Bisnis

9 Ide Bisnis Bulan Ramadhan yang Hasilkan Cuan, Dijamin Siap Lebaran!

ide bisnis bulan ramadan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Tak hanya dari sisi agamis saja, dari segi bisnis juga menghadirkan keberkahan tersendiri bagi para pengusaha. Terdapat banyak ide bisnis bulan Ramadhan yang bisa dijajal dengan memanfaatkan momentum puasa. 

Ide usaha ini tak hanya bisa dijalankan oleh pengusaha saja, namun pemula pun bisa menjajal usaha tersebut. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan ide kreatif apa saja yang bisa dimulai pada Ramadhan ini, yuk simak ulasannya!

Daftar Ide Bisnis Ramadhan yang Menguntungkan

Untuk mengisi kegiatan serta ‘tabungan’ dalam rangka menyambut lebaran nanti, Anda bisa menjajal berbagai usaha dadakan yang dilakukan selama bulan puasa. Ide bisnis bulan Ramadhan ini bisa dilakukan dengan mudah dan tidak membutuhkan modal besar. 

Penasaran apa saja ide jualan di bulan puasa ini? Simak daftarnya!

1. Takjil dan Aneka Minuman

Tidak diragukan lagi bahwa ide bisnis bulan Ramadhan pertama yang pasti menguntungkan adalah menjual aneka takjil, es buah, dan minuman untuk buka puasa. Hampir semua orang akan mencari takjil untuk buka puasa setiap harinya, oleh sebab itu takjil akan menjadi sesuatu yang dicari oleh banyak orang.

Anda bisa menyiapkan takjil yang unik serta minuman kekinian yang menarik para calon konsumen. Cara menjajakannya pun mudah, Anda bisa menjualnya di depan rumah atau di stand khusus yang biasanya disiapkan selama bulan Ramadhan. Meskipun sudah banyak yang menjual takjil dan minuman, namun pasar dari bisnis ini sangat luas sehingga kemungkinan untuk meraih untung besar dari jualan takjil sangat tinggi.

2. Katering Sahur dan Buka

Tidak semua orang mau dan mampu menyiapkan hidangan sahur dan buka puasa setiap hari. Kesibukan domestik dan pekerjaan kerap membuat orang sulit memasak setiap hari. Nah, momen ini bisa Anda manfaatkan untuk membuka usaha katering yang melayani menu sahur dan buka puasa. 

Bisnis ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki passion di dunia masak, karena dengan sedikit ‘effort’ saja, Anda bisa meraih untung yang lumayan. Anda bisa menambahkan layanan free ongkir dalam jarak tertentu untuk menarik minat konsumen terhadap bisnis Anda. 

3. Kue Kering

Menjelang lebaran, permintaan akan kue kering untuk lebaran sangat tinggi. Anda bisa mulai menawarkan kue kering dari awal puasa untuk menggaet pelanggan yang lebih banyak. Meskipun baru dibutuhkan saat lebaran, banyak orang yang sudah mulai mempersiapkannya sejak awal.

Gunakan strategi marketing bulan puasa yang tepat agar banyak orang tertarik untuk memesan kue pada Anda. Buatlah sampel kue terlebih dahulu lalu siapkan foto yang proper, kemudian share di media sosial Anda. Jika penawaran Anda menarik, maka bukan tak mungkin keuntungan besar akan Anda raih.

4. Baju Lebaran

Sama seperti kue lebaran, Anda juga bisa mulai menawarkan baju lebaran mulai dari sekarang. Ketika menjelang lebaran nanti, banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk hunting baju lebaran. Nah, momen ini bisa Anda manfaatkan untuk menjual baju lebaran dengan sistem pre order.

Jika usaha ini Anda lakoni dengan strategi yang tepat, bukan tidak mungkin bahwa usaha baju muslim ini akan menjadi usaha tetap Anda. Meskipun tidak lebaran, baju muslim masih tetap banyak diminati, terlebih jika model baju yang Anda tawarkan sesuai dengan selera pasar.

5. Hampers

Tidak hanya kue kering, Anda juga bisa membuka jasa pembuatan hampers ramadhan dan lebaran. Saat ini banyak orang yang saling bertukar hampers dengan saudara, sahabat, dan kerabat lainnya. 

Tawarkan hampers dengan isian yang menarik, seperti kue, cokelat, makanan ringan, atau perlengkapan ibadah. Hampers akan menjadi kado yang mengesankan bagi banyak orang, sehingga tampilan dan desain hampers perlu Anda perhatikan agar semakin menarik.

6. Perlengkapan Ibadah

Ide bisnis bulan Ramadhan berikutnya adalah menjual berbagai perlengkapan ibadah seperti mukena, sajadah, peci, baju koko, al quran, dan lainnya. Selama bulan puasa seperti ini, perlengkapan ibadah sangat dibutuhkan.

Setiap hari orang akan melakukan ibadah sunnah seperti sholat tarawih, tadarus dan lainnya. Oleh sebab itu, permintaan pasar akan perlengkapan ibadah sangat tinggi. Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk membuka bisnis baru.

7. Kurma 

Puasa sangat identik dengan buah kurma karena umat islam disunahkan untuk berbuka puasa dengan sesuatu yang manis seperti kurma. Itulah sebabnya, kurma bisa menjadi salah satu ide bisnis bulan Ramadhan yang menarik.

Anda bisa menjual kurma di depan rumah, keliling ke tetangga, atau menawarkannya melalui media sosial. Carilah distributor atau supplier kurma yang terpercaya agar kualitas dari buah kurma yang Anda jual selalu terjamin.

8. Ketupat Lebaran

Siapa sih yang tidak makan ketupat di hari raya? Ketupat sudah menjadi tradisi lebaran yang pasti ada di setiap keluarga. Tanpa adanya ketupat, momen lebaran seperti ada yang kurang. Oleh karena itu, Anda bisa menjajal bisnis ketupat lebaran dengan untung yang menjanjikan.

Untuk membuatnya, Anda membutuhkan modal yang sangat kecil. Namun Anda bisa menjualnya 2 hingga 5 kali lipat dari modal awal untuk momen lebaran ini. Itulah mengapa bisnis ketupat lebaran termasuk salah satu usaha dadakan selama puasa yang menguntungkan.

9. Agen Jasa Pengiriman

Belanja online selama bulan Ramadhan dan menjelang lebaran memiliki tren yang terus naik. Keinginan orang untuk belanja online semakin besar, mulai dari membeli baju hingga makanan. Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk membuka bisnis agen jasa pengiriman seperti SAP Express.

Agen pengiriman SAP Express menggunakan sistem kemitraan yang terjangkau sehingga menguntungkan bagi semua pihak. Hanya dengan modal minim, Anda bisa memiliki agen jasa pengiriman yang melayani berbagai paket di seluruh Indonesia hingga luar negeri. Menariknya usaha ini bisa terus berlanjut menjadi usaha tetap Anda setelah Ramadhan berlalu.

Itulah berbagai ide bisnis bulan Ramadhan yang bisa Anda jajal dengan memanfaatkan momen puasa. Dengan strategi bisnis yang handal, bukan tak mungkin usaha tersebut akan terus berkembang hingga seterusnya menjadi usaha tetap Anda. Jadi, mana ide bisnis yang akan Anda jajal?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *