Bisnis

12 Ide Jualan Makanan Online yang Kreatif dan Menguntungkan

ide jualan makanan online

Ide jualan makanan online  dapat menjadi salah satu opsi yang dapat Anda pilih untuk memulai bisnis. Terutama bagi Anda yang memiliki minat atau ketertarikan terhadap bidang kuliner. Selain itu, usaha online ini dapat Anda lakukan dirumah sehingga dapat menghemat biaya operasional. Pasalnya, tidak perlu membayar sewa ruko atau tempat usaha.                             

Ide Jualan Makanan Online yang Laris dan Kekinian

Ada beberapa ide jualan makanan online modal kecil yang dapat Anda pilih, tetapi untuk lebih memudahkan dalam berjualan, pilihlah jenis usaha yang sudah Anda ketahui target marketnya. Sehingga Anda pun akan lebih mudah dalam menentukan strategi pemasaran, memilih kemasan, dan lain sebagainya, Adapun untuk ide jualan yang direkomendasikan adalah sebagai berikut!

Baca Juga : Ide Kemasan Ramah Lingkungan untuk Produk Bisnis Anda

1.      Aneka Keripik

Ide jualan online makanan pertama yaitu keripik yang tidak lain menjadi salah satu cemilan banyak orang. Untuk rasanya pun cukup beragam, dari mulai asin sampai dengan manis. Makanan satu ini memiliki karakteristik renyah dan cocok dilidah orang Indonesia.

Bahakn cocok untuk menemai berbagi macam acara, dari mulai mengobrol dengan teman, nonton, dan lain sebagainya. Untuk jenis keripik nya sendiri yaitu pisang, kentang, ubi, dan lain sebagainya. Bahkan di era yang sekarang kripik ini makin banyak jenisnya.

Seperti halnya keripik nangka, bayam, kapel, kangkung, dan lain sebagainya.  Maka jika Anda ingin ide jualan makanan online kekinian, jenis usaha ini cocok untuk Anda coba. Keunggulan lain dari makanan satu ini yaitu memiliki daya tahan yang jauh lebih lama daripada makanan basah.

2.      Makaroni, Baso Goreng, dan Camilan Asin Lainnya

Ide jualan makanan online terlaris ini menjadi salah satu cemilan favorit, terutama bagi Anda muda. Hal ini karena rasanya pun bervariasi, terlebih jika makanan tersbieas memiliki rasa yang pedas. Selain itu, usaha makanan satu ini pun cenderung membutuhkan modal yang tidak terlalu banyak, terutama jika Anda membelinya langsung dari supplier pertama.

Apabila Anda ingin menambahkan rasa lainnya, sebaiknya untuk membeli produk dengan rasa original. Sehingga ketika akan bereksperimen mengenai rasa, akan jauh lebih mudah untuk Anda lakukan. Seperti halnya menambahkan rasa keju, barbeque, dan lain sebagainya.

 Ide jualan online makanan kekinian ini dapat Anda pasarkan melalui sosial media atau platform yang paling banyak digunakan oleh target market yang Anda tuju.

3.      Seblak

Apakah Anda sedang mencari ide jualan makanan online untuk pemula  dan ingin membuatnya sendiri? Maka jika begitu, ide satu ini cocok untuk Anda coba. Bahkan makan sati ini sudah tidak asing lagi terdengar di Indonesia Sehingga hampir semua orang mengetahuinya.

 Makanan yang populer di Bandung ini sendiri memiliki karakteristik rasa asin dan pedas. Selain itu, tekstur dari makanan ini pun cukup unik. Hal ini karena seblak tidak hanya menggunakan satu jenis bahan saja. Adapun bahan dasarnya yaitu kerupuk, sayuran, telur, mie, dan lain sebagainya.

Bahkan sekarang sudah ada tambahan topping seperti halnya ceker ayam, sayap ayam, sosis, dan lain sebagainya. Namun, untuk ide jualan makanan online modal kecil pilihan topping akan disesuaikan dengan pemilik kedai. Makan ini pun memiliki kuah yang lezat bahkan ada beberapa orang mengkonsumsinya dengan nasi.

4.      Salad Buah

Makanan satu ini memiliki rasa yang segar, asam, gurih, dan manis. Sehingga tidak heran apabila banyak orang yang menyukai makanan satu ini. Terutama bagi yang tinggal didaerah iklim tropis.  Tidak hanya menyegarkan, makanan satu ini pun ternyata mampu untuk memberikan rasa kenyang.

Akan tetapi, usaha  untuk engkos suaminya saat sudah makan, terlebih untuk Anda yang memiliki riwayat penyakit, seperti halnya maag. Ide jualan makanan online kekinian modal kecil dapat Anda lakukan di rumah saja dan menggunakan pemasaran online.

Untuk tetap menjaga kesehatannya, sebaiknya mengkonsumsi makan atau ini hanya setelah  atau sarapan, bahkan lebih baik lagi saat dikonsumsi siang hari. Jualan makanan online yang laku setiap hari ini pun dapat Anda masukan ke dalam platform layanan jasa pengirim produk atau barang.

5.      Frozen Food

Apakah Anda sedang mencari ide jualan makanan online yang laris dan memiliki daya tahan yang lama? Jika iya, maka jenis makanan satu ini cocok untuk Anda coba. Untuk jenisnya sendiri yaitu berupa ikan, nugget ayam, banana nugget, bakso, daging ayam, sosis, sayuran, dan lain sebagainya. Selain itu, terdapat beberapa cemilan juga yang dapat Anda jual seperti halnya kentang, aneka tempura, snack kekinian, dan lain sebagainya.

6.      Kue Kering

Ide bisnis jualan makanan online berikutnya yaitu kue kering dengan aneka jenis. Dimana makanan ini sering kali mendapatkan permintaan yang banyak saat idul fitri, natal, maupun momen-momen tertentu. Tidak hanya itu saja, makanan ini pun dapat menemai waktu santai untuk menemani ngobrol dengan teman atau bahkan hanya sebatas menonton. Untuk jenisnya seperti putri salju, kue kacang, dan lain sebagianya.

7.      Dessert Box

Makanan penutup ini menjadi salah satu ide yang bagus karena akhir-akhir ini, dessert box sedang nik daun, terutama di kalangan anak muda. Karakteristik rasa dari makanan satu ini yaitu manis dan gurih, sehingga dapat memisahkan sensasi yang nikmat.

 Anda juga dapat mengeraskan makanan ini menjadi lebih unik dan enak lagi. Selain itu,selalu melakukan inovasi dan update informasi sesuai dengan target market. Sehingga bisnis makanan online untuk pemula dapat bertahan dan mendatangkan keuntungan bagi usaha Anda.

8.      Sambal

Ide jualan makanan online tahan lama ini  biasanya memiliki daya tahan sekitar 6 bulan. Namun, pastikan pula untuk selalu mencoba menemukan formula yang dapat membuat produk enak sekaligus menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. untuk variasi sambal yang Anda dapat dua yaitu sambel teri, sambel cumi asin, sambal ikan tongkol, dan lain sebagainya.

Bisnis online

9.      Kue Puding

Makna satu ini cukup mudah untuk dijual dan memiliki citarasa yang lezat, sehingga ide jualan makanan online terlaris ini cocok untuk Anda coba. Umumnya, kue ini memiliki tempat atau wadah yang kecil, sehingga dapat dibawa kemana-mana tanpa menghabiskan space.

 Anda dapat mencoba untuk menggunakan rasa coklat, mangga, dan lain sebagainya. Untuk lebih menarik, Anda dapat menambahkan toping di dalamnya. Misalnya, jika ingin menjual puding mangga, maka Anda dapat menambahkan potongan buah mangga di dalamnya.

10.  Rice Bowl

Salah satu ide jualan makanan yang laku setiap hari ini dapat Anda jual setiap pagi saat sarapan atau menjelang makan siang. Namun, jika Anda ingin menjualnya di dengan durasi waktu lama, itu memungkin untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak.

Namun, hal tersebut kembali lagi kepada target market yang Anda tuju.  Untuk lauknya sendiri Anda dapat menambahkan ayam sambal matah, udang krispi, dan lain sebagianya.

11.  Bahan Siap Masak

Ide jualan makanan online kekinian ini memang secara sekilas hampir sama dengan frozen, tepai bedanya bahan masakan akan disertai dengan bumbu. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi bingung mengenai bumbu apa saja untuk memasak bahan tersebut. 

Misalnya, Anda ingin memasak bakwan. Maka produk yang Anda dapatkan yaitu wortel, kol, tepung terigu, bumbu putih dan merah yang halus, dan Masako. Dengan begitu, akan jauh lebih mudah dalam membuatnya, bukan?

12.  Makanan Sehat / Makanan Diet

Makanan satu ini menjadi salah satu jualan yang laris, terutama jika nantinya Anda akan memasarkan di daerah perkotaan. Biasanya, orang yang menjadi target market produk ini yaitu seseorang yang hendak diet atau ingin menurunkan berat badan. Dengan begitu, pastikan pula bahwa Anda memahami bahan sampai dengan cara penyajiannya.

Baca Juga : Inspirasi Ide Hampers Natal yang Unik dan Berkesan untuk Diberikan

Strategi Promosi untuk Jual Makanan Online

Untuk memaksimalkan usaha yang Anda jalankan, maka perlu untuk memasarkan nya secara efektif. Adapun metodenya sendiri adalah sebagai berikut!

1.      Gunakan Website Sahabat Satria

Untuk memudahkan Anda dalam mengirimkan produk, maka dapat menggunakan layanan SAPX. Untuk jenis layanan sendiri bermacam-macam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen Anda. Dengan begitu, Anda pun tidak perlu repot-repot lagi dalam mengirimkan barang ke konsumen yang memiliki jarak yang agak jauh dengan Anda.

2.      Gunakan Sosial Media

Apapun pilihan yang Anda pilih, baik itu ide jualan makanan tahan lama, makanan sehat, rice bowl, dan lain bagiannya. Pastikan Anda telah memahami karakteristik target market. Sehingga nantinya, dapat memasarkan di sosial media jauh lebih mudah. Misalnya, ingin menjual produk X, maka sesuaikan lah tulisan maupun desain grafis sesuai dengan target market yang Anda tuju.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *