Logistik

Waspada, Begini Ciri-ciri Penipuan Paket Luar Negeri yang Perlu Anda Tahu!

penipuan paket luar negeri

Membeli paket dari luar negeri saat ini bukanlah perkara sulit. Anda bisa membeli barang dari negara manapun yang Anda mau. Hanya melalui smartphone, Anda bisa mendapatkan berbagai paket luar negeri. Namun hati-hati, ciri-ciri penipuan paket luar negeri perlu Anda waspadai supaya tidak tertipu.

Pasalnya, saat ini banyak oknum nakal yang memanfaatkan mudahnya jual beli online luar negeri dengan cara menipu. Perlu Anda ketahui bahwa pengiriman paket dari luar negeri membutuhkan biaya bea cukai serta biaya lainnya yang disebut clearance. 

Nah, oknum penipu memanfaatkan hal ini untuk meminta pembeli melakukan pembayaran biaya clearance terlebih dahulu, padahal barang tidak dikirim. Selain itu, oknum juga tidak jarang menggunakan kurir palsu untuk memanipulasi kondisi bahwa barang sedang dikirim, padahal tidak.

Ciri-ciri Penipuan Paket Luar Negeri

Untuk meminimalisir terjadinya penipuan orang luar negeri yang merugikan, Anda perlu tahu ciri-ciri penipuan paket luar negeri sebagai berikut:

1. Pendekatan Melalui Media Sosial

Ciri-ciri penipuan paket luar negeri yang pertama umumnya dilakukan melalui media sosial. Pelaku akan berkenalan dengan korban melalui media sosial, kemudian mengaku sebagai penjual produk dari luar negeri, atau bahkan akan mengirimkan hadiah dari luar negeri.

Dalam hal ini, pelaku sudah mengincar korban terlebih dahulu dengan mengantongi data diri korban. Pelaku tahu nama lengkap korban, nomor telepon, alamat email, hingga alamat usahanya sehingga tampak meyakinkan.

Pelaku terkadang juga menyamar sebagai rekan bisnis yang mengajak bekerja sama dengan iming-iming menarik. Oleh karena itu, Anda perlu waspada jika ada orang tak dikenal tiba-tiba mengajak interaksi via media sosial, terlebih jika Anda tidak terlalu aktif bermedia sosial.

Baca juga: Ternyata Begini Cara Kirim Paket ke Luar Negeri, Gampang!

2. Menggunakan Kurir Palsu

Pelaku terdiri dari minimal 2 orang, satu orang sebagai orang yang mengajak berkenalan secara personal (modus). Orang ini mengumpulkan data dan informasi mengenai korban, menghubungi, dan kemudian merayu korban.

Selanjutnya, orang kedua berlaku sebagai kurir palsu yang mengirimkan barang. Setelah korban tahu barang dari luar negeri akan dikirim, maka kurir palsu akan ditunjuk, seolah-olah sedang mengirimkan barang kepada korban.

3. Menggunakan Resi Palsu

Tak hanya kurir palsu, ciri-ciri penipuan paket luar negeri juga menggunakan resi palsu. Pelaku akan membuat resi palsu dan mengirimkan pada korban. Korban akan percaya karena resi yang dibuat benar-benar mirip dengan aslinya.

Oleh karena itu, ketika Anda mendapatkan resi pengiriman barang, segera cek resi tersebut apakah asli atau palsu. Pastikan juga perusahaan pengiriman barang tersebut benar-benar ada dan terpercaya.

4. Meminta Biaya Clearance

Selanjutnya, ciri-ciri penipuan pengiriman barang dari luar negeri berikutnya adalah adanya permintaan pembayaran clearance. Pelaku beralasan bahwa barang telah dikirimkan ke Indonesia, namun kurir tidak bisa bergerak karena biaya clearance belum dibayar. 

Pelaku kemudian meminta korban untuk membayar sejumlah biaya melalui transfer ke rekening atau akun pelaku. Biasanya nominal biaya yang diminta cukup besar, terlebih jika modus tersebut adalah memberi hadiah. Anda dipaksa untuk membayar sejumlah uang terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Kirim Paket COD Tanpa Marketplace, SAP Express Solusinya

5. Pelaku Menghilang

Nah, setelah korban melakukan transfer biaya clearance, kemudian pelaku akan menghilang. Korban tidak bisa berkutik karena kesulitan melakukan verifikasi baik dengan pihak bank maupun kurir. 

Karena adanya perbedaan negara, maka proses verifikasi bank akan dilakukan dalam waktu yang lama. Namun pada saat ini, uang korban sudah diambil oleh pelaku dan barang tidak sampai ke tangan korban.

6. Penggunaan Bahasa yang Tidak Profesional

Ciri-ciri penipuan paket luar negeri berikutnya adalah penggunaan bahasa yang tidak profesional dari pelaku. Ketika pelaku mengirimkan pesan melalui media sosial atau email, amati bahasa yang digunakan. Jika tidak profesional, bahkan typo atau salah grammar, maka Anda patut curiga.

Pasalnya, pada saat oknum pelaku mengatasnamakan perusahaan atau bank tertentu, seharusnya bahasa yang digunakan profesional layaknya sebuah institusi. Namun jika terlihat rancu dengan bahasa yang kacau, maka bisa jadi ini merupakan tindakan penipuan.

7. Alamat Email atau Nomor Telepon Tidak Resmi

Penipuan lewat wa, email, atau telepon dari luar negeri patut Anda curigai jika berasal dari nomor telepon atau alamat email yang tidak resmi. Dalam hal ini, pelaku memberikan alamat email atau nomor telepon yang tidak meyakinkan.

Padahal, sebagai perusahaan profesional yang hendak mengirimkan hadiah atau menjalin kerja sama, tentunya email dan nomor telepon yang digunakan haruslah resmi. Bukan email perorangan, apalagi dengan domain yang tidak jelas.

jasa pengiriman barang internasional termurah

8. Meminta Data Pribadi yang Tidak Perlu

Anda patut curiga terjadi penipuan paket luar negeri ketika pelaku meminta data pribadi yang tidak perlu dan di luar nalar. Umumnya, data pribadi yang diminta hanyalah sebatas KTP dan alamat email.

Namun jika ia sudah meminta foto KTP, 4 digit nomor kartu debit, bahkan password tertentu, maka sudah bisa dipastikan Anda sedang diincar penipu. Anda perlu meningkatkan kewaspadaan jika terjadi hal-hal tersebut.

9 Mengklaim Punya Perusahaan Importir Pribadi

Ciri-ciri penipuan paket luar negeri berikutnya adalah pelaku mengaku memiliki perusahaan importir pribadi, tidak lagi mencatut nama perusahaan importir yang sudah dikenal. Tujuannya adalah agar perusahaan importir yang dicatut namanya tidak melapor ke pihak berwajib. Tujuan lainnya adalah untuk mengelabuhi korban agar percaya pada pelaku.

Untuk menghindarinya, Anda perlu mencari tahu mengenai perusahaan importir yang dimaksud. Cek apakah benar perusahaan tersebut ada dan legal. Jangan sampai Anda menjadi korban lantaran tergiur paket pengiriman dari luar negeri.

10. Dilakukan oleh Dua Orang Pelaku

Seperti yang dibahas di poin sebelumnya, penipuan paket luar negeri biasanya dilakukan oleh dua orang pelaku. Pelaku pertama akan mengumpulkan informasi dan data korban lalu mengelabui korban dengan berbagai iming-iming.

Sedangkan pelaku kedua menyamar sebagai kurir yang akan mengirimkan paket, atau bahkan mengaku sebagai pemilik jasa kurir pribadi. Ia akan membuat jasa pengiriman paket tersebut terlihat meyakinkan meskipun sebenarnya tidak aman dan legal.

Bisnis online

Kirim Barang ke Luar Negeri dengan SAP Express

Banyaknya penipuan paket dari luar negeri tentu membuat siapa saja was-was. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan Anda memilih jasa pengiriman luar negeri terpercaya untuk paket Anda. SAP Express merupakan jasa kirim barang ke luar negeri yang aman dan dan terbaik.

SAP Express melayani pengiriman barang ke berbagai negara, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Hongkong, Taiwan, Vietnam, dan Australia. Tidak hanya pengiriman ke luar negeri, SAP Express juga melayani pengiriman barang dari luar negeri. Lantas berapa lama pengiriman paket dari luar negeri melalui SAP Express? Tentunya untuk estimasi biaya pengiriman dari negara mana paket dikirimkan. Untuk informasi lebih lanjut, cek ongkir SAP Express di sini.

Nah, sekarang sudah tahu kan ciri-ciri penipuan paket luar negeri apa saja yang perlu Anda waspadai? Pastikan Anda melakukan transaksi atau jual beli dengan pihak yang terpercaya agar tidak menjadi korban penipuan. Terlebih saat berhubungan dengan pihak luar negeri, Anda perlu lebih waspada ya!

1,466 Comments

  • Orang tersakiti😭😭 25 April 2024

    Saya baru baru ini abis kena tipu bernama mohd rayyan atau Ahmed rayyan dia ngaku nya pilot Florida America serikat. Dia ingin mengirimkan paket di dalam nya ada yang HP sm perhiasan, dia mau bersodakoh atau beramal di Indonesia termasuk di wilayah ku. Dia saya suruh bayar paket seharga 1jt bodohnya saya kasih tp setelah itu masih lanjut minta terus dan terus dengan jumlah yang besar saya baru curiga kalau itu nipu. Kalau saya telfon dia rijek katanya gak bisa bahasa Indonesia tapi chat lancar banget hati2 teman2 cukup saya yg sudah tertipu 😭😭😭

  • Hera 18 April 2024

    Saya baru tadi juga mena tipu dgn akun tiktok bernama dr mubarak azad,ngaku tinggal di polandia.dia minta no wa langsung sy kasi,trus lanjut chat an sm dia katanya istrinya meninggal awal thn lalu krn melahirkan anaknya yg kedua,hari ini ultah dia katanya mau ke pusat perbelanjaan buat beli hadiah buat sy,ada tad lv,jam tangan mewah,kalung berlian,iphone 13 promax.dia minta alamat langsung aku kasi😭dia kirim video klo paket sdh dia kirim dan akan tiba di indo besok,krn dia beritahunya tengah mlm jam 11 jdi sy tdk terlalu fokus,pagi jam 8 ada kurir yg chat klo kirim paket dr polandia sdh sampe indo tp terhalang di bea cukai harus bayar 5 jt.,bodohnya aku langsung tf 5jt ke rek atas nama adawiah bank BDS setelah itu minta di tf lagi krn katanya di dlm paket di temukan uang 100.000 dollar dan hrus dibayar 45jt skrg klo tidak sy akan di tangkap penjara 7 thn krn di sinyalir teroris saya langsung panik dong dan langsung tf 45jt saking paniknya krn dia ancam mau dtg ke alamat rmh sy😭😭😭😭 setelah sy tf 45 jt dia minta lagi di tf 100jt krn katanya uang dollar hrus di tukar ke rupiah skrg klo tidak sy akan di jemput skrg oleh pihak berwajib disitu sy baru sadar klo sy di tipu…ya Allah semiga tdk ada korban lagi.gimana caranya uang sy bisa balik,adakah yg bisa bantu

  • Ester Ratna 28 Maret 2024

    Saya baru saja dpt surprise dari orang Jerman yg saya kenal di FB . Chat berpindah ke wa . Wkt saya cek kode areanya ,kode Nigeria pada hal dia ngaku Jerman . Dan baru saja dia mau kasih hadiah sepatu cincin dan hp . Semoga ini bukan penipu , karena sdh dua x kena janji manis tp syukur byk tan yg ngingatkqn itu sindikat internasional r

  • Imha Silva 27 Maret 2024

    Saya jg sedang mengalami hal yg sama, saya berkenalan dengan seorang pria London, awal kenal dia bilang bahwa dia menyukai saya dan setelah beberapa hari dia bilang kalo dia ingin mengirim hadiah utk saya dan 1 hari setelah dia bilang begitu saya dapat pesan dari seseorang(nomor Indonesia{1}) yg mengatakan ada hadiah utk saya namun hadiahnya belum bisa di antar ke alamat saya karena sebelumnya saya di minta utk membayar beacukai 4,5jt, setelah saya membayar semuanya tapi saya tidak menerima hadiahnya, lalu kemarin saya dapat pesan lagi dari seseorang(nomor Indonesia{2})yg meminta agar saya membayar sekitar 10jt lagi dgn alasan utk pembuatan sertifikatnya tapi saya tidak merespon permintaan mereka

  • Sherly 27 Maret 2024

    Saya ini baru ngalamin untuk saya searching dulu di google ternyata penipuan, saya juga bingung dengan bahasa yang dia gunakan bilangnya “saya memakai translate mohon dimaklumi” saya mulai curiga dari dia yg mau kirimkan saya hadiah tapi videonya itu kualitasnya emang kurang bagus.
    Mungkin harus lebih hati-hati dengan modus penipuan baru

  • Syabilla Azzahrra 26 Maret 2024

    Saya hampir ketipu,, Pelaku mengaku seorang insinyur perminyakan di Inggris,, namanya Jie Chin.
    Awalnya berkenalan di sosmed,modusnya dia berkata mencintaiku dan akan memberikan hadiah berupa pakaian, tas, emas, sepatu, dll.
    2 hari kemudian dapat pesan bahwasannya paket sudah sampai di Indonesia. Tapi meminta bayaran sejumlah 5 juta rupiah.
    Untungnya saya tidak mengirimkannya dan memblokir nomornya.
    Hati hati dengan nomor :
    +234 912 446 0036 >No.pelaku
    +62 858-4035-3209 > no.kurir palsu
    Dia meminta bayarannya ke no.rek.ini:
    1707569399 a.n DITHA NUR AFFRIDAH
    DBS Bank🇮🇩

  • Darsih 25 Maret 2024

    Kemaren saya juga ada berkenalan dengn cowok yg bernama hasan zikri nama fb nya dia dri KL bekerja d london saya d rayu2 nya n saya pun juga tergoda dengn rayuan nya dan ingin membelikan saya barang perhiasan, sepatu, jam tangan varfum, dan henfon, hbs itu paket nya akan d kirim besok pagi,dan saya d hubungi kurir yg ingin mengirim paket nya tp harus byar nominal uang sebesar 2 juta rupiah jd saya pun bingung kmna saya akan mendapat kan uang sebesar itu, jd saya kirim kan dulu uang nya 5 ratus ribu hbs itu mereka marah2 minta lunasi uang nya mereka bilang paket nya akan d kirim kan, jd saya berpikir lg saya bilang k mereka saya akan menanyakn barang yg d kirim ke kantor bea cukai, habis itu no wa nya langsung tidak aktif jd mohon pencerahan nya

  • Nurmiati 22 Maret 2024

    Hal yg sma yg sya alami..bru kenal 2 hri ingin memberikan sya hadiah
    Hadiah sdah dividio dgn jumlah uang
    N akhirnya sya disuruh krim 1 juta tpi sya tdak krim
    Asal Singapura n Mengaku pilot.l dilondon duda anak 1.
    Hampir aj kena tipu

  • Yuyun yuningsih 20 Maret 2024

    Saya barusan juga hampir kena tipu…knl d FB trs via wa…untungnya segera sadar..karna di pikir bnyak keganjalan..dan teman saya dulu juga pernah ketipu..jadi saya mulai curiga…wawww rayuanyaa dan ffarassnyaaa bikin meleleh🤭😜tv untungnya segera sadar..akhirnya setelah saya sadar CPT” blok wa nya ,FB..trs saya ganti no hp wa juga…biar td bisa mnhubungi saya LG..🤭😜

  • Mila 14 Maret 2024

    Tadi pagi aku ketipu sama pilot yang namanya muhamed hafiz
    Ada paket dari luar negeri minta bayar cukai 1 juta.pas aku transfer minta di transfer lagi 5 juta katanya dolar yg di dalam paket mau dituker saya harus bayar 5 juta.pas saya coba liat di google ternyata benar aku kena tipu…
    Mana itu duit pinjem lagi.
    Gantinya binggung dari mana.

  • Melxxxxx 12 Maret 2024

    Penipuan ini sangat jahat mohon d brantas ..sy kena tipu dan memang 2 org yg bergerak mengirim foto2x dan setelah melihat foto itu apapun kita mau lakuin yg 1 berkenalan melalui sosmed yg kedua sbgai kurir hugowas logistik..dan menyuruh membayar pajak beacukai sebesar 20jt..namanya pelaku denny tzang di ig..dan kurir franz kerja sama yg bgs menipu org..hati2 para perempuan indonesia jgn wa atau chat dgn org yg baru d kenal..dan itu ada maksud menipu uang dalam jumlah besar ..dan memang bisa menghipnotis..dgn melihat foto org tsb kita mikirin dia trus untuk menjalankan apa yg dia suruh..ati2x

  • Mamah cila 12 Maret 2024

    Saya ini sedang mengalami suruh tranfer 2juta kebeacukai dia orang scotlandia berkedok duda anak 1 istri y meninggal kanker payudarah kenalan lwat tt trus pindah k wa
    Saya mnta no beacukai mereka tidak mau mengasih taukan y

  • Asik. Khodijah 12 Maret 2024

    Baru saja terjadi. 12 Maret 2024.
    😄
    Modus via DM Instagram dilanjut via WA.

    Akun ig: Ahmed Hassan.
    Ngaku pilot, duda, 1 putri.
    Asal Singapur, kerja di London.
    Berkenalan, memuji, lalu mau kirim hadiah barang2 bermewah, iphone tas sepatu perhiasan dan dollar uang tunai. Ia pun mengirimkan foto dan videonya.

    Dikirim via pos dg VIP.
    Besoknya dapet info sudah sampai di transit Indonesia.
    Kurir chat dan infoin, Minta kirim 2juta sebagai bayar bea cukai.
    Isian yg dikirim resi: akun gmail tidak terverifikasi, tidak ada nomor resi, data pengirim tidak ada, nomor tujuan pembayaran bea cukai adalah bank dg akun pribadi.
    Jadi: meragukan.

    Saya pun tidak mau membayar apapun.

    Waspadalah pada:
    WA 1: +44 7529 343449 (London)
    WA 2: +62 878-9631-4745 (Kurir Indonesia)
    Norek tujuan: 👇
    Name: ERLINA ZULFAH
    ACC: 1707197484
    Bank :DBS INDONESIA
    CODE :046

    Lebih baik diabaikan saja, daripada kita yang rugi.
    Kepercayaan berbasis chat dan medsos tidak sebanding dengan resiko.

    Semoga kita bisa lebih waspada dan berhati-hati serta dijauhkan dari penipuan.
    Terima kasih.
    Salam waras!

  • Rukia 11 Maret 2024

    Saya juga mengalaminya dia orang korea tapi dia tinggal di London sebagai engineering katanya mau kirim saya hadia sampai dibuat vidio hadiahnya jadi saya percaya padahal sampai sekarang hadianya tidak sampai ketujuan padahal saya sudah bayar puluhan juta untuk hadiahnya itu saya sangat menyesal tapi sampai sekarang masih aktif nomornya hpnya dan dia selalu Tanya apakah hadiahnya sudah sampai?

  • Angel 9 Maret 2024

    Saya Juga Baru saja mengalaminya ,awalnya dia mengaku2 duda Anak 2 orang Malaysia Dan bekerja di Prancis ,baru 3 Hari kenal Sudah bilang suka saya ,Dan ingin memberikan Hadiah berubah Hp tas dan berlian ,di juga memasukan Uang di dalam paket ,dengan Alasan untuk membayar beacukai ,besok nya saya di Wa bahwa paket saya sudah sampai di indonesia ,dan harus membayar beacukai sebesar3juta rupiah , Dengan memakai nomor Nigeria juga, saya udh curiga kalau ini penipuan, Sangat di sayang kan penipunya sangat manis .

  • Dorsila 9 Maret 2024

    Saya juga baru di tipu
    Awalnya berkenalan di FB dia bilang dia orang jerman lalu dia minta nmr Wa setelah itu kami mengobrol dan dia bilang dia sangat mencintai saya dan mau mengirim Saya hadia
    Lewat 2 hari ada nomor baru yg hubungi saya katanya paketnya dari Jerman sudah sampai dan Saya di suruh TF uang 2 juta , tetapi saya tidak membayar nya
    Kerena saya takut penipuan
    Dan untung saja saya mencari tau ciri² modus penipuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *