SAPedia

Intip Perbedaan Cargo dan Reguler pada Jasa Ekspedisi Berikut Ini

perbedaan cargo dan reguler

Jasa ekspedisi saat ini mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Kebutuhan untuk mengirim barang dari satu kota ke kota lainnya semakin meningkat. Terlebih, di era pandemi ini, banyak orang yang mulai nyaman berbelanja via online saja. Alhasil, kehadiran jasa ekspedisi semakin dibutuhkan.

Namun sayangnya, tidak semua orang paham apa saja jenis layanan yang disediakan ekspedisi. Seperti layanan reguler dan cargo misalnya. Masih ada beberapa orang yang bingung saat memilih layanan apa yang cocok untuk kebutuhannya.

Nah, pada artikel ini, SAP Express akan membahas lebih lanjut tentang perbedaan cargo dan reguler pada layanan ekspedisi. Meskipun sama-sama bisa mengirim barang, namun tentu keduanya berbeda. Lantas apa saja bedanya? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Pengiriman Cargo

Cargo adalah layanan ekspedisi barang yang lebih mengutamakan pengiriman dalam jumlah besar. Umumnya terdapat berat minimum yang harus dicapai untuk dapat mengunakan jasa ini, yaitu 10 kilogram. Meskipun demikian, berat minimum ini juga tergantung dari pihak ekspedisi.

Ada kelebihan yang ditawarkan oleh cargo, yaitu harga atau ongkos yang lebih murah dibandingkan dengan pengiriman biasa. Namun pada pengiriman cargo, umumnya tidak memberikan layanan antar jemput barang sehingga Anda perlu mengantar atau menjemput sendiri barang kiriman Anda.

Apa Itu Pengiriman Reguler

Kebalikan dari cargo, pengiriman reguler ditujukan untuk barang atau benda dalam jumlah kecil. Dalam hal ini, tidak ada berat minimum atau syarat tertentu jika ingin menggunakan jenis pengiriman ini.

Umumnya, pengiriman reguler menyediakan layanan antar jemput barang sehingga Anda tidak perlu datang langsung ke gerai ekspedisi. Namun, harga dari ekspedisi ini sedikit lebih mahal dari cargo karena dihitung per kilogramnya.

Baca juga: Ternyata Begini Cara Packing Barang dengan Aman, Olshop

Perbedaan Cargo dan Reguler

Nah, untuk memperjelas apa perbedaan cargo dan reguler pada jasa ekspedisi, Anda bisa melihat pada beberapa poin berikut ini.

1. Dilihat dari Jenis Barangnya

Perbedaan utama antara ekspedisi cargo dan reguler terletak pada jenis barangnya. Cargo menekankan pada pengiriman barang dengan jumlah yang besar. Cargo juga melayani pengiriman barang berat. 

Sedangkan pada pengiriman reguler, jenis barang yang diterima umumnya adalah barang dalam satuan kecil. Pengiriman ini cocok untuk Anda yang hendak mengirim pakaian, sepatu, atau benda lainnya dalam jumlah kecil.

2. Dilihat dari Ada Tidaknya Minimum Berat

Dilihat dari minimum beratnya, cargo dan reguler juga berbeda. Pada pengiriman cargo, terdapat minimum berat yang harus dipenuhi. Mengenai berapa minimum beratnya, setiap ekspedisi menentukan jumlah yang berbeda.

Sedangkan pada pengiriman reguler, tidak terdapat minimum berat yang disyaratkan. Anda diperbolehkan mengirim barang dengan berat berapapun. 

Baca juga: Belum Banyak yang Tahu, Ini Cara Menggunakan Bubble

3. Dilihat dari Tarifnya

Perbedaan cargo dan reguler selanjutnya terletak pada tarifnya. Karena umumnya cargo menetapkan jumlah minimum berat barang yang besar, maka tarifnya menjadi lebih murah. 

Sebaliknya, tarif pengiriman reguler lebih mahal karena jumlah barang yang dikirim dihitung berdasarkan berat satuannya. Untuk itulah, pengiriman cargo lebih disarankan untuk Anda yang mengirimkan barang dalam jumlah besar.

4. Dilihat dari Waktu Pengirimannya

Meskipun tarifnya murah, namun pengiriman cargo memiliki estimasi waktu yang lebih lama. Dalam hal ini ekspedisi cargo menggunakan angkutan besar seperti truk atau kapal untuk mengangkut barang. Mengingat jumlah barang yang lebih banyak serta berat, maka tidak heran jika waktu pengirimannya cukup lama.

Sedangkan pada jasa pengiriman reguler, waktu yang dibutuhkan lebih singkat. Hal ini dikarenakan ekspedisi jenis ini menggunakan pesawat terbang dalam proses pengiriman barang.

Nah, itulah perbedaan cargo dan reguler pada ekspedisi atau pengiriman barang yang perlu Anda tahu. Pada intinya, cargo lebih cocok untuk Anda yang ingin mengirim barang yang berat atau dalam jumlah besar. Sedangkan reguler lebih cocok untuk Anda yang hendak mengirim barang satuan saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.