Finance

Catat, Ini 5 Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Usaha yang Cocok untuk Pebisnis!

aplikasi pembukuan usaha

Dalam menjalankan usaha, seorang pebisnis tidak hanya memikirkan keuntungan saja. Namun merapikan catatan keuangan juga penting dilakukan agar usaha berjalan dengan lancar. Memang menjadi PR tersendiri bagi pengusaha untuk melakukan pembukuan mengingat banyaknya hal yang harus dilakukan. Oleh karena itu, menggunakan aplikasi pembukuan bisa menjadi jalan ninja bagi para pebisnis.

Aplikasi pembukuan usaha bisa membantu para pebisnis yang kesulitan untuk mencatat uang masuk dan uang keluar dalam bisnis. Lantas apa saja rekomendasi aplikasi pembukuan usaha yang gratis? Yuk, simak daftarnya!

1. Teman Bisnis

Teman Bisnis merupakan aplikasi khusus para pebisnis yang digunakan untuk mencatat serta menganalisis kinerja keuangan usaha. Aplikasi ini tergolong user friendly sehingga memudahkan para pemula sekalipun yang masih belum terlalu paham terhadap cara mengelola keuangan.

Beberapa fitur yang dimiliki Teman Bisnis antara lain catatan transaksi, laporan keuangan, persediaan barang, serta utang piutang. Aplikasi ini tentunya sangat cocok bagi Anda yang memiliki keterbatasan dalam mencatat transaksi bisnis.

Baca Juga : 6 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Tepat

2.  BukuWarung

Rekomendasi aplikasi pembukuan keuangan usaha gratis berbasis android lainnya adalah Buku Warung. Aplikasi ini diperuntukkan bagi UMKM serta usaha mikro yang membutuhkan catatan keuangan yang rapi.

Melalui BukuWarung, Anda bisa mengelola persediaan barang, mencatat uang masuk dan keluar, serta melihat catatan hutang piutang. Tentunya hal ini memudahkan Anda dalam mengelola usaha.

3. BukuKas

Bagi Anda yang membutuhkan aplikasi pencatatan dan pembukuan penjualan, juga bisa memanfaatkan BukuKas. BukuKas sampai saat ini telah banyak digunakan oleh para pebisnis dari skala kecil hingga menengah.

Fiturnya yang lengkap membantu Anda dalam mencatat transaksi harian, membuat pembukuan dan laporan keuangan, serta mencatat hutang piutang. Bahkan aplikasi ini dapat digunakan untuk menagih hutang kepada pihak ketiga.

4. Quickbooks

Quickbooks juga merupakan salah satu rekomendasi aplikasi pembukuan usaha yang memiliki fitur lengkap. Aplikasi keuangan gratis ini sangat membantu para pebisnis yang tidak terlalu paham mengenai akuntansi. Aplikasi ini ditujukan untuk para pebisnis kecil serta pelaku usaha mikro. Fiturnya yang mudah diakses membuat aplikasi ini sangat direkomendasikan.

Baca Juga : Cara Menghitung Modal Awal untuk Memulai Sebuah Bisnis

5. Freshbooks

Freshbooks merupakan aplikasi keuangan yang berbasis di Kanada. Aplikasi ini dirancang untuk pebisnis UMKM yang masih kesulitan melakukan pengelolaan keuangan. 

Kelebihan dari aplikasi ini adalah memiliki fitur pengingat invoice yang mana dapat mengumpulkan seluruh pembayaran. Dengan aplikasi ini, Anda akan tahu kapan harus membayar sesuatu dan kapan harus melakukan penagihan terhadap pihak ketiga.

Nah, itulah 5 rekomendasi aplikasi pembukuan usaha yang bisa Anda jajal untuk mengatur jalannya keuangan pada bisnis. Dengan fitur yang memudahkan dan bisa diakses kapan saja, maka keuangan usaha Anda akan berjalan dengan lebih lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.