Logistik

Kargo: Pengertian, Jenis dan Tips Melakukan Pengirimannya

pengiriman kargo

Ingin mengirim barang dalam jumlah cukup banyak dan besar? Menggunakan pengiriman kargo bisa menjadi pilihan yang terbaik. Pengiriman barang jenis ini bisa digunakan untuk mengirim barang dalam jumlah besar baik ke dalam maupun luar negeri dengan tarif yang lebih murah jika dibandingkan dengan pengiriman reguler.

Seiring perkembangan bisnis online yang semakin meningkat, kebutuhan akan jasa pengiriman barang juga semakin tinggi. Tidak heran jika bisnis pengiriman barang atau jasa ekspedisi saat ini semakin banyak pilihan dengan berbagai jenis layanan yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, termasuk pengiriman kargo.

Lalu apa itu pengiriman kargo dan apa bedanya dengan pengiriman reguler? Yuk, simak ulasan berikut!

Apa itu Pengiriman Kargo

Pengiriman kargo merupakan layanan jasa pengiriman barang dengan ukuran besar dan memiliki tujuan jauh. Biasanya berat minimum untuk bisa menggunakan layanan ini adalah 10 kg. Layanan ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin melakukan pengiriman barang antar provinsi maupun antar negara dengan tarif yang lebih murah.

Baca Juga : 5 Cara Agar Paket Cepat Sampai Dengan Aman

Perbedaan Pengiriman Reguler dan Kargo

Pengiriman reguler mungkin lebih umum digunakan oleh masyarakat khususnya yang memiliki bisnis online. Namun apa sebenarnya perbedaan pengiriman reguler dan kargo itu? Ada banyak faktor yang menjadi pembeda antara pengiriman reguler dan kargo, antara lain:

1. Dimensi dan Berat Barang

Pengiriman reguler biasanya digunakan untuk barang yang memiliki ukuran kecil dan sedang. Sedangkan kargo digunakan untuk pengiriman barang yang memiliki dimensi besar dan bobot yang berat. Biasanya jasa ekspedisi memiliki persyaratan minimal barang yang bisa dikirim dengan layanan kargo.

2. Durasi Pengiriman

Pengiriman reguler biasanya digunakan untuk mengirim barang yang bersifat mendesak. Jasa ekspedisi reguler biasanya menawarkan pilihan layanan pengiriman barang dalam hitungan hari bahkan jam saja.

Sedangkan untuk pengiriman kargo membutuhkan waktu pengiriman yang lebih lama yaitu antara  3 hingga 15 hari. Hal ini karena pengiriman cargo menggunakan kendaraan darat dan laut untuk melakukan pengiriman barang. Dengan durasi yang cukup lama tersebut, mengharuskan Anda tahu Tips Melakukan Pengiriman Barang dengan benar agar sampai dengan aman.

3. Biaya

Biaya pengiriman barang dengan layanan reguler relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan layanan kargo. Perhitungan biaya pengiriman reguler berdasarkan perhitungan per kg. Sedangkan pada layanan kargo, perhitungan biaya berdasarkan berat minimum sehingga lebih hemat.

Jenis-Jenis Kargo

Ada beberapa jenis layanan pengiriman kargo yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, antara lain yaitu:

Berdasarkan Cara Pengiriman

  • Kargo darat: layanan pengiriman barang yang menggunakan jalur transportasi darat seperti kereta, mobil maupun truk
  • Kargo laut: layanan pengiriman barang yang menggunakan jalur transportasi laut untuk tujuan antar pulau atau antarnegara.
  • Kargo udara: layanan pengiriman barang yang menggunakan jalur udara sehingga prosesnya cukup cepat yaitu kurang lebih  hari saja

Berdasarkan Tipe Barang

  • Kargo umum: barang yang termasuk kargo jenis ini seperti suku cadang motor, alat rumah tangga, dll
  • Kargo khusus: barang yang termasuk seperti hewan hidup, jenazah manusia, dan barang berharga tinggi
  • Kargo berbahaya: barang yang termasuk seperti bahan peledak, cairan mudah terbakar, gas, zat beracun, bahan radioaktif, korosif, dan barang berbahaya lainnya

Baca Juga : Mengenal Apa itu Ekspedisi dan Manfaatnya, Yuk Simak!

Syarat Pengiriman Kargo

Untuk bisa menggunakan layanan pengiriman kargo, ada beberapa persyaratan penting yang perlu Anda siapkan, antara lain:

  • Nomor resi
  • Menandai paket
  • Sedang mengemas
  • Benda berbahaya
  • Surat pernyataan pengiriman barang
  • Pelabelan barang

Setiap barang yang akan dikirim via layanan kargo akan melewati beberapa proses seperti pengepakan, klasifikasi barang serta prosedur penerimaan barang oleh perusahaan pengiriman kargo.

Tips Melakukan Pengiriman Kargo

Jika Anda masih ragu pengiriman kargo apakah aman, maka pastikan tahu beberapa tips penting dalam melakukan pengiriman kargo seperti berikut ini:

1. Perhatikan Reputasi Perusahaan

Agar pengiriman kargo bisa berjalan dengan lancar dan aman, pilih opsi pengiriman kargo dari perusahaan yang terpercaya dan memiliki reputasi bagus. SAP Express merupakan salah satu perusahaan kargo yang memiliki reputasi baik dengan layanan yang juga baik.

2. Jangkauan Layanan

Pilih perusahan jasa pengiriman kargo yang memiliki jangkauan layanan yang luas. Agar lebih aman, pilih perusahaan kargo yang memiliki jangkauan luas termasuk untuk wilayah terpencil. SAP Express salah satunya yang memiliki jangkauan layanan luas.

3. Estimasi Waktu Pengiriman

Agar Anda tidak terus menunggu kepastian pengiriman kargo berapa hari, pilih perusahaan yang memiliki estimasi waktu pengiriman yang akurat.

4. Skema Tarif

Jangan lupa perhatikan skema tarif yang ditawarkan oleh jasa pengiriman kargo. Pilih perusahaan kargo yang memiliki perhitungan tarif jelas dan cenderung terjangkau.

Bagi Anda yang berkecimpung dalam industri perdagangan, sepertinya cukup penting untuk mengetahui pengiriman kargo apa itu jenis-jenisnya dan apa keuntungannya. Dengan menggunakan jasa kargo, pengiriman barang dalam jumlah besar tidak perlu khawatir lagi akan tarif yang mahal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.