SAPedia

Begini Cara Packing Buku yang Aman dan Anti Rusak, Worth It!

wanita sedang packing buku

Banyak orang yang memilih untuk membeli buku secara online lantaran malas ke toko buku, Ya, membeli buku di marketplace memang menjadi pilihan tepat yang bagi orang-orang yang ingin praktis dan tak ingin repot. Cukup searching judul buku yang diinginkan di marketplace, maka ada banyak penjual yang menawarkan buku tersebut dengan harga beragam. Namun cara packing buku yang tepat tetap harus menjadi perhatian.

Pasalnya, jika buku yang dikirim tidak dikemas dengan baik, maka buku akan tiba dalam keadaan rusak. Nah, bagi Anda yang menjual buku via online, pastikan tahu cara packing buku untuk dikirim berikut ini, ya!

1. Gunakan Plastik

Cara packing buku yang pertama adalah dengan menggunakan plastik. Pastikan buku terlindungi oleh plastik agar tidak mudah rusak atau basah. Buku yang terbuat dari kertas sangat mudah rusak jika terkena air, oleh karena itu kemas buku sebaik mungkin dengan memakai plastik.

Baca juga: Begini Cara Menulis Alamat Paket yang Tepat Agar Tidak Salah Kirim

2. Tambahkan Bubble Wrap

Agar lebih aman, buku yang akan dikirim perlu dilapisi dengan bubble wrap sebelum dikirim. Bubble wrap dapat melindungi buku dari risiko rusak atau penyok akibat benturan. Jika perlu, gunakan double wrap supaya lebih aman untuk buku-buku yang rawan rusak. Harga bubble wrap cukup aman di kantong sehingga tidak perlu khawatir saat menggunakannya.

3. Masukkan ke dalam Kardus

Cara packing buku selanjutnya adalah dengan menggunakan kardus. Setelah buku dilapisi plastik dan bubble wrap, masukkan ke dalam kardus yang ukurannya pas. Tujuannya agar buku tidak penyok saat ada guncangan di perjalanan.

Jika ukuran kardus kurang pas, tambahkan gumpalan koran atau plastik lalu masukkan ke dalam kardus. Cara ini akan membuat buku yang Anda kirim jauh lebih aman.

Baca juga: Cara Mengirim Paket yang Benar dan Aman

4. Beri Packing Kayu

Jika Anda menginginkan perlindungan lebih untuk buku yang hendak dikirim, jangan lupa untuk menambahkan packing kayu. Harga packing kayu memang cukup mahal, namun memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, untuk buku yang harganya cukup mahal, disarankan untuk menambahkan packing kayu agar lebih aman.

Itulah cara packing buku yang bisa Anda coba untuk memastikan bahwa buku yang Anda kirim dapat diterima dalam keadaan baik. Pastinya Anda tidak ingin kehilangan customer hanya karena packing yang buruk, bukan? Nah, Anda bisa mengirim buku melalui jasa ekspedisi SAP Express. SAP Express menyediakan layanan jasa pengiriman barang termasuk buku dengan harga yang bersahabat dan proses yang mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.