Logistik

Ketahui Cara Mengembalikan Barang COD, Sangat Mudah!

cara mengembalikan barang cod

Pembayaran barang e-commerce saat ini bermacam-macam, salah satunya adalah dengan sistem COD (Cash On Delivery). Namun, mungkin ada kalanya Anda merasa barang yang diterima tidak sesuai dengan pesanan. Seperti contoh, ketika barang tidak sama dengan deskripsi produk. Dengan begitu, Anda bisa mengajukan pengembalian barang. Seperti apa prosedurnya? Begini cara mengembalikan barang COD dengan mudah. Yuk simak!

Apa itu COD?

Sebelum membahas mengenai cara-cara mengembalikan barang COD dengan mudah, mari kita pahami terlebih dahulu mengenai sistem COD dalam pengiriman barang. 

COD (Cash on Delivery) adalah sistem pembayaran barang di tempat ketika barang sudah sampai di lokasi Anda. Poin plusnya adalah Anda tidak perlu repot-repot ke ATM untuk membayar barang belanjaan Anda. Tunggu kurir datang ke rumah Anda, dan siapkan uang pas untuk membayar barang COD Anda. 

Ternyata sistem COD ini, sudah menjadi sistem pembayaran favorit di Indonesia. Buktinya, berdasarkan Statistik E-Commerce tahun 2020 (Badan Statistik), ada sebanyak 73,04 persen pembeli melakukan pembayaran barang melalui Cash On Delivery.  Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia masih banyak yang belum memiliki rekening bank. 

Demikian penjelasan singkat mengenai pengertian COD (Cash On Delivery). Untuk melakukan pengembalian barang COD, tentunya terdapat syarat tertentu sebelum Anda bisa mengembalikan barang. Seperti apa syaratnya? Simak di bawah ini. 

Baca Juga : Intip Cara Jualan COD di Facebook, Pasti Cuan!

Syarat Pengembalian Barang COD

Mungkin Anda pernah menerima barang COD yang tidak sesuai dengan pesanan. Nah, untuk itu Anda bisa melakukan pengembalian barang COD. Berikut adalah syarat yang perlu Anda perhatikan sebelum mengajukan pengembalian. 

1. Mengambil Video Unboxing 

Untuk bisa mengembalikan barang COD, Anda sebelumnya perlu memiliki video unboxing barang sebagai bukti. Pastikan video tersebut lengkap dari mulai membuka kemasan, hingga kelengkapan produk. Selain itu, Anda bisa mengambil video resi serta label pengiriman untuk menguatkan bukti. 

2. Perhatikan Batas Waktu Pengembalian

Untuk bisa mengembalikan barang COD, Anda perlu memperhatikan batas waktunya. Setiap e-commerce mungkin memiliki ketentuan yang berbeda. Oleh sebab itu, pastikan Anda melakukan pengembalian barang sebelum batas waktu berakhir. Seperti contoh, pada salah satu e-commerce yaitu Shopee, Anda perlu melakukan pengembalian barang dalam waktu 3×24 jam. Caranya cukup mudah, Anda bisa mengajukan pengembalian melalui aplikasi e-commerce dan menghubungi penjual.

Itulah dua syarat yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pengembalian barang COD. Lalu, apa saja dokumen yang perlu disiapkan? 

Dokumen Pendukung Pengembalian Barang COD

Agar pengembalian barang COD Anda diterima, Anda perlu mempersiapkan beberapa dokumen pendukung pengembalian barang COD, yaitu sebagai berikut:

  • Foto barang yang sudah di unboxing. Anda bisa siapkan sekitar 2 sampai dengan 3 foto. Pastikan tidak buram dan terlihat kondisi barang dengan jelas.  
  • Video unboxing dari awal sampai akhir.
  • Bukti screenshot chat dengan seller.

Tentunya dokumen yang diperlukan bisa berbeda, tergantung pada tempat e-commerce Anda membeli barang. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa chat dengan seller atau customer service mengenai dokumen pendukung yang diperlukan.

Baca Juga : Ternyata Begini Cara Melacak Paket Dari Luar Negeri

Alasan Pengembalian Barang COD

Sebelum Anda melakukan pengembalian barang COD, pastikan Anda mengetahui alasan pengembalian dengan jelas. Sertakan juga bukti video atau foto yang kuat agar permintaan Anda diterima oleh pihak seller. Berikut merupakan beberapa alasan pengembalian barang COD, antara lain:

  • Barang rusak
  • Produk yang diterima tidak lengkap/tidak sesuai pesanan
  • Produk salah kirim
  • Produk palsu

Cara Mengembalikan Barang COD

Berikut merupakan cara mengembalikan barang COD, yuk simak langkah-langkahnya!

  • Chat dengan seller untuk menginformasikan mengenai request pengembalian barang COD Anda di platform e-commerce. 
  • Ajukan permintaan pengembalian barang Anda melalui aplikasi e-commerce. Jika tidak ada, Anda bisa menghubungi customer service.
  • Ajukan pengembalian dan pilih alasan mengapa Anda ingin mengembalikan barang COD. 
  • Kirimkan bukti rekaman video unboxing dan foto kondisi barang. 
  • Apabila permintaan Anda diterima, Anda bisa langsung melakukan pengiriman kembali ke pihak seller. 

Nah, itulah pembahasan kali ini mengenai cara mengembalikan barang COD dengan mudah. Pastikan Anda mempersiapkan rekaman video saat unboxing, agar ketika salah barang atau rusak, Anda bisa dengan mudah melakukan pengembalian barang. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pengiriman barang dengan sistem COD, yaitu salah satu layanan SAP Express yang sudah menjangkau seluruh Indonesia. Hubungi kami lebih untuk mengetahui informasi lebih lanjut. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.