Bisnis

Ide Kemasan Ramah Lingkungan untuk Produk Bisnis Anda

kemasan ramah lingkungan

Kemasan ramah lingkungan merupakan salah satu bentuk usaha untuk melindungi bumi. Seperti yang telah diketahui bahwa sampah menjadi salah satu masalah lingkungan yang menjadikan beberapa bencana. Seperti halnya banjir, polusi tanah, polusi air, dan lain sebagianya.

Dimana salah satu penyumbang sampah tersebut berasal dari kemasan makanan atau produk yang berbahan plastik yang sulit terurai. Sehingga sampai 10 tahun kedepan, bisa jadi sampah tersebut masih belum terurai dengan baik sehingga menyebabkan berbagai masalah lingkungan.

Apa yang dimaksud dengan kemasan ramah lingkungan?

Kemasan yang ramah lingkungan adalah jenis kemasan yang berkelanjutan dan dapat membantu untuk mengurangi masalah pencemaran lingkungan. Hal ini karena packing tersebut terbuat dari bahan yang dapat terurai dengan mudah di alam.

Baca Juga : Pentingnya Desain Kemasan Produk Untuk Menarik Minat Konsumen

Selain itu, penggunaan kemasan seperti ini pun dianggap menjadi kelebihan tersendiri bagi pelaku usaha dimata konsumen. Pasalnya, tidak hanya mementingkan keuntungan semata, tetapi dampak lingkungan. Dengan begitu, jika menggunakan kemasan seperti ini, maka secara tidak langsung Anda telah ikut serta dalam kontribusi menjaga lingkungan dengan baik.

Apa Saja Kemasan Yang Ramah Lingkungan?

Bagi Anda yang telah mempertimbangkan dengan matang untuk menggunakan kemasan dengan jenis ini, maka ada beberapa rekomendasi yang dapat dicoba. Untuk lebih jelasnya, simak beragam jenis kemasan ramah lingkungan berikut ini!

1.      Food Pail

Kemasan yang ramah lingkungan ini dikenal pula dengan rice box yang dikhususkan untuk produk makanan. Selain itu, terdapat beberapa ukuran yang tersedia diantaranya adalah L, M, dan S. Sehingga Anda dapat menyesuaikan wadah yang sesuai dengan produk yang hendak dijual nantinya. Selain itu, jika ingin menggunakan desain yang mencantumkan logo ataupun sesuai dengan kebutuhan bisnis.

2.      Paper Food Tray

Salah satu contoh kemasan ramah lingkungan yang dapat Anda gunakan yaitu paper food tray. Kemasan ini sendiri berupa nampan. Adapun perbedaannya dengan food box yaitu kemasan ini tidak memiliki penutup sehingga cocok untuk mengemas makanan yang siap untuk disantap saat itu juga. Adapun contoh penggunaan dari kemasan ini yaitu untuk makanan sosis bakar, kentang goreng, mie goreng, dan lain sebagianya.

3.      Paper Bag

Kemasan produk ramah lingkungan ini memiliki bentuk seperti halnya kantong tas. Adapun untuk penggunaan sendiri untuk mengemas produk makanan maupun fashion. Untuk produknya sendiri yaitu untuk bungkus roti, kemeja, dan kentang goreng.

4.      Snack Box

Kemasan satu ini menjaga kualitas makanan sehingga tidak mudah untuk terkontaminasi dari udara luar. Selain itu, kemasan ramah lingkungan untuk keripik dan sering digunakan oleh jasa catering, seminar, bakery, dan lain sebagainya.

5.      Paper Bowl

Bahan kemasan ramah lingkungan memiliki bentuk yang menyerupai mangkok, tetapi terbuat dari kertas dan dapat Anda gunakan untuk produk makanan yang berkuah maupun panas. Anda pun tidak perlu khawatir akan  makanan akan bocor atau cepat dingin.

Hal ini karena kemasan terbuat terbuat dari bahan tahan panas maupun rembes sehingga aman untuk digunakan. Maka tidak heran apabila banyak digunakan oleh pemilik seblak, chinese food, bisnis soto, dan lain sebagianya. Untuk ukurannya sendiri tersedia sekitar 800 ml dan 650 ml.

6.      Gable Box

Selain 5 contoh kemasan ramah lingkungan di atas,  ada juga yang khusus untuk pengemasan cake atau kue dengan tampilan premium.  Adapun contoh dari kemasan ini yaitu yang sering digunakan untuk produk cupcake roti, truffle, cookies, dan lain sebagainya. Selain itu, kemasan seperti ini  pun memberikan kesan elegan.

Bisnis online

7.      Kemasan Kardus / Karton Box

Kemasan minuman ramah lingkungan  ini biasanya sering digunakan untuk membukus maupun packing paket. Biasanya, jumlah produknya pun cukup banyak dan kemasan ini pun memiliki bahan yang cukup kuat. Seperti hanya untuk spare part, mie instan, air mineral, dan lain sebagainya.  

Dengan begitu, resiko terjadinya kerusakan karena guncangan dapat diminimalisir. Namun, pastikan untuk menyesuaikan ukurannya dengan produk yang akan Anda kemas nantinya.

8.      Kemasan Berbahan Kayu atau Bambu

Kemasan ini biasanya digunakan untuk menyimpan makanan tradisional dengan lebih aman dan menjaga citarasa dari produk tersebut. Dimana hal ini menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang sering menggunakan styrofoam dan plastic. Salah satu contoh kemasan makanan ramah lingkungan  yaitu besek yang digunakan untuk tape singkong khas Bandung.

9.      Food Container

Kemasan ramah lingkungan untuk makanan ini paling sering digunakan untuk menjaga produk tetap aman saat pengiriman. Bahkan hampir semua pelaku usaha yang bergerak dalam bisnis online menggunakan kemasan ini. Tidak hanya itu saja, packing ini pun menggunakan berbagai bahan yang cukup aman apabila bersentuhan dengan makanan.

10.  Biofoam dari Serat Tumbuhan

Kemasan yang langsung bersentuhan dengan produk ini akan tetap aman  karena terbuat dari PLA  (polylactic acid) dan terdapat beberapa campuran serat alami yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Anda juga dapat menggugurkan biopam secara berulang meskipun masa simpanya terbilang cukup pendek. Selain itu, packing ini pun dapat mudah terurai atau didaur ulang..

11.  Tas Berbahan Blacu / Canvas

Bahan kemasan ini sering digunakan untuk pengemasan beberapa produk bahkan sering digunakan sebagai tas belanja. Untuk daya tahannya pun cukup kuat dan dapat digunakan berulang kali. Selain itu, tas dengan bahan ini pun memiliki beragam jenis desain dan menjadi salah satu kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan.

Baca Juga :Ini Dia Fungsi Kemasan Produk yang Perlu Anda Tahu

12.  Cassava Bag

Kemasan ini hampir terlihat seperti halnya kantong plastic pada umumnya. Hanya saja, teksturnya lebih lembut dan terbuat dari serat singkong. Sehingga akan sangat mudah untuk dapat terurai daripada kantong yang terbuat dari plastik.

Dengan begitu, lingkungan pun tidak akan tercemar sehingga  aman untuk digunakan.  Anda juga dapat menggunakna kemasan ramah lingkungan pengganti plastic untuk toko onlinemu.  Adapun untuk ukurannya sendiri yaitu beragam, sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

13.  Tas Reusable

Kemasan ini dapat menjadi salah satu usaha untuk menjaga lingkungan sekitar tetap terlindungi dari sampah yang susah terurai. Selain itu, tas ini pun dapat dengan mudah konsumen cuci dan digunakan untuk berulang kali. Tidak hanya itu saja, tas ini pun dapat menjadi salah satu bentuk branding untuk usaha Anda.

Keuntungan Menggunakan Kemasan ramah Lingkungan Untuk Bisnis Online

Ada beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan nantinya, salah satunya adalah mencegah kerusakan alam dengan cara mengurangi jumlah sampah.  

Bahkan dapat menjadi salah satu bentuk investasi jangka panjang yang dampak baiknya nanti dapat dirasakan oleh keturunan kita. Tidak hanya itu saja, kemasan ini pun dapat membantu Anda untuk meningkatkan nilai dari sebuah produk maupun brand. Kemasan ramah lingkungan antara lain yaitu food pail, paper bag, snack box, gable box, cassava bag, dan lain sebagianya. Selain itu, pastikan untuk menemukan kemasan yang cocok dengan produk yang Anda jual. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *