Bisnis

5 Manfaat Bisnis Online di Era Digital, Ladang Cuan Terbaik!

Mnafaat bisnis online

Dengan teknologi di era digital yang semakin maju ini, semua orang bisa mendapatkan kesempatan yang sama pada akses internet. Oleh sebab itu, tidak heran bahwa kini bisnis online sudah semakin menjamur. Kita tidak lagi harus repot-repot keluar untuk berbelanja. Hanya dengan modal gadget dan internet, kita bisa membeli barang secara online. Bisa melalui aplikasi e-commerce ataupun media sosial yang Anda punya. 

Melansir dari CNBC Indonesia, faktanya orang Indonesia telah menghabiskan uang 851 triliun rupiah hanya untuk belanja online. Barang teratas yang paling banyak dibeli oleh masyarakat Indonesia yaitu alat-alat elektronik, yang diikuti oleh produk mainan atau hobi. Sangat fantastis bukan? Nah dengan melihat data seperti di atas, apa Anda tidak tergiur untuk menjalankan bisnis online?

Berikut adalah 5 manfaat bisnis online di era digital seperti saat ini.  Yuk simak!

Pengertian Bisnis Online

Sumber: Freepik.comNah, sebelum membahas lebih lanjut mengenai berbagai manfaat dari bisnis online, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu bisnis online. Bisnis online bisa diartikan sebagai segala aktivitas bisnis yang terjadi melalui internet. Ini bisa mencakup jual beli online atau menyediakan layanan secara online. 

Berbicara mengenai bisnis online, ini juga bisa disamakan dengan e-Commerce, yang merupakan jenis model bisnis yang dimana transaksi komersial terjadi melalui jaringan digital atau elektronik. Misalnya saja Alibaba, Tokopedia, Shopee terlibat dalam e-Commerce, yang merupakan bisnis online. Platform seperti PayPal dan Netflix merupakan bisnis online, mereka juga terlibat dalam e-Commerce. 

Manfaat Bisnis Online bagi Pemilik Usaha

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa manfaat bisnis online bagi pemilik usaha. Nah, dengan melihat masyarakat Indonesia yang banyak melakukan jual beli melalui internet, tentunya Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan. Apa saja? Yuk langsung saja kita simak manfaat bisnis online di bawah ini!

1. Modal yang Relatif Rendah

Manfaat bisnis online bagi pemilik usaha yang pertama yaitu modal yang relatif rendah. Seperti yang kita ketahui bahwa, dengan menjalankan bisnis online, Anda tidak perlu lagi memiliki toko offline yang membutuhkan cost lebih. Anda hanya perlu membuka akun di berbagai platform e-Commerce, dan setelah itu Anda sudah siap berjualan secara online. Untuk penyimpanan stok, Anda bisa menggunakan ruangan di rumah Anda sendiri. 

2. Informasi Lebih Cepat Diterima Konsumen

Manfaat bisnis online yang selanjutnya adalah informasi lebih cepat diterima oleh konsumen. Penyebaran informasi seperti produk baru, atau tawaran terbaru bisa langsung di post pada akun e-Commerce ataupun media sosial Anda. Dalam waktu hitungan detik saja, calon pembeli atau konsumen Anda bisa langsung melihat informasi dari bisnis Anda. Apalagi jika Anda memanfaatkan iklan dari platform, Anda bisa menentukan target usia, serta lokasi calon pelanggan. 

3. Jangkauan Bisnis Lebih Luas Tanpa Batas

Dengan adanya internet, bisnis Anda tidak akan mengenal ruang dan waktu. Bisa saja Anda berlokasi di Indonesia, namun jangkauan calon pelanggan Anda bisa sampai luar negeri. Siapa yang tahu? Inilah manfaat bisnis online, yang menjangkau lebih luas tanpa adanya batasan. Oleh sebab itu, jika stok produk Anda sudah berkualitas dan cukup banyak, Anda nantinya bisa menjual produk Anda sampai luar negeri. 

4. Citra Bisnis Menjadi Lebih Baik

Tidak jarang kita melihat toko offline yang enggan untuk melebarkan sayap di bisnis online. Padahal, dengan terjun ke bisnis online mereka bisa membuat citra bisnis menjadi lebih baik melalui marketing pada media sosial, e-Commerce, sehingga bisnis bisa mendapatkan jangkauan bisnis yang lebih luas. Dengan tetap aktif secara online, Anda bisa menjawab pertanyaan seputar produk Anda selama 24 jam. Dengan begitu, Anda dapat kepercayaan pelanggan.

5. Sistem Pembayaran Lebih Praktis

Manfaat bisnis online yang berikutnya adalah sistem pembayaran yang lebih praktis. Jika Anda perhatikan, saat melakukan belanja online, ada berbagai tawaran pembayaran. Mulai dari COD, bank transfer, virtual account, kartu kredit hingga pembayaran melalui minimarket. Hal inilah yang membuat pelanggan bisa memilih sistem pembayaran yang mereka inginkan. Selain itu, dengan bisnis online, Anda tidak perlu menyiapkan invoice, sebab nantinya akan terbuat secara otomatis. 

Nah, demikianlah 5 manfaat bisnis online di era digital ini. Gunakan peluang ini untuk menambah cuan Anda di tahun ini, dan rasakan keuntungan dari bisnis online. Gunakan layanan Last Mile Delivery dari SAP Express  untuk menunjang pengiriman barang bisnis online Anda. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *