Bisnis

5 Ide Bisnis Ramah Lingkungan yang Layak Dicoba, Pebisnis Wajib Tahu!

bisnis ramah lingkungan

Bisnis ramah lingkungan makin dilirik oleh para pebisnis masa kini. Pasalnya, bisnis masa kini tidak hanya fokus pada keuntungan saja, melainkan juga berorientasi pada lingkungan. Bisnis ramah lingkungan atau green business merupakan bisnis yang fokus pada pengurangan dampak lingkungan, artinya bisnis tidak boleh menimbulkan dampak yang buruk bagi lingkungan. 

Salah satu caranya adalah dengan melakukan pengolahan limbah, menekan jumlah bahan bakar, dan lainnya sehingga tidak menimbulkan dampak yang merugikan lingkungan. Tentunya bisnis dengan model seperti ini tidak hanya dicintai masyarakat sekitar saja, namun juga diincar oleh para konsumen.

Nah, bagi Anda yang penasaran ingin tahu apa saja ide bisnis ramah lingkungan yang menguntungkan, yuk simak ulasan berikut ini!

Ide Bisnis Ramah Lingkungan

Seperti yang dibahas sebelumnya, bisnis ramah lingkungan saat ini sedang naik daun. Bisnis yang berorientasi pada lingkungan ini tentu memberikan dampak positif pada lingkungan sekitar. Penasaran apa saja contohnya? Berikut daftarnya.

Baca Juga : Wajib Tahu, Ternyata Ini Pentingnya Membuat Video Unboxing Bagi Pebisnis!

1. Bisnis Baju Bekas

Salah satu ide bisnis ramah lingkungan yang trend saat ini adalah bisnis baju bekas atau thrift shop. Bisnis ini tergolong ramah lingkungan karena bisa memperpanjang waktu penggunaan sebuah baju. Bahkan baju yang awalnya sudah tidak dapat terpakai lagi, bisa dimanfaatkan, dijual, dan dipakai lagi oleh orang lain. 

Perlu Anda ketahui bahwa limbah dari baju atau pakaian ternyata cukup besar. Pakaian yang dibuang dapat menghasilkan efek rumah kaca sehingga mempengaruhi ekosistem lingkungan. Nah, dengan menjual pakaian bekas, Anda bisa mengurangi dampak buruk lingkungan dan memperoleh keuntungan melalui bisnis ini.

2. Bisnis Buah dan Sayuran Organik

Selanjutnya, Anda juga bisa menjajal bisnis buah dan sayuran organik yang juga ramah lingkungan. Tak hanya aman bagi lingkungan, bisnis ini juga banyak dicari konsumen karena menyehatkan. Nah, ketika Anda menjajal bisnis ini, Anda sedang mengusahakan kesehatan banyak orang sekaligus melestarikan lingkungan.

Bisnis buah dan sayuran organik dilakukan dengan memanfaatkan pupuk organik dalam proses penanamannya. Buah dan sayur juga tidak disemprot menggunakan bahan kimia yang membahayakan kesehatan dan lingkungan. Harga jual produk juga akan lebih mahal karena menyehatkan. Tentu ini merupakan lini bisnis yang menarik bukan?

3. Bisnis Aksesoris dari Barang Bekas

Ide bisnis ramah lingkungan berikutnya adalah bisnis aksesoris dari barang bekas. Dalam hal ini, Anda dapat memanfaatkan barang bekas tak terpakai seperti plastik botol, kain perca dan lainnya untuk disulap menjadi aksesoris cantik. Tak disangka, peminat aksesoris seperti ini ternyata cukup banyak!

Bisnis ini tergolong ramah lingkungan karena berhasil memanfaatkan barang yang pada awalnya akan dibuang. Ketimbang terbuang menjadi limbah yang berdampak pada lingkungan, lebih baik dibuat produk yang layak jual bukan?

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Video Iklan Produk dan Cara Membuatnya

4. Bisnis Katering Sehat

Saat ini banyak orang yang sudah mulai tersadar akan pentingnya menjaga kesehatan. Salah satunya adalah lewat makanan. Makanan yang diolah dengan baik menggunakan bahan yang sehat kini banyak dicari orang. Namun banyak dari mereka yang tidak memiliki waktu untuk mengolahnya. Nah, hal ini bisa menjadi lahan bisnis Anda untuk membuat katering sehat.

Anda bisa memasak menggunakan bahan baku yang sehat, tanpa MSG, dan juga pengawet. Ditambah dengan bumbu alami yang lezat, katering sehat bisa Anda tawarkan. Jangan lupa untuk memanfaatkan media promosi yang menarik untuk menjangkau pasar yang lebih luas. 

5. Bisnis Furniture Bekas

Furniture seperti meja, kursi, sofa, tempat tidur, dan lainnya merupakan barang yang masa pakainya panjang. Namun tidak sedikit orang yang kerap mengganti furnitur di rumahnya lantaran sedikit rusak atau bosan. Padahal, jika tumpukan furniture bekas ini menjadi sampah, akan berdampak buruk bagi lingkungan.

Nah, Anda bisa memanfaatkan hal ini menjadi ide bisnis yang menggiurkan. Anda bisa menjual furniture bekas dengan cara memolesnya terlebih dahulu agar tampak baru. Jika ada sedikit kerusakan, bisa Anda perbaiki atau desain ulang sesuai trend masa kini. Peluang usaha ini cukup menjanjikan dengan profit lumayan, lho!

Itulah 5 ide bisnis ramah lingkungan yang bisa Anda jajal sekarang juga. Bisnis yang ramah lingkungan akan berdampak baik bagi lingkungan sekitar. Tentunya konsumen juga akan lebih  nyaman menggunakan produknya. So, ide bisnis mana yang ingin Anda jajal?

1 Comment

  • diandra daffa 28 November 2023

    bisnis dari bambu juga oke loh gais, barusan liat manfaatnya disini https:||hubstler.com|peralatan-makan-bambu-kenapa-dan-manfaat-menggunakannya/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *