Finance

5 Cara Membuat Cash Flow, Ikuti Tips Berikut Ini!

cara membuat cash flow bisnis

Agar bisa menentukan keuangan perusahaan baik atau tidak, bisa dengan cara menganalisa cash flow perusahaan. Cash flow sendiri adalah jumlah tunai atau setara kas yang diterima atau diberikan perusahaan melalui pembayaran kepada kreditur sebagai arus kas. Analisa ini penting untuk mengetahui jumlah uang tunai yang masuk ke bisnis, dari mana asalnya, dan jumlah uang yang mengalir keluar. 

Oleh sebab itu, penting bagi perusahaan untuk mengetahui bagaimana cara membuat cash flow yang baik dan benar. Pada akhirnya, cash flow ini digunakan untuk perencanaan keuangan dalam jangka waktu pendek dan panjang. Nah, pada artikel berikut ini kita akan membahas bagaimana cara membuat cash flow dan cara menghitungnya. Yuk simak!

Bagaimana Cara Membuat dan Menghitung Cash Flow?

Mungkin Anda bertanya-tanya mengenai bagaimana sih cara membuat cash flow yang baik. Nah di bawah ini adalah langkah-langkah cara membuat cash flow sederhana yang sangat mudah. 

1. Tentukan Saldo Awal

Cara membuat cash flow usaha yang pertama adalah dengan menentukan saldo awal. Apa maksudnya? Ini berarti jumlah saldo awal terletak di paling atas setiap laporan arus kas. Agar lebih mudah untuk menentukan saldo awal, Anda bisa memisahkan penulisan keuangan bisnis dan uang pribadi Anda. Misalkan saja Anda bisa menggunakan rekening yang berbeda, yang satu untuk uang usaha, yang satu lagi untuk pemasukan dan pengeluaran pribadi. 

2. Hitung Arus Kas Operasional

Cara membuat cash flow yang selanjutnya adalah dengan menghitung arus kas operasional. Kas operasional ini merupakan bagian dari laporan arus kas yang menunjukkan berapa banyak uang yang diperoleh bisnis dari operasi. Operasi bisnis yang normal meliputi menyediakan layanan, penggajian, pemasaran dan periklanan, serta hal-hal lain yang diperlukan untuk menjalankan bisnis.

3. Hitung Arus Kas Investasi

Cara membuat cash flow yang berikutnya adalah menghitung arus kas investasi. Cash flow inilah yang melibatkan penggunaan kas dalam waktu panjang. Pembelian atau penjualan aset tetap seperti property, pabrik, atau peralatan akan menjadi aktivitas investasi. Selain dari itu, hasil dari penjualan suatu divisi atau kas keluar sebagai akibat dari merger juga termasuk dalam aktivitas investasi. 

4. Hitung Arus Kas Pendanaan

Seperti namanya, cash flow pendanaan ini merupakan bentuk pembiayaan di mana pinjaman yang diberikan kepada perusahaan didukung oleh arus kas yang diharapkan perusahaan. Adapun arus kas pendanaan dapat bermanfaat bagi perusahaan yang menghasilkan uang tunai dalam jumlah yang besar dari penjualan mereka, tapi tidak memiliki cukup banyak aset fisik seperti peralatan, yang pada umumya dapat difungsikan sebagai jaminan. 

5. Tentukan Saldo Akhir

Cara mudah membuat cash flow yang terakhir yaitu dengan menentukan saldo akhir. Biasanya, saldo akhir dari laporan arus kas akan sama dengan jumlah kas yang ditampilkan di neraca perusahaan. Sekalinya arus kas yang dihasilkan dari aktivitas bisnis utama tercatat, Anda bisa menentukan saldo akhir kas. 

Cara Mengatur Cash Flow

Nah, setelah mengetahui cara membuat cash flow, di bawah ini merupakan tips cara mengatur cash flow untuk Anda. 

1. Tetapkan Tingkat Prioritas Pengeluaran

Cara mengatur cash flow yang pertama yaitu dengan menetapkan tingkat prioritas pengeluaran. Agar arus kas Anda sesuai dengan yang diharapkan, Anda perlu menimbang pengeluaran apa yang sangat penting dan apa yang sekiranya tidak perlu. Oleh sebab itu, penting untuk menetapkan skala prioritas dalam pengeluaran. 

2. Mengetahui Biaya Produksi & Biaya Pengeluaran yang Ada

Cara mengatur cash flow yang selanjutnya adalah mengetahui biaya produksi dan biaya pengeluaran yang ada. Untuk mengetahui biaya produksi, Anda bisa menghitungnya dengan cara menambahkan persediaan awal bahan baku dan pembelian bahan baku baru dikurangi dengan bahan baku yang tersisa di akhir periode. 

3. Menerapkan Setiap Strategi Produk

Cara mengatur cash flow yaitu dengan menerapkan setiap strategi produk. Setiap produk tentunya memiliki caranya masing-masing untuk membantu perusahaan meningkatkan penjualan. Oleh sebab itu, penting di awal Anda untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum meluncurkan produk baru. 

4. Berikan Pendapat Harga yang Lebih Tinggi

Cara mengatur cash flow yang selanjutnya adalah memberikan pendapat harga yang lebih tinggi. Pada dasarnya, strategi penetapan harga harus dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan penjualan. Namun, pastikan harga yang ditetapkan perlu disesuaikan dengan target pasar Anda. 

5. Mendorong Terjadinya Pembelian

Cara mengatur cash flow yaitu dengan mendorong terjadinya pembelian. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai strategi, salah satunya adalah memberikan diskon atau penawaran lainnya. Misalkan saja Anda bisa menawarkan harga spesial untuk pembeli yang melakukan pembelian pertama kali. 

6. Menunda Adanya Penambahan Inventaris

Berikutnya adalah menunda adanya penambahan inventaris. Memang hal ini penting bagi bisnis, namun penambahan inventaris berarti Anda perlu melakukan pengeluaran. Oleh sebab itu, jika memang inventaris tersebut berdampak langsung pada kemajuan bisnis, Anda bisa mempertimbangkannya, namun jika tidak Anda saat ini bisa menundanya terlebih dahulu. 

7. Lakukan Evaluasi Untuk Menjaga Cash Flow 

Agar bisnis bisa berkembang, ada baiknya untuk melakukan evaluasi secara teratur. Evaluasi ini juga dapat berlaku untuk cash flow, agar arus kas berjalan dengan baik. Dengan adanya evaluasi, Anda bisa mendeteksi permasalahan yang mungkin dapat terjadi di usaha Anda, serta Anda dapat melakukan perbaikan di kemudian hari berdasarkan dari laporan cash flow bisnis. 

8. Konsisten

Kunci dari sebuah keberhasilan adalah konsisten yang terus menerus. Inilah cara mengatur cash flow yang perlu Anda lakukan. Catat dengan detail setiap transaksi yang masuk maupun keluar, dan jangan sampai ada yang ketinggalan, sebab dapat mempengaruhi laporan akhir dari cash flow. 

9. Gunakan Software Akuntansi dalam Menjaga Cash Flow

Cara mengatur cash flow yang berikutnya adalah menggunakan software akuntansi dalam menjaga cash flow. Ini bisa Anda lakukan untuk memudahkan Anda menyusun laporan cash flow. Apabila Anda masih menggunakan cara manual, tentunya hal ini akan sangat merepotkan Anda. Demikianlah pembahasan kali ini mengenai 5 cara membuat cash flow. Jadilah mitra seller online SAP Express, dan dapatkan berbagai keuntungan seperti mendapatkan website gratis toko online untuk bisnis Anda, dan layanan jangkauan yang luas. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *