Logistik

Inilah Fungsi Warehouse Management System Bagi Bisnis

fungsi warehouse management system

Untuk Anda pemilik bisnis, tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya istilah warehouse management system. Sistem ini hadir sebagai solusi perangkat lunak yang menawarkan visibilitas ke seluruh inventaris bisnis dan mengelola operasi pemenuhan rantai pasokan dari pusat distribusi ke rak toko. Selain itu warehouse management system juga dapat memaksimalkan tenaga kerja dan pemanfaatan ruang dan investasi peralatan mereka dengan menoordinasikan dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya dan material. 

Lantas apa saja fungsi warehouse management system bagi bisnis? Simak ulasan berikut untuk informasi selengkapnya.

Fungsi Warehouse Management System Bagi Bisnis

warehouse management system

Warehouse management system sendiri terdiri atas perangkat lunak dan proses yang memungkinkan sebuah organisasi untuk mengontrol dan mengelola operasi gudang sejak barang atau bahan masuk ke gudang hingga keluar. Nah, untuk memahami mengenai warehouse management system lebih lanjut, berikut adalah beberapa fungsi warehouse management system, yaitu antara lain;

  1. Arus Stok Barang Dalam Gudang (Inbound, Warehouse Area, Outbound)

Fungsi pertama dari warehouse management system adalah arus stok dalam gudang. Dimulai dari alur inbound, warehouse area, hingga outbound. Proses inbound sendiri merupakan proses di mana barang masuk ke dalam gudang. Warehouse area adalah proses barang disimpan di gudang, sedangkan outbound merupakan alur barang keluar dari gudang. Pada umumnya, di warehouse sudah dilengkapi dengan alat barcode sehingga data barang di gudang semakin akurat. 

  1. Penataan Layout Stok Barang dalam Gudang

Fungsi warehouse management system yang selanjutnya adalah untuk penataan layout stok barang dalam gudang. Dengan adanya sistem ini, ruang penyimpanan pada gudang akan lebih efisien. Sebab tata ruang yang sudah dibuat sedemikian rupa, bisa memudahkan staf untuk mengurus arus stok barang di dalam gudang. Selain itu, dengan layout atau tata ruang ini, Anda bisa menyimpan stok barang yang lebih di dalam gudang. 

  1. Pencatatan dan Pelacakan Stok Barang yang Akurat

Berikutnya adalah pencatatan dan pelacakan stok barang yang akurat. Salah satu fungsi dari warehouse management system ini, bisa bermanfaat untuk memantau segala kegiatan yang ada di dalam gudang, seperti perpindahan stok, serta jumlah stok yang ada. Untuk mengurangi kerusakan dan kadaluarsa dari barang, perusahaan bisa menjaga kualitas barang dengan warehouse management system. Salah satunya adalah dengan menggunakan cara First In First Out, yaitu metode pengelolaan produk untuk menjual barang yang pertama masuk, sebagai stok yang keluar pertama kali. 

Fitur Warehouse Management System 

Nah, sampai sini sudah jelas kan beberapa fungsi dari warehouse management system? Untuk mengetahui kecanggihan dari warehouse management system, berikut adalah beberapa fitur yang dapat ditawarkan sistem manajemen gudang. 

  1. Barcode Enabled

Untuk membuat gudang menjadi efektif, warehouse management system memiliki teknologi yaitu barcode enabled. Sistem barcode ini bisa diimplementasikan dalam sistem manajemen gudang, yang dapat meminimalisir kesalahan manusia dan menyediakan data akurat secara real-time. Dengan adanya barcode enabled, staf bisa mengetahui jumlah stok dalam gudang, dan lebih mudah untuk arus keluar masuknya barang. 

  1. Fitur Racking dan Multi Location

Fitur warehouse management system yang berikutnya adalah racking dan multi location. Racking sendiri merupakan faktor terpenting dari infrastruktur gudang, dan dapat menghambat ataupun mempercepat operasi gudang. Dengan bantuan dari warehouse management system, manajer dari gudang dapat memaksimalkan gudang untuk proses pengambilan yang efisien. 

Sedangkan, multi location adalah sistem yang digunakan oleh bisnis untuk melacak dan mengelola stok di beberapa lokasi. Sistem ini memungkinkan organisasi untuk memantau dan mengelola inventaris dengan lebih efektif. 

  1. Pelacakan Keluar Masuk Barang

Fitur berikutnya dari warehouse management system adalah pelacakan keluar masuk barang. Anda tidak perlu khawatir, karena pelacakan ini sangat akurat. Tujuan dari pelacakan ini yaitu agar tidak terjadi kesalahan pada masuk dan keluarnya barang sehingga Anda bisa dengan mudah mengelola stok barang yang ada di dalam gudang. Demikian ulasan mengenai fungsi warehouse management system. Pertimbangkan untuk menggunakan warehouse management system untuk memudahkan pengelolaan stok bisnis Anda. Gunakan layanan sewa gudang online dari SAP Express, yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *