Bisnis

Ini Dia Fungsi Kemasan Produk yang Perlu Anda Tahu

fungsi kemasan

Apakah setiap membeli produk Anda selalu memperhatikan kemasannya? Ya, pada faktanya memang kemasan sebuah produk akan dilirik oleh konsumen pertama kali. Saat kemasan produknya baik, maka kemungkinan konsumen untuk membeli produk akan semakin besar. Terlebih jika kemasan terbuat dari bahan yang berkualitas, maka nilai produk pun akan semakin meningkat.

Jika zaman dahulu kemasan hanya digunakan sebagai wadah saja, kini fungsi kemasan produk semakin kompleks. Nah, untuk Anda yang penasaran mengenai apa saja fungsi kemasan produk, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

1. Identitas Produk

Fungsi kemasan produk yang pertama adalah sebagai sebuah identitas. Kemasan dapat mewakili identitas atau brand dari sebuah produk. Hal ini dikarenakan warna, bentuk, serta ukuran kemasan yang bisa dipastikan tidak sama, mampu membedakan sebuah produk satu dengan produk yang lain.

Baca Juga : Begini Tips Membuat Desain Kemasan Produk Agar Menarik Perhatian Konsumen

Branding produk pun semakin tampak dari adanya kemasan tersebut. Pada kemasan dapat ditambah dengan label yang berisi tulisan atau informasi tertentu. Inilah yang membuat kemasan produk dapat dijadikan sebagai alat untuk transfer informasi dari pemilik produk ke konsumen.

2. Keamanan Produk

Fungsi kemasan produk selanjutnya adalah sebagai keamanan produk. Pada kemasan tidak hanya tercantum nama merek saja, namun juga tanggal kadaluarsa serta risiko produk. Para konsumen pun bisa memastikan keamanan produk dari kemasan tersebut.

Tidak hanya itu, terdapat juga label halal, P-IRT, BPOM, serta SNI yang bisa meyakinkankan konsumen jika produk tersebut memang terpercaya. Jadi tidak hanya menjamin keamanan produk, namun juga tingkat mutu dan kualitas tercermin dari kemasan produk.

3. Keawetan Produk

Perlu Anda ketahui bahwa fungsi utama dari kemasan produk adalah melindungi isi produk dari segala bentuk kerusakan. Baik kerusakan saat pengiriman, penyimpanan, maupun lainnya. Kemasan juga melindungi isi produk dari paparan panas, ultraviolet, udara kotor, serta mikroba lain yang berpotensi merusak produk. Disinilah fungsi kemasan produk untuk menjaga kualitas dan juga keawetan produk.

4. Efisiensi Produk

Fungsi kemasan produk lainnya adalah menjaga efisiensi produk. Jadi saat produk dikemas, akan mempermudah proses distribusi produk dari produsen ke distributor, reseller, konsumen, dan lainnya. Kemudahan ini mempengaruhi kecepatan produk untuk sampai ke tangan konsumen. Alhasil, konsumen akan menerima produk dengan kualitas dan keamanan yang terjamin.

Baca Juga : Begini Cara Membangun Branding dengan Mudah

Nah, itulah beberapa fungsi kemasan produk yang perlu Anda tahu. Kemasan produk memiliki fungsi yang kompleks, mulai dari menawarkan daya tarik, keamanan dan kualitas produk, serta efisiensi. Jadi pastikan Anda menggunakan kemasan produk yang tepat untuk menjamin kualitas produk Anda, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.