Bisnis

5 Cara Menentukan Harga Jual yang Tepat, Pebisnis Wajib Tahu!

cara menentukan harga jual

Salah satu hal penting yang perlu dipahami dalam menjalankan sebuah bisnis adalah bagaimana cara menentukan harga jual yang tepat. Hal ini karena harga jual produk yang Anda tetapkan sangat berpengaruh terhadap keuntungan sekaligus berpengaruh juga terhadap minat pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan.

Seorang pengusaha harus mempertimbangkan banyak faktor mulai dari biaya produksi, biaya operasional, hingga harga yang ditetapkan oleh kompetitor. Jika sampai salah menentukan harga jual, maka akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis.

Untuk menentukan harga jual produk yang tepat, ada beberapa cara dan rumus yang perlu Anda perhatikan, antara lain:

1. Cost Based Pricing

Rumus menentukan harga jual yang pertama adalah dengan berdasarkan cost based pricing. Cara ini dilakukan dengan memperhatikan seberapa besar biaya yang dikeluarkan untuk membuat suatu produk ditambah dengan keuntungan yang Anda inginkan. Biaya yang termasuk disini antara lain biaya bahan baku, biaya operasional, listrik, gaji, karyawan, promosi, transportasi dan lain sebagainya. 

Baca Juga : Jenis dan Faktor dalam Menentukan Strategi Harga Produk

Contohnya, biaya produksi yang dikeluarkan untuk membuat 10 produk menghabiskan biaya sebesar Rp150 ribu. Jika Anda menginginkan keuntungan sebesar 20%, maka cara menentukan harganya adalah :

150.000 + (20% x 150.000) = 180.000

Selanjutnya untuk mendapatkan harga jual per produk adalah:

180.000 : 10 = 18.000

2. Competition Based Pricing

Cara menentukan harga jual produk yang selanjutnya adalah dengan melihat kompetisi harga di pasar. Anda harus mengetahui harga produk yang dipatok oleh kompetitor terlebih dahulu. Selanjutnya lakukan analisis untuk mengetahui kualitas produk yang ditawarkan. Jika kualitas produk Anda lebih bagus dari kompetitor, maka layak untuk mematok harga yang lebih mahal.

3. Customer Based Pricing

Metode penentuan harga jual produk yang selanjutnya adalah berdasarkan persepsi para pelanggan terhadap produk Anda. Sebelum menetapkan harga, Anda perlu melakukan survey terlebih dahulu terhadap pelanggan baik dengan wawancara langsung atau melalui pertanyaan kuesioner.

Ada beberapa poin penting yang perlu Anda cari tahu jika ingin menggunakan metode ini untuk menentukan harga jual, antara lain:

  • Apakah pelanggan berpendapatan jika harga menggambarkan kualitas produk?
  • Apakah pelanggan menganggap uang yang dikeluarkan sepadan dengan nilai yang diterima?
  • Apakah pelanggan lebih mementingkan prestise dibandingkan dengan harga?

4. Harga Margin

Cara menentukan harga jual produk juga bisa dilakukan dengan menggunakan harga margin. Harga margin sendiri merupakan harga jual produk yang ditentukan dengan memperhatikan jumlah produksi dan perkiraan keuntungan yang akan diambil oleh perusahaan.

Rumus cara menghitung harga jual berdasarkan harga margin adalah:

Margin = ( harga jual dikurangi biaya produksi) dibagi harga  jual

Contoh :

Bisnis dengan modal 15.000 dan ingin menjual dengan harga 18.750. Cara menghitungnya:

(18.750 – 15.000) : 18.750 = 0.2 atau 20%

5. Manufactured Suggested Retail Price (MSRP)

Satu lagi cara menentukan harga jual produk yang bisa Anda gunakan adalah manufactured suggested retail price dimana harga jual produk telah ditetapkan oleh pemilik usaha. MSRP ini dikenal juga dengan harga eceran yang disetarakan. Jadi meskipun harga telah ditetapkan oleh produsen, akan tetapi penjual tetap bisa menaikkan harga di atas harga MSRP tersebut.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Laba dan Cara Menghitungnya

Menentukan harga jual produk yang tepat merupakan salah satu kunci dalam sebuah bisnis. Dengan harga yang tepat, Anda bisa menarik konsumen lebih banyak namun tetap memperoleh keuntungan karena telah memperhitungkan besarnya biaya produksi dan keuntungan yang diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.