SAPedia

Cara Membuka Packing Kayu dengan Mudah dan Aman

cara membuka packing kayu

Untuk memastikan paket sampai tujuan dengan aman, tidak sedikit pengirim yang menambahkan packing kayu sebagai pengaman. Cara ini memang mampu melindungi paket dari beragam risiko kerusakan paket khususnya untuk paket yang mudah pecah. Lalu bagaimana cara membuka packing kayu yang aman tanpa merusak paket di dalamnya?

Biasanya jasa ekspedisi akan menawarkan packing kayu ini untuk pengiriman paket yang berisiko tinggi seperti kaca dan barang elektronik. Hal ini bertujuan agar paket bisa aman dan selamat sampai tujuan penerima. Akan tetapi jasa ekspedisi biasanya akan meminta biaya tambahan untuk packing kayu yang diminta oleh pelanggan. Besarnya biaya tergantung berat dan dimensi barang yang di kirim.

Meskipun membuat paket menjadi lebih aman dan risiko kerusakan, akan tetapi tidak sedikit orang yang kesusahan dan bingung bagaimana cara membuka packing kayu dengan benar. Pasalnya jika sampai salah, paket yang ada di dalamnya justru bisa rusak.

Untuk mengetahui bagaimana cara membuat paket dengan packing kayu yang aman dan mudah, yuk simak ulasan berikut.

Tips Membuka Packing Kayu dengan Mudah dan Aman

Pada dasarnya, membuka paket yang di packing menggunakan kayu tidaklah rumit. Hanya saja memang diperlukan ketelitian dan kehati-hatian agar barang yang ada di dalamnya tidak rusak. Selain itu, Anda juga perlu mempersiapkan peralatan untuk membuka packing kayu terlebih dahulu. 

Berikut cara membuka packing kayu yang aman dan benar.

1. Siapkan Palu Kambing

Sebelum membuka packing kayu, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan alat yang diperlukan terlebih dahulu, yaitu palu kambing. Palu kambing merupakan sebutan untuk palu yang memiliki pengait di bagian belakang yang bentuknya seperti tanduk kambing.

Jika ingin membuka packing kayu tanpa palu, Anda juga bisa menggunakan linggis. Akan tetapi cara ini lebih berisiko dan sulit sehingga lebih disarankan untuk menggunakan palu kambing yang lebih aman. Nantinya palu ini akan digunakan untuk mencabut paku dan mencongkel kayu agar mudah lepas.

Baca juga: 5 Jenis Barang yang Wajib Memakai Packing Kayu, Apa Saja?

2. Cek Posisi Packing Kayu

Sebelum membuka, ada baiknya cek posisi packing kayu terlebih dahulu. Cari tahu mana posisi packing yang atas dan bawah untuk meminimalisir paket yang ada di dalamnya rusak. Selain itu, perhatikan juga seberapa banyak paku yang digunakan dan tentukan posisi terbaik untuk membuka packing dengan lebih aman dan mudah.

3. Cari Celah Packing Kayu di Bagian Sudut

Untuk memudahkan proses membuka packing kayu, coba periksa setiap sudut packing kayu tersebut. Cari celah yang cukup lebar pada packing kayu untuk tempat palu kambing bisa mencongkel kayu dengan lebih mudah. 

4. Lepas Paku dan Congkel Kayu Menggunakan Palu Kambing

Setelah memeriksa semua celah yang ada pada packing kayu, selanjutnya lepas paku dengan cara memukul menggunakan palu. Selanjutnya congkel kayu menggunakan bagian palu kambing yang satunya agar papan bisa terlepas. 

Baca juga: Silica Gel: Pengertian, Manfaat dan Cara Menggunakannya

5. Keluarkan Barang dari dalam Packing Kayu

Setelah segel penutup packing kayu terlepas, selanjutnya Anda bisa langsung menarik barang yang ada di dalam untuk dikeluarkan. Anda tidak perlu membongkar semua packing kayu menggunakan palu kambing, namun cukup buka bagian atas sehingga barang yang ada di dalamnya bisa dikeluarkan.

Mengirim paket menggunakan packing kayu memang bisa memastikan bahwa barang yang dikirim lebih aman dari risiko kerusakan selama dalam perjalanan. Meskipun begitu, Anda juga perlu tahu cara membuka packing kayu dengan benar dan aman agar barang yang ada di dalamnya tidak rusak pada saat ingin dikeluarkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.