Logistik

Fasilitas Logistik: Pengertian, Jenis, dan Mengapa Anda Perlu Memanfaatkannya

pengertian fasilitas logistik

Pernahkah Anda mendengar istilah fasilitas logistik? Untuk Anda yang sudah berkecimpung di dunia bisnis, tentunya sudah terbiasa dengan yang namanya fasilitas logistik. Walaupun Anda penjual online di e-commerce, ternyata Anda juga membutuhkan fasilitas ini. Seperti apa itu fasilitas logistik dan mengapa penting bagi bisnis Anda? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Fasilitas Logistik 

Fasilitas logistik merupakan gudang khusus yang melayani kegiatan seperti transportasi barang dan semua yang berhubungan dengan logistik. Pada beberapa perusahaan, hanya terdapat layanan fasilitas logistik gudang dasar saja, namun sekarang juga terdapat perusahaan logistik yang terdapat fasilitas logistik lengkap. Mulai dari penyimpanan, pengepakan, hingga pengiriman. 

Mungkin Anda yang sering melakukan pembelian online, mendapati paket yang sudah tidak berada di tangan seller. Itu berarti barang Anda sudah masuk ke fasilitas logistik, bersama paket-paket lainnya yang nantinya akan dikirim secara bersama-sama. Pada umumnya ketika hari-hari diskon besar seperti 12.12, paket Anda akan lebih lama sampai karena pesanan yang membludak pada hari itu. 

Baca Juga : Apa Perbedaan Jasa Logistik dan Freight Forwarding? Yuk, Cari Tahu!

Jenis-jenis Fasilitas Logistik 

Saat ini, sudah banyak jasa ekspedisi yang memberikan layanan fasilitas logistik, misalnya SAP Express. Untuk mengetahui beberapa jenis-jenis dari fasilitas logistik, yuk simak ada apa saja!

1.  Fulfillment

Jenis dari fasilitas logistik yang pertama adalah pusat fulfillment. Melansir Ginee, fulfillment merupakan gudang penyimpanan barang sementara. Jasa ekspedisi yang memiliki layanan ini memberikan layanan penuh atas order yang masuk, pengemasan barang hingga pengiriman oleh pusat fulfillment. 

Biasanya pusat fulfillment dapat dimanfaatkan oleh pemilik bisnis baik B2B (Business to Business) maupun B2C (Business to Consumer). Apalagi ketika sedang masuk musim orderan yang tinggi seperti masa-masa tertentu seperti lebaran, natal ataupun diskon 10.10, pemilik bisnis membutuhkan layanan ini untuk membantu lancarnya orderan. 

2. Pusat Distribusi 

Jenis fasilitas logistik yang selanjutnya adalah pusat distribusi, yang merupakan tempat menyalurkan produk dari pihak pertama atau produsen kepada toko. Pusat distribusi atau distribution center melansir crewdible, berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang agar bisa didistribusikan ke banyak grosir dalam satu waktu. 

Selain itu, pusat distribusi seringkali dianggap sebagai dasar dari rantai pasok sebuah barang. Lantas, apa yang membedakan dengan warehouse? Warehouse sendiri merupakan tempat penyimpanan barang dalam jangka panjang. Sedangkan pusat distribusi hanya tempat penyimpanan barang sementara, yang nantinya barang-barang tersebut akan didistribusikan ke berbagai tempat. 

Baca Juga : 7 Hal Wajib yang Harus Anda Tahu Sebelum Transaksi Sistem COD

3. Pergudangan

Pergudangan merupakan jenis fasilitas logistik yang ditawarkan oleh pihak ketiga untuk menyimpan barang dalam waktu yang singkat. Untuk Anda yang memiliki usaha bisnis online di sebuah e-commerce, platform e-commerce tersebut bisa memanfaatkan fasilitas logistik pergudangan ini untuk membantu penampungan paket sementara karena order membludak. Seperti saat-saat tertentu seperti Hari Belanja Nasional dan yang lain sebagainya. 

Manfaat Menggunakan Fasilitas Logistik 

Dengan berbagai jenis fasilitas logistik yang ada, berbagai keuntungan bisa didapatkan oleh pemilik bisnis, baik B2B maupun B2C. Dengan memanfaatkan fasilitas logistik, pemilik bisnis bisa lebih menghemat waktu, karena barang-barang bisa dibantu pengemasan, hingga pengiriman sampai ke tangan konsumen. Selain hemat waktu, juga bisa membantu pemilik bisnis hemat uang. 

Di luar keuntungan tersebut, Anda sebagai pemilik bisnis tidak perlu khawatir atas hilang atau rusaknya barang. Sebab fasilitas logistik memiliki stock management yang baik, segala barang yang masuk dan keluar tercatat dengan detail di sistem. Untuk itu, Anda perlu memilih fasilitas logistik yang terpercaya kualitasnya untuk penyimpanan barang Anda. Demikianlah pembahasan kali ini mengenai pengertian, jenis hingga manfaat dari fasilitas logistik. Bagi Anda yang tertarik dengan layanan fasilitas logistik ini, Anda bisa menghubungi kami lebih lanjut. Kami memiliki manajemen gudang yang sudah tersebar di lebih dari 210 lokasi strategis di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *