Bisnis

Yuk, Intip Contoh Surat Penawaran Harga Berikut Ini!

gambar ilustrasi pria sedang membuat surat penawaran harga

Jika ingin produk Anda dibeli oleh perusahaan, instansi, toko atau perorangan, penting untuk mengetahui contoh surat penawaran harga. Surat penawaran harga akan menjadi informasi penting bagi calon pembeli sehingga diharapkan mereka akan tertarik untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

Bagi yang belum tahu, surat penawaran harga merupakan salah satu jenis surat yang biasa digunakan dalam dunia bisnis. Surat ini dibuat oleh produsen atau perusahaan yang ingin menawarkan harga produk tertentu kepada perusahaan atau pihak lain. Surat penawaran harga ini biasanya juga dijadikan bahan promosi ketika perusahaan memiliki produk terbaru dan berusaha memperkenalkan kepada publik.

Format Surat Penawaran Harga

Dalam membuat surat penawaran harga tidak boleh sembarangan akan tetapi ada aturan yang harus Anda ikuti. Berikut ini format dalam pembuatan surat penawaran harga barang yang perlu Anda tahu.

Jenis Produk yang Ditawarkan

Salah satu hal penting yang harus ada dalam surat penawaran harga adalah informasi mengenai produk yang ditawarkan. Bagian ini menjadi inti utama dalam surat karena tujuan dari surat penawaran harga ini adalah untuk memperkenalkan produk kepada pihak yang berpotensi untuk membelinya.

Pada bagian ini, sebisa mungkin cantumkan informasi produk secara lengkap bukan hanya sekedar daftar jenis dan harganya saja. Agar pihak ditawari tertarik untuk membeli, cantumkan juga keunggulan produk yang ditawarkan.

Baca juga: Mengenal Jastip, Bisnis Tanpa Modal yang Menguntungkan

Harga Produk yang Ditawarkan 

Seperti namanya, dalam surat penawaran harga ini sudah pasti Anda harus mencantumkan harga produk yang ditawarkan. Tawarkan harga yang kompetitif dengan disertai keunggulannya sehingga pihak yang ditawari akan tertarik untuk membeli produk tersebut.

Metode Pembayaran

Dalam contoh surat penawaran barang dan jasa, terdapat poin yang penting untuk dicantumkan yaitu metode pembayaran. Jika ingin pihak lain tertarik untuk membeli produk tersebut, tawarkan metode pembayaran yang mudah dan praktis. Anda juga bisa menawarkan metode pembayaran dengan model cicilan hingga uang muka yang ringan.

Informasi Mengenai Perusahaan

Poin penting lain yang harus ada di surat penawaran harga adalah informasi mengenai perusahaan yang menawarkan produk tersebut. Poin ini biasanya memiliki pengaruh besar dalam menentukan apakah produk akan terjual atau tidak sehingga informasi mengenai perusahaan harus dibuat sebaik dan sedetail mungkin.

Baca juga: Begini Cara Membuka Usaha Jasa Pengiriman Barang

Contoh Surat Penawaran Harga

Untuk mengetahui lebih jelas tentang contoh surat pengajuan harga, berikut contoh nya:

CV.TRIJAYA

Jasa Konstruksi Jasa Transportasi, Perdagangan, Pertambangan dan Alat-alat Pertanian

Jl. Raya Rangkasbitung – Bogor K 34 Desa Sipayung

Nomor : 01/CV.TJ/VII/2019

Hal : Penawaran Harga Material

Kepada

PT. Arief Taipan Rindang

Up. Bapak Catur

Di – Tangerang

Dengan hormat,

Dengan ini kami mengajukan daftar harga material sebagai berikut :

NoNama BarangSatuanHarga
1Batu belah lebak niaga panggom3190.000
2Pasir pasangm3200.000
3Abu batum3250.000
4Solar industrim39.200
5Upah kerjam3140.000
  • Pengiriman barang setelah ada pesanan atau SPK
  • Pembayaran dapat dilakukan per 10 hari dari pengiriman melalui transfer bank

ke rekening : Mandiri 1160004800299 An. Moch. Chotim

Dengan pengajuan daftar harga yang kami ajukan, harapannya dapat menjadi pertimbangan Bapak/Ibu Pimpinan.

Atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan, kami ucapkan terimakasih.

Cipanas, 17 Juli 2022

CV.Trijaya

Asep Saripudin

Direktur

Nah, sekarang sudah paham kan bagaimana contoh surat penawaran harga yang tepat? Pastikan Anda membuatnya dengan jelas dan menarik, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.