Logistik

Ini 5 Keuntungan Sewa Gudang yang Perlu Anda Tahu

sewa gudang

Gudang merupakan salah satu kebutuhan yang cukup krusial bagi sebuah usaha, terlebih jika usaha Anda di bidang produksi maupun manufaktur. Gudang menjadi tempat penyimpanan stok barang, baik barang yang akan masuk maupun keluar. Meskipun demikian, membeli lahan untuk membangun gudang baru sepertinya membutuhkan biaya banyak. Untuk itulah, sewa gudang bisa menjadi pilihan. Keuntungan sewa gudang pun cukup banyak sehingga bisa menjadi pertimbangan.

Lantas apa saja keuntungan sewa gudang bagi sebuah usaha? Berikut ulasannya.

Keuntungan Sewa Gudang

Terdapat beberapa keuntungan sewa gudang yang bisa Anda Anda pertimbangkan untuk kelangsungan usaha Anda, antara lain:

1. Hemat Biaya

Dengan menyewa gudang, Anda bisa menghemat biaya cukup banyak. Anda tidak perlu membeli lahan atau membangun gudang. Terlebih jika usaha Anda sedang dirintis, sewa gudang bisa menjadi pilihan tepat. Anda bisa mengalokasikan budget yang terbatas untuk kepentingan lain ketimbang membangun gudang. Anda pun bisa lebih leluasa dalam mengatur modal karena tak perlu banyak biaya untuk urusan gudang.

Baca Juga : Sudah Tahu Resi Gudang? Inilah Arti, Manfaat, dan Contohnya!

2.  Bebas Biaya PBB

Keuntungan sewa gudang berikutnya adalah tidak perlu membayar PBB. Ketika Anda membangun gudang sendiri, ada banyak biaya lain yang perlu dipikirkan, salah satunya adalah pajak. Berbeda ketika Anda menyewa gudang, beban pajak akan dibebankan pada si pemilik gudang. Anda hanya cukup membayar sewa gudang saja.

3. Minim Biaya Perawatan

Dengan menyewa gudang, Anda tidak perlu memikirkan biaya perbaikan dan perawatan. Umumnya, soal perawatan dan perbaikan akan ditanggung oleh si pemilik gudang. Anda cukup menggunakan gudang saja tanpa perlu memikirkan biaya perbaikannya jika terjadi kerusakan pada gudang tersebut.

4. Bisa Pindah Kapan Saja

Ada banyak keuntungan sewa gudang dibandingkan kekurangannya, salah satunya adalah bisa pindah kapan saja setelah masa sewa habis. Saat bisnis Anda berkembang misalnya, Anda tentu membutuhkan gudang yang lebih besar sehingga kemungkinan untuk pindah cukup besar. Nah, tentu ini akan menguntungkan ketika Anda menyewa gudang karena bisa pindah kapan saja tanpa terpaku pada tempat yang sudah terlanjur dibeli dan dibangun.

Baca Juga : 7 Istilah Dalam Warehouse yang Populer Saat ini

5. Bebas Memilih

Berikutnya, Anda bisa memilih gudang yang cocok untuk bisnis Anda sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa memilih gudang yang tepat dari segi lokasi, layout, desain, dan juga harga. Anda yang menentukan sendiri mana gudang yang paling pas untuk menyimpan stok barang Anda. Sama seperti poin sebelumnya, Anda tak terpaku pada satu gudang saja. 

Apakah Sewa Gudang Sangat Penting dalam Bisnis?

Bisa dibilang, sewa gudang sangat memudahkan bisnis Anda karena dapat menyimpan stok barang dengan mudah tanpa harus keluar biaya besar. Anda bisa menekan biaya cukup banyak sehingga keuntungan perusahaan pun semakin meningkat. Tak hanya itu, sewa gudang juga dapat melancarkan distribusi barang Anda, baik barang masuk maupun keluar. JIka Anda tidak memiliki modal lebih untuk membangun gudang, sewa gudang bisa menjadi pilihan tepat.

Nah, itulah 5 keuntungan sewa gudang yang perlu Anda pertimbangkan dalam bisnis Anda. Meskipun memiliki modal besar sekalipun, modal tersebut bisa dialokasikan untuk hal lain jika Anda memutuskan untuk sewa gudang saja. Namun pilihan tetap berada pada Anda tentunya. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *