Logistik

8 Faktor Hambatan Perdagangan Internasional, Yuk Simak!

hambatan perdagangan internasional

Setiap negara tentunya tidak memiliki segala macam sumber daya alam. Oleh sebab itu perdagangan internasional hadir sebagai salah satu solusi untuk saling melengkapi kebutuhan negeri. Misalkan saja, Indonesia belum mampu memenuhi kebutuhan alat berat, maka Indonesia akan impor alat tersebut dari negara lain. 

Nah, dikarenakan perdagangan ini dilakukan secara internasional dan melewati batas negara, tentunya terdapat berbagai hambatan yang bisa saja dihadapi oleh negara pengimpor ataupun pengekspor. Nah, berikut adalah ulasan mengenai 8 faktor hambatan perdagangan internasional. 

Apa itu Perdagangan Internasional?

Melansir dari Corporate Finance Institute, perdagangan internasional adalah pertukaran yang melibatkan barang atau jasa yang dilakukan antara setidaknya dua negara yang berbeda. Pertukaran inilah bisa berupa impor atau ekspor. Impor merujuk kepada barang atau jasa yang dibawa ke negara domestik. Sebaliknya, ekspor mengacu kepada barang atau jasa yang dijual ke negara asing. 

Baca Juga : Perdagangan Internasional: Pengertian, Ciri-ciri, Manfaat, dan Tujuannya

Perdagangan internasional ini memiliki berbagai manfaat untuk bisnis seperti basis pelanggan potensial yang lebih besar, yang berarti bahwa lebih banyak keuntungan dan pendapatan, lebih sedikit persaingan di pasar luar negeri yang belum diakses serta kemungkinan keuntungan melalui nilai tukar mata uang asing. 

Faktor yang Mempengaruhi Hambatan Perdagangan Internasional

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa karena perdagangan internasional melewati batas negara, tentunya terdapat faktor yang bisa mempengaruhi hambatan perdagangan internasional. Berikut adalah hambatan yang mungkin bisa terjadi dalam perdagangan internasional.

1. Kebijakan Suatu Negara

Hambatan dalam perdagangan internasional adalah kebijakan suatu negara. Setiap negara tentunya memiliki aturan yang harus dipatuhi oleh negara lain. Contohnya adalah ketika suatu negara membatasi impor barang dari negara tertentu. Hal ini dapat dilakukan untuk meningkatkan pendapatan dalam negeri. 

2. Kebijakan Perdagangan Internasional

Selain karena kebijakan suatu negara, hambatan perdagangan internasional juga bisa dipengaruhi oleh kebijakan perdagangan internasional. Biasanya yang menghambat ini adalah mengenai politik dan ekonomi. Beberapa kebijakan ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk di dalam negeri. 

3. Terjadi Konflik Domestik di Suatu Negara

Faktor yang mempengaruhi hambatan perdagangan internasional yang selanjutnya adalah karena terjadinya konflik domestik di suatu negara. Seperti yang kita ketahui bahwa konflik mungkin tidak bisa dihindari. Dengan adanya konflik, hal ini tentunya bisa berakibat pada pengiriman perdagangan internasional. Sebab, biasanya daerah konflik menjadi tidak aman. 

pengiriman internasional

4. Waktu dan Persyaratan Impor dan Ekspor

Faktor selanjutnya yang mempengaruhi hambatan perdagangan internasional yang berikutnya yaitu waktu dan persyaratan impor dan ekspor. Untuk perdagangan internasional, tentunya dibutuhkan dokumen impor dan ekspor yang lengkap. Terlebih lagi, untuk produk makanan dan minuman, biasanya negara tertentu akan lebih ketat pada produk-produk ini. 

5. Perbedaan Mata Uang

Setiap negara tentunya memiliki regulasinya sendiri untuk mata uangnya. Seringkali perbedaan ini menjadi hambatan perdagangan internasional. Oleh sebab itu, biasanya perdagangan impor dan ekspor menggunakan mata uang yang disepakati oleh kedua belah pihak negara. Misalkan saja menggunakan US Dollar, Yuan, ataupun Euro.

6. Kualitas Sumber Daya Manusia

Faktor yang mempengaruhi hambatan perdagangan internasional yang berikutnya adalah kualitas sumber daya manusia. Rendahnya SDM ini bisa berakibat pada kualitas produk yang dihasilkan untuk impor dan ekspor. Oleh karena itu, sumber daya manusia sebuah negara perlu ditingkatkan agar bisa bersaing dengan negara-negara yang lain. 

7. Keterlibatan Organisasi Ekonomi Regional

Organisasi ekonomi regional memiliki beragam keuntungan bagi negara, seperti untuk meningkatkan pendapatan negara. Namun, keterlibatan organisasi ekonomi regional juga menjadi faktor yang mempengaruhi hambatan perdagangan internasional. Sebab, organisasi ini bisa membuat regulasi yang melarang produk masuk dari negara yang tidak termasuk dalam organisasi tersebut. 

Baca Juga : Perdagangan Perdana Saham SAPX Jadi Top Gainers

8. Proses Transaksi yang Sulit dan Berisiko

Hambatan selanjutnya dalam perdagangan internasional yaitu proses transaksi yang sulit dan berisiko. Perdagangan internasional ini tentunya dilakukan secara jarak jauh, dan tidak jarang orang bisa terkena penipuan dan uangnya diambil oleh penjual barang. Selain itu, proses transaksi yang berbelit juga terkadang menjadi hambatan. Oleh sebab itu, agar lancar, pembeli harus mencari penjual yang trusted dan ditemukan dalam platform yang resmi agar resiko bisa dihindari. 

Demikianlah ulasan kali ini mengenai 8 faktor hambatan perdagangan internasional. Gunakan layanan pengiriman internasional dari SAP Express untuk mendukung usaha Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menginspirasi bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *