Logistik

Anda Khawatir Paket Nyasar? Coba Ini!

Paket Nyasar

Paket nyasar menjadi suatu hal yang ditakutkan oleh banyak konsumen yang berbelanja online. Terutama bagi mereka yang pertama kali melakukan transaksi ini. Sehingga penting untuk melakukan pengecekan alamat sebelum akhirnya Anda melakukan check out.

Cara Supaya Paket Tidak Menyasar

Siapa sih yang tidak ingin paketnya sampai ke tempat dengan tepat? Semua konsumen yang memesan barang online pasti menginginkan paketnya bisa sampai ke alamat mereka yang tepat. Namun, terkadang ada paket yang malah terkirim ke alamat lain.

Baca Juga : Cara Mengatasi Masalah Paket On Hold dengan Cepat dan Tepat

Tentu hal ini membuat Anda rugi?  Lalu bagaimana cara mengetahui paket nyasar? Terutama jika produk yang telah Anda pesan tersebut telah dibayar. Bahkan harga produk yang dipesan itu memiliki nominal yang  tinggi. Untuk mengatasi hal tersebut supaya tidak terjadi maka Anda harus memastikan bahwa alamat yang dimasukkan sudah benar. Dari mulai nomor rumah hingga provinsi. 

Alasan Paket Nyasar

Pasti Anda pernah mengecek alur pengiriman paket, bukan? Nah biasanya paket tersebut seolah-olah nyasar karena berada dalam rute yang jauh dari alamat Anda. Sebenarnya hal tersebut tidak nyasar. Untuk mengetahui lebih jauh simak ulasan berikut ini!

1. Ekspedisi memiliki rute tersendiri 

Setiap ekspedisi memiliki rute atau jalur nya tersendiri dalam pengiriman paket. Termasuk di dalamnya paket yang dikirim antar kota dan mereka akan memilih jalur yang sudah dianggap efisien. Namun, setiap ekspedisi memiliki jalurnya tersendiri, sehingga bisa saja jalur yang dilalui setiap ekspedisi berbeda.

Selain itu, pesanan Anda bisa saja transit di tempat yang jauh dari tempat tujuan karena pesanan bukan hanya milik Anda. Akan tetapi, jalur tersebut tentu akan berbeda, apabila Anda bandingkan dengan jasa pengiriman kilat atau instan. Yang dapat sampai dalam 2 jam atau sampai di hari yang sama.  

Dengan begitu, selama alamat yang Anda sematkan adalah benar, maka tidak perlu khawatir paket akan tersesat. Akan tetapi, jika masih merasa resah, Anda dapat menghubungi customer service pihak ekspedisi atau toko tempat Anda belanja. untuk memastikan bahwa alamat yang dituju oleh pengiriman memanglah benar. Lalu kenapa paket nyasar ke kota lain ? Sebenarnya itu bisa saja tidak tersasar, melainkan rute yang diambil memang sudah sesuai dengan SOP. Meskipun nantinya Anda melihat memiliki jarak yang lebih jauh dari alamat tujuan

2. Paket dikirim secara Estafet

Alasan kedua paket nyasar ke kota lain yaitu karena pengiriman yang dilakukan secara estafet. Dimana hal tersebut berbeda dengan pengamanan instan yang bisa satu jalur dan langsung dikirimkan ke alamat konsumen. Untuk pengiriman paket antar kota atau reguler biasanya dikirimkan secara berjenjang sehingga nantinya akan transit ke gudang ekspedisi di kota asal dan kota tujuan pengiriman paket tersebut.

Nantinya, paket akan dikumpulkan setelah itu digabungkan dengan yang lainnya terlebih dahulu di gudang besar. Sebelum akhirnya nanti akan distribusikan dan dikirimkan sesuai dengan kota tujuan yang sesuai dengan alamat masing-masing. Nantinya, akan ada kurir yang mengambil barang di gudang atau transit terakhir untuk dikirimkan kepada konsumen yang berbeda sesuai dengan detail alamatnya. 

pengiriman internasional

Dimana hal tersebut berbeda dengan kurir yang memiliki tugas untuk mengirimkan paket instan yang biasanya akan dikirimkan ke alamat yang sama. Inilah alasan ekspedisi reguler atau biasa jauh lebih murah daripada ekspedisi instan. Pasalnya, pengiriman tidak digabung dengan konsumen yang alamatnya berbeda arah.

Selain itu, untuk pengiriman instan biasanya hanya satu kurir satu oenirma saja. Sehingga durasi pengirimannya juga jauh lebih cepat daripada yang reguler. Pasalnya, yang pengiriman biasa  akan jauh lebih banyak mengirimkan paket dengan banyak alamat yang lebih seringnya berbeda. Dengan begitu, durasinya juga jauh lebih lama untuk paket sampai ditangan konsumen. Meskipun begitu, layanan tersebut akan mengupayakan supaya paket nyasar ke kota lain karena itu tidak hanya merugikan konsumen, tetapi pihak ekspedisi pun akan dirugikan

Cara mengatasi Paket Nyasar

Lantas bagaimana jika Anda masih khawatir paket nyasar? Atau bingung cara mengatasi paket nyasar? Jika begitu, maka Anda dapat melalui beberapa cara berikut ini dengan seksama. 

1. Catat Nomor Resi 

Setelah Anda melakukan pemesanan produk di marketplace atau online, nantinya Anda akan mendapatkan nomor resi pengiriman. Nomor resi ini silahkan dicatat dengan detail dan simpan dengan baik. Lalu apa gunanya nomor resi ini?

Gunanya adalah untuk dapat melacak paket Anda. Sehingga jika terjadi masalah atau paket terasa lama sampainya atau bahkan lebih dari estimasi yang diberikan, maka nomor resi ini dapat membantu Anda untuk mengecek keberadaan paket. Selain itu dapat digunakan sebagai cara mengetahui paket nyasar.

2. Buka Situs Web atau Aplikasi Resmi

Setelah mencatat nomor resi dari pesanan Anda, maka langkah selanjutnya yaitu mengeceknya menggunakan aplikasi atau situs website resmi penyedia jasa pengiriman. Hal ini dilakukan supaya Anda terhindar dari penipuan sehingga selalu pastikan untuk mengeceknya di akun atau alamat yang resmi. 

Untuk caranya cara melacak paket yang nyasar sendiri yaitu, pilih website atau aplikasi yang Anda gunakan. Kemudian, pilih cek resi dan masukkanlah nomor resi tersebut pada kolom yang tersedia dan klik cari atau track. Sehingga nantinya akan muncul status pengiriman.

Baca Juga : Begini Cara Menulis Alamat Paket yang Tepat Agar Tidak Salah Kirim

3. Lapor pengiriman

Setelah itu Anda dapat mengecek status dari pengiriman tersebut. Akan tetapi, jika nanti terasa ada yang aneh atau bertanya-tanya bagaimana jika paket nyasar, Anda dapat langsung menghubungi pihak customer service penyedia jasa. Jelaskan apa yang Anda khawatirkan dan cantumkan pula bukti berupa screenshot rute perjalanan atau status pengiriman paket. Nantinya Anda akan diberikan arahan atau diberitahukan mengenai hal apa yang sebenarnya terjadi.Kenapa paket bisa nyasar?

Sebenarnya alasan yang biasanya terjadi karena alamat yang ditulis tidak terlalu lengkap. Meskipun begitu, bisa juga karena memang rute yang dipilih seolah-olah nyasar padahal tidak sama sekali. Hal terjadi karena memang rute yang dipilih terkesan jauh dari alamat konsumen. Padahal sebenarnya, paket tersebut tidaklah nyasar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *