Logistik

Kenali Asuransi Pengiriman Barang SAP Express, Wajib Tahu!

asuransi paket sap express

Dalam proses pengiriman barang tentunya pengirim menginginkan paketnya sampai dengan aman di alamat tujuan. Hal ini dikhawatirkan pengirim karena proses yang panjang dalam pengiriman. Agar paket kiriman aman sampai tujuan disarankan untuk menggunakan asuransi pengiriman.

Ketika anda ingin mengirimkan paket menggunakan SAP Express anda tidak perlu khawatir karena SAP Express menyiapkan asuransi untuk pengirimannya. Hal ini bermanfaat apabila terjadi kerusakan, kehilangan maupun kerugian selama proses pengiriman, pengirim tidak bertanggung jawab penuh terhadap barang yang dikirim.

Simak ulasan berikut tentang asuransi pengiriman barang di SAP Express.

Apa itu Asuransi SAP Express?

Asuransi SAP Express adalah asuransi yang memberikan perlindungan terhadap barang kiriman Anda. Asuransi pengiriman SAP Express dapat memberikan ganti rugi apabila saat proses pengiriman terjadi kehilangan atau kerusakan pada paket.

Baca juga: 5 Cara Agar Paket Cepat Sampai Dengan Aman

Asuransi pengiriman tersebut sangat penting terutama ketika mengirimkan paket yang mempunyai nilai barang tinggi, rentan terhadap kerusakan, dan terjadinya kehilangan. Terlebih jika pengiriman dilakukan ke luar kota ataupun ke luar negeri dan memakai jalur udara.

Syarat dan Ketentuan Asuransi SAP Express

Perlindungan asuransi pengiriman SAP Express sangat dianjurkan untuk jenis barang yang berpotensi mengalami kerusakan, seperti barang mudah pecah, elektronik, dan lain sejenisnya. Besaran ganti rugi disesuaikan dengan nilai barang. Berikut ini adalah beberapa syarat dan ketentuan yang disarankan untuk asuransi pengiriman SAP Express:

  • Barang yang mempunyai nilai diatas 1,5 juta
  • Biaya pengurangan sebesar 1,5 juta apabila barang pershipment dibawah 15 juta
  • Barang 15 juta keatas kena potongan klaim asuransi sebesar 10% dari nilai barang
  • Klaim asuransi hanya dapat direalisasikan sebesar 90% dari nilai barang yang diajukan klaim
  • Batasan waktu pengajuan klaim 2 x 24 jam sejak paket diterima

Contoh Perhitungan Biaya Asuransi Pengiriman SAP Express

Perhitungan biaya Asuransi SAP Express cukup mudah karena disesuaikan dengan nilai barang yang diasuransikan dan dikenakan biaya administrasi yang masih terjangkau. Berikut adalah contoh perhitungan biaya Asuransi pengiriman SAP Express:

Rumus Perhitungan Biaya Asuransi Pengiriman SAP Express:

Biaya asuransi SAP Express = (Nilai barang x 0,3% + biaya administrasi)

Contoh Perhitungan Asuransi SAP Express:

Customer mengirimkan kamera senilai Rp 8 juta. Mengikuti rumus di atas, maka biaya asuransi yang dikenakan pada nasabah adalah Rp 26.000.

Berikut contoh perhitungannya:

Rp 8.000.000 x 0,3% + Rp 2.000 = Rp 26.000

Baca juga: Inilah Tips Pengiriman Dokumen Penting yang Aman!

Contoh Perhitungan Klaim Asuransi Pengiriman SAP Express

Perhitungan klaim asuransi terbagi menjadi dua perhitungan hal ini dibedakan berdasarkan besaran nilai barang yang dikirimkan, yaitu:

Rumus Perhitungan Klaim Asuransi Pengiriman SAP Express:

  • Klaim asuransi pengiriman SAP Express apabila nilai barang dibawah 15 juta = Nilai Barang – Rp 1.500.000
  • Klaim asuransi pengiriman SAP Express apabila nilai barang diatas 15 juta = Nilai Barang – (Nilai Barang x10%)

Contoh Perhitungan Klaim Asuransi Pengiriman SAP Express Dibawah 15 Juta Rupiah:

Customer  mengirimkan laptop senilai Rp 10.000.000. Mengikuti rumus di atas, maka klaim asuransi yang diterima adalah Rp 8.500.000. Berikut contoh perhitungannya:

Rp 10.000.000 – Rp 1.500.000 = Rp 8.500.000

Contoh Perhitungan Klaim Asuransi Pengiriman SAP Express Diatas 15 Juta Rupiah:

Customer mengirimkan barang elektronik dengan nilai barang seharga Rp 20.000.000. Mengikuti rumus di atas, maka klaim asuransi yang diterima adalah Rp 18.000.000. Berikut contoh perhitungannya:

Rp 20.000.000 – (Rp 20.000.000 x 10%) = Rp 20.000.000 – Rp 2.000.000 = Rp 18.000.000

Syarat Klaim Asuransi Pengiriman SAP Express

Untuk melakukan klaim Asuransi pengiriman SAP Express sebaiknya dilakukan secepat mungkin, karena ada batasan waktu untuk pengajuan klaim. Pengajuan klaim asuransi dapat diajukan oleh pengguna atau nasabah yang namanya terdaftar dalam polis. Berikut adalah dokumen yang perlu disiapkan untuk pengajuan klaim.

  • Formulir klaim SAP Express
  • Bukti pembayaran premi
  • Sertifikat polis + nota debit
  • Invoice/kuitansi barang (piala)/Purchase order
  • Packing list SAP Express
  • Delivery order
  • Resi pengiriman/pickup
  • Surat jalan/AWB (Airway Bill)
  • Berita acara serah terima (dengan catatan kerusakan)
  • Berita acara kronologis pengiriman barang
  • Lampiran foto kerusakan
  • Surat klaim/tuntutan pengirim ke SAP Express
  • SIM dan STNK alat angkut
  • Foto kendaraan pengangkut
  • Catatan muatan diterima & bongkar/tally sheet

Baca juga: Ternyata Begini Cara Packing Barang dengan Aman, Olshop Wajib Tahu!

Cara Klaim Asuransi Pengiriman SAP Express

Cara melakukan klaim asuransi pengiriman SAP Express sebaiknya dilakukan sesegera mungkin setelah paket diterima. Berikut adalah langkah-langkah pengajuan klaimnya:

  1. Customer mengajukan klaim asuransi pengiriman SAP Express
  2. Customer service akan melakukan investigasi untuk mengetahui detail penyebab kejadian tersebut dengan waktu pengerjaan (SLA) sebagai berikut:
    • Area Jabodetabek dan kota besar proses pengerjaan selama 1-2 hari kerja
    • Area Non-Jabodetabek, kota kabupaten, dan kepulauan proses pengerjaan selama 3-5 hari kerja atau maksimal 7 hari kerja
    • Jika ada kendala dalam proses investigasi, pihak customer service SAP Express akan menginformasikan ke pihak asuransi pengiriman untuk meminta perpanjangan waktu kembali.
  3. Hasil investigasi keterlambatan, kerusakan, dan kehilangan dokumen atau paket akan diinformasikan oleh Customer Service SAP Express ke pihak asuransi pengiriman. Hasil investigasi bisa menyatakan:
    • Jika SAP Express terbukti sudah benar menjalankan prosedur pengiriman sesuai SOP dan case yang terjadi di internal pihak asuransi pengiriman atau nasabah penerima paket/dokumen, maka segala kerugian/complain yang timbul bukan menjadi tanggung jawab SAP Express.
    • Jika SAP Express terbukti salah dalam melakukan prosedur pengiriman yang tidak sesuai SOP, maka kerugian dan complain yang timbul menjadi tanggung jawab SAP Express dan penggantian dalam bentuk nominal akan mengikuti PKS (Perjanjian Kerja Sama) yang berlaku.
  4. Hasil investigasi akan diberikan dalam bentuk Berita Acara Pengiriman dan Surat Permohonan Maaf resmi dari SAP Express.
  5. Proses pengajuan klaim akan diinformasikan melalui email resmi SAP Express.
  6. Pihak asuransi pengiriman memberikan penjelasan untuk nilai nominal dan proses transfer biaya ganti rugi atas komplain melalui email.
  7. Proses pembarayan/transfer untuk penggantian biaya klaim dilakukan maksimal 14 hari kerja terhitung dimulai sejak berkas diterima oleh SAP Express.

Klaim dapat dilakukan dengan cara menghubungi customer service melalui live chat website SAP Express, call center di nomor (021) 2280 6611 atau (021) 2280 6612, dan bisa melalui email di cs@sap-express.com.

Batas maksimum pengajuan klaim paling lambat selama 2×24 jam dan proses klaimnya selama 30 hari kalender. Pengajuan klaim tidak akan diproses oleh pihak SAP Express apabila melebihi ketentuan 2×24 jam sejak paket atau barang yang seharusnya diterima.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *