Finance

Cara Membuat QRIS untuk Transaksi Digital yang Efisien

cara membuat qris

Cara membuat QRIS perlu melalui beberapa tahapan sampai akhirnya nantinya siap untuk digunakan dalam berbagai pembayaran. Sehingga hal tersebut dapat memudahkan Anda maupun konsumen dalam bertransaksi.

Apa itu QRIS

QRIS merupakan singkatan dari Quick Response Indonesia Standar. Dimana kode tersebut diatur oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) untuk melakukan pembayaran cashless. Kode tersebut dapat Anda lafalkan dengan kris.

Selain itu keberadaan kode ini sendiri membantu para konsumen untuk dapat berbelanja dengan menggunakan uang elektronik. Seperti halnya dengan Gopay, OVO, dan lain sebagainya. Untuk dapat menggunakan QRIS, terbilang sangatlah mudah. Anda hanya tinggal melakukan pemindaian terhadap QR tersebut dengan menggunakan aplikasi yang mendukung QRIS sebagai metode dalam pembayaran.

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat Dompet Digital di Indonesia

Namun, umumnya hampir semua E-Wallet maupun M-Banking telah dilengkapi dengan fitur pembayaran QR. Tidak hanya menggunakannya saja, cara membuat QRIS all payment pun terbilang cukup mudah. Dengan begitu, transaksi akan jauh lebih praktis, mudah, dan lebih efisien, bukan?

Bagaimana Cara Membuat QRIS All Payment?

Cara membuat QRIS untuk usaha dapat Anda wujudkan dengan beberapa tahapan, tetapi pastikan jaringan internet Anda dalam keadaan stabil. Pasalnya, pendaftaraan akan dilakukan secara online. Sehingga ketika terdapat permasalahan akan mempengaruhi proses pengajuan QRIS yang kamu lakukan. Untuk dapat melakukannya, simak cara berikut ini!

1.      Melakukan Registrasi pada Website

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk bisa mendapatkan QRIS adalah dengan mengunjungi situs resminya ( www.qris.id). Setelah berada dalam situs, cobalah Anda pahami  terlebih dahulu mengenai informasi yang berkaitan dengan QRIS. Dari mulai apa saja yang perlu dipersiapkan dan lain sebagainya. 

Dengan begitu, cara membuat qris untuk toko yaitu dengan mengunjungi situs website dan memahami terlebih dahulu semua informasi yang berkenaan dengan QRIS. Sehingga cara membuat qris pembayaran akan jauh lebih mudah.

Selain itu, nantinya Anda akan diarahkan kepada halaman awal untuk mendaftarkan QRIS. Setelah itu, akan muncul form pendaftaraan, isilah semua data yang diminta dengan benar. Tentunya hal tersebut berlaku untuk segala jenis usaha, baik badan usaha, perorangan, pendidikan, dan lain sebagianya. Untuk menunjang data yang diberikan, nantinya Anda akan diminta untuk melampirkan beberapa dokumen tertentu.

2.      Pembayaran QRIS

Setelah mengisi data yang diminta dalam website tersebut, maka langkah yang perlu Anda lakukan untuk cara membuat QRIS untuk semua pembayaran yaitu payment untuk pembuatan QRIS. Untuk metode pembayarannya sendiri dapat dilakukan melalui DANA, GoPay, OVO, dan lain sebagainya.

Lakukanlah pembayaran segera setelah proses pendaftaraan selesai dilakukan. Pasalnya, jika sudah melakukan maupun mengisi form pendaftaran, tetapi Anda belum juga menyelesaikan pembayaran maka pendaftaraan akan tertahan dengan waktu maksimal 14 hari. Sebelum akhirnya nanti data tereset. Dengan menyegerakan pembayaran maka cara membuat QRIS sendiri akan lebih mudah.

cod

3.      Tunggu Notifikasi Registrasi

Cara membuat QRIS BCA maupun yang lainnya untuk usaha  selanjutnya yaitu dengan menunggu notifikasi registrasi. Dimana nantinya hal tersebut akan dikirim melalui WhatsApp maupun email sesuai dengan yang Anda cantumkan. Anda akan memperoleh kata sandi dan username untuk dapat mengakses QRIS.

Dengan hal tersebut, Anda dapat mengakses dan masuk pada akun QRIS yang dimiliki. Setelah berhasil login, Anda perlu menyiapkan beberapa dokumen fisik yang menjadi pelengkap administrasi.

4.      Unggah File Dokumen

Apabila Anda sudah masuk ke halaman dashboard, nantinya Anda perlu mengunggah dokumen yang menjadi pelengkap untuk kebutuhan administrasi. Dengan begitu, cara membuat QR hanya bisa Anda melanjutkan ke tahap selanjutnya jika sudah menyelesaikan tahap ini.

Pasalnya, proses pengajuan untuk mendapatkan NMID hanya akan diproses setelah dokumen yang diminta telah terunggah secara lengkap. Namun, jika Anda mengalami kendala dalam mengunggah data saat melakukan tahapan cara membuat QRIS dana maupun yang lainnya dalam 1 x 24 jam.

Maka  nantinya akan diinformasikan melalui WhatsApp maupun email. Adapun dokumen yang perlu di upload yaitu KTP pemilik usaha, foto, dan lain sebagainya. Dengan begitu, apakah ada cara membuat QRIS all payment tanpa KTP? Maka jawabannya adalah tidak bisa.

5.      Tunggu Notifikasi Hasil Kelengkapan Dokumen

Cara membuat QRIS all payment selanjutnya yaitu menunggu notifikasi hasil dari dokumen yang Anda kirim. Apakah memang sudah lengkap ataukah memang masih ada yang perlu Anda lengkapi. Untuk durasi waktu nya sendiri yaitu kisaran 7 hari kerja setelah Anda menyelesaikannya.

 Namun, jika semua data sudah benar, maka Anda dapat langsung mencetak QRIS langsung secara mandiri. Kemudian, nanti dapat memonitoring transaksi atau uang yang masuk ke QRIS melalui Dashboard. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk daftar QRIS?

Berapa Harga Pembuatan QRIS

Apakah Anda penasaran dengan nominal pembayaran  untuk pembuatan QRIS? Untuk biaya senidir sebenarnya tidak mahal, hanya dengan RP 30.000 Anda sudah mendapatkan InterActive QRIS. Selain itu, nantinya soft file tersebut dapat Anda download dan cetak sendiri. Sehingga jika ada pertanyaan mengenai apakah ada cara membuat QRIS gratis? Jawabannya tidak ada.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu E-Wallet dan Jenisnya

Manfaat Membuat QRIS

Manfaat dengan adanya QRIS tidak hanya dirasakan oleh pihak toko atau pengusaha saja, tetapi konsumen pun dapat merasakannya. Adapun manfaat untuk pemilik toko yaitu tidak perlu risau atau khawatir mengenai uang kembalian sehingga transaksi dapat berjalan dengan lebih efisien dan cepat.

Selain itu, karena pembayaran yang dilakukan secara non-tunai maka resiko kehilangan uang atau dibayar dengan uang palsu itu hampir tidak akan terjadi. Tidak hanya itu saja, semua transaksi akan tercatat dengan baik dalam sistem. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi untuk melakukan pencatatan.  Selain itu, cara membuat QRIS mandiri juga cukup mudah.

 Adapun dari sisi konsumen, yaitu pelanggan tidak perlu membawa uang cash yang terlalu banyak sehingga jauh lebih simple, aman, dan praktis. Tidak hanya itu saja, konsumen pun tidak perlu menunggu waktu untuk menerima uang kembalian. Dengan begitu, berbelanja jadi lebih mudah dan menyenangkan.

Cara membuat QRIS dapat Anda lakukan dengan beberapa tahapan yaitu melakukan registrasi terlebih dahulu melalui website resmi, melakukan pembayaran, menunggu notifikasi, mengunggah file dokumen, dan menunggu notifikasi hasil kelengkapan dokumen. Selain itu, keberadaan QRIS juga memberikan banyak manfaat. Baik untuk konsumen maupun pemilik usaha sehingga transaksi yang dilakukan akan jauh lebih mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *