesan ketika mendatangi pangkalan ojek saja.

Namun, sekarang siapapun dapat memesannya melalui aplikasi tanpa harus menghampiri ojek di pangkalan.

 Apa Yang Dimaksud Dengan Usaha Jasa?

Usaha jasa adalah salah satu bisnis yang menawarkan produk berupa tenaga atau keahlian seseorang dalam bidang tertentu. Sehingga, tidak heran apabila usaha ini akan lebih spesifik dan lebih mudah untuk dikenali layanan atau produknya oleh para konsumen. Selain itu, usaha dalam bidang inipun dari waktu ke waktu semkain berkambnga dan mengalamai kemajuan.

Baca Juga : Perbedaan Cargo dan Reguler Untuk Mengirim Barang pada Jasa Ekspedisi

Terutama di era yang menjadikan teknologi sebagai salah satu bagian dari rutinitas sehari-hari. Meskipun usaha ini tidak menawarkan produk dengan bentuk fisik, tetapi banyak orang yang membutuhkan dan merasakan manfaat dari jasa yang ditawarkan oleh pihak penyedia. Dalam bisnis ini, nilai utama yang diberikannya kepada konsumen yaitu intangible atau tidak berwujud.

Seperti halnya waktu, keterampilan, waktu, dan pengetahuan.  Tentu hal tersebut berbeda dengan usaha manufaktur yang menghasilkan produk fisik dan mengandalkan produksi untuk memasarkan produknya. Salah satu bisnis jasa terlaris yaitu jasa transportasi, konsultasi pendidikan, dan lain sebagianya.

Ciri – Ciri Usaha Dibidang Jasa

Usaha jasa memiliki karakteristik tersendiri sehingga dapat lebih mudah membedakannya dengan jenis bisnis yang lainnya. Untuk dapat lebih memahami jenis usaha satu ini, ada baiknya kamu mengenali ciri-ciri ini lebih jauh.

1.      Produk tidak berwujud

Produk yang ditawarkan oleh jenis bisnis ini tidak memiliki wujud atau berbentuk fisik. Namun, memiliki nilai sehingga dapat bermanfaat untuk konsumennya.

2.      Kegiatan utamanya menjual jasa

Tidak seperti halnya usaha manufaktur yang kegiatan usahanya menjual produk berupa barang. Usaha jasa lebih menawarkan keahlian untuk memenuhi kebutuhan para konsumen. Baik itu berubah pikiran, tenaga, maupun keahlian lainnya yang dibutuhkan.

3.      Harga jasa tidak pasti

Bisnaya setiap jasa memiliki harga yang berbeda-beda, meskipun dalam bidang yang sama. Dimana hal tersebut berkaitan dengan keahlian dari penyedia jasa. Misalnya, Dika menyediakan jasa fotografer sekitar Rp `1.000.000 per jamnya.

Sementara jasa Dino menawarkan Rp 200.000 per jam nya. Hal yang membedakan harga tersebut karena Jika sudah terjual dalam bidang tersebut  sekitar 5 tahun sehingga jam terbang tinggi. Sementara Dino hanya baru  1 tahun dalam menekuni bidang tersebut.

4.      Tidak ada harga pokok

Dalam menentukan harga jual, usaha jasa tidak akan mempertimbangkan harga pokok untuk bahan baku saja. Sehingga tidak ada harga pokok dalam penjualannya. Namun, harga yang diberikan oleh  penyedia jasa akan sesuai dengan kinerja, kemampuan, dan jam terbangnya.

Jenis Usaha Dibidang Jasa

Jenis usaha jasa tergolong cukup banyak, dari mulai ekspedisi, konsultasi bisnis, lingkungan, dan lain sebagainya. Untuk mengoptimalkan bisnis, kamu dapat menggunakan strategi marketing yang sesuai dengan target market.

1.      Usaha Jasa Ekspedisi/Pengiriman

Jenis usaha dari bidang ini yaitu ekspedisi atau pengiriman yang tentu saja sudah tidak asing bagi masyarakat. Ditambah hal tersebut ditunjang dengan pertumbuhan online shop semakin meningkat. Salah satu contoh usaha dibidang jasa ini yaitu Ekspedisi SAP Express. SAPX tidak hanya  menyediakan layanan untuk pelanggan atau konsumen langsung saja.

Namun, menyediakan  juga kemitraan untuk online shop maupun pihak yang ingin membuka layanan jasa pengiriman. Untuk biaya nya sendiri cukup terjangkau, bagi yang bermitra  sebagai  jasa pengiriman hanya perlu mengeluarkan Rp 350.000 saja. Sementara untuk mitra yang bergabung sebagai mitra bisnis online yaitu hanya perlu deposite Rp 100.000 dan itu hanya sekali bayar saja.

banner Agen Retail

2.      Jasa Konsultasi Bisnis

Sudah banyak perusahaan atau pelaku usaha yang meminta bantuan kepada para ahli dalam tersebut untuk mengoptimalkan bisnis yang mereka kelola. Dengan begitu, hasil yang diharapkan pun lebih optimal. Biasanya, orang-orang yang membuka jasa ini mereka memiliki kapasitas yang mumpuni dengan jam terbang yang banyak.

3.      Jasa Pemasaran Digital dan SEO

Bisnis apapun tidak akan pernah dapat berjalan tanpa adanya strategi marketing yang baik. Sehingga hal tersebut menjadi kesempatan untuk membuat bisnis menjadi lebih berkembang lagi. Biasanya  jasa ini menyediakan beberapa bidang usaha. Salah satunya, yaitu 3 jenis usaha di bidang jasa ini,  seperti SEO (optimasi mesin pencarian), digital marketing,  dan UX writer.

4.      Jasa Perawatan Kesehatan dan Kecantikan

Industri kecantikan maupun perawatan kesehatan dari waktu ke waktu semakin tumbuh karena memang permintaan pasar yang kian meningkat. Bahkan, terdapat banyak klinik yang menyediakan layanan konsultasi terkait kecantikan maupun kesehatan. Selain itu, perawatan kecantikan maupun kesehatan termasuk ke dalam contoh usaha di bidang jasa dan barang.

Pasalnya, tidak hanya menjual layanan jasa saja, tetapi menjual produknya. Misalnya, klinik kecantikan menyediakan layanan konsultasi mengenai kesehatan dan perawatan kulit. Apabila nanti ada masalah, mereka dapat menjual skincare maupun  produk lainnya untuk mengatasi permasalahan yang dialami oleh pasiennya.

5.      Jasa Teknologi Informasi dan Teknologi Terkini

Ini merupakan salah satu contoh usaha jasa yang banyak dibutuhkan di era teknologi yang semakin maju dan akrab dengan kehidupan sehari-hari. Biasanya, jasa ini membuka layanan pengembangan perangkat lunak, cyber security, manajemen jaringan, dan lain sebagainya.

6.      Jasa Layanan Keuangan dan Konsultasi Keuangan

Tidak semua orang dapat memanajemen keuangannya secara baik, terutama jika itu menyangkut uang perusahaan atau usaha. Sehingga untuk merencanakan finansial yang stabil, maka perlu mengelola dan mengaturnya dengan tepat. Tentu hal ini menjadi salah satu peluang usaha untuk membantu siapa saja yang merasa kebingungan dalam mengelola finansialnya.

 Sehingga munculah berbagai macam jasa konsultasi mengenai keuangan. Salah satu contoh usaha jasa ini bertugas untuk memantau perkembangan keuangan klien, mengevaluasi segala hal terkait keuangan, dan lain sebagianya.

7.      Jasa Perawatan Lansia

Persiapan masa tua, bukan hanya soal menyiapkan uang saja. Namun, merencanakan pula perawatan ketika sudah menginjak usia tersebut. Sudah banyak orang yang bahkan menyiapkan hal tersebut jauh-jauh hari.

 Sehingga nantinya, mereka dapat tinggal atau menemukan tempat perawatan terbaik untuk mereka. Maka tidak heran, apabila jenis usaha di bidang jasa dalam bidang ini tidak hanya membutuhkan sarana maupun prasarana saja.

Namun, SDM yang memiliki keahlian yang terampil sehingga dapat membantu para lansia. Usaha ini terbilang cukup banyak, terutama di daerah yang berada dekat ibu kota.

Baca Juga : 6 Tips Dalam Memilih Jasa Pengiriman Barang

8.      Jasa Lingkungan

Sekarang, sudah banyak orang yang sudah aware atau sadar terhadap kesehatan lingkungan. Sehingga banyak perusahaan atau usaha akan memperhatikan hal tersebut dengan baik. Dengan begitu, jika Anda tertarik dan memiliki kemampuan dalam bidang tersebut, maka tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis jasa unik ini. Baik itu menawarkan energi terbarukan, konsultasi lingkungan, dan manajemen limbah.

9.      Jasa Transportasi Alternatif

Dalam kehidupan sehari-hari, sudah pasti kita akan sangat membutuhkan layanan jasa transportasi ini. Sehingga dapat memudahkan kamu dalam melakukan pekerjaan ataupun kegiatan dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk jenis usaha ini, terbagi menjadi beberapa bagian. Yaitu jasa transportasi darat, laut, dan udara. Lalu coba sebutkan 10 bidang usaha jasa transportasi?  Yaitu ojek, taksi, kereta api, angkot, bajaj,  becak, jasa penerbangan, jasa transportasi laut, penyewaan jet, dan damri.

10.  Jasa Hukum

Untuk lebih jelasnya, coba jelaskan yang dimaksud usaha dalam bidang jasa hukum? Yaitu sebuah usaha yang bergerak dalam bidang hukum untuk memenuhi kebutuhan kliennya.  Sehingga client akan merasa terbantu dengan bantuan hukum yang diberikan oleh pihak penyedia jasa.  Sebagai contoh yaitu firma hukum.

Jadi, inilah jenis bidang usaha jasa yang menjanjikan dan diminati di Indonesia. Pilih dengan bijak, dan jadilah yang terbaik dalam bidang Anda. Jangan ragu untuk menjelajahi peluang ini dan memulai perjalanan menuju kesuksesan bisnis Anda sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *