Bisnis

Media Pemasaran Online: Pengertian, Jenis, dan Kelebihannya

media pemasaran online

Internet kini tidak lagi menjadi suatu hal yang langka, mulai dari anak-anak kecil hingga dewasa sudah mulai lihai untuk menggunakan internet. Menurut data dari We Are Social, pengguna internet di Indonesia sendiri sudah mencapai 212 juta pada Januari 2023. Hal ini berarti lebih dari 70 persen masyarakat Indonesia telah menggunakan internet. 

Melihat dari informasi tersebut, banyak dari pemilik bisnis menggunakan media promosi online untuk memasarkan produk ataupun layanannya. Mereka tidak perlu lagi memanfaatkan iklan pada media cetak, sehingga dapat menghemat biaya promosi. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak artikel di bawah ini mengenai media promosi online!

Pengertian Media Pemasaran Online

Media pemasaran online adalah platform atau sarana yang dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk atau jasa melalui online. Media pemasaran sendiri terbagi menjadi dua, yaitu online dan offline. Contoh media pemasaran offline yaitu seperti brosur, radio, televisi dan juga spanduk. Sedangkan, contoh dari media pemasaran online antara lain media sosial, e-commerce, dan yang lain sebagainya. 

Faktor yang membuat media pemasaran online seringkali digunakan adalah karena jumlah pengguna internet yang semakin hari semakin meningkat. Hal ini tentunya bisa menguntungkan bagi pemilik bisnis, sebab media online bisa memudahkan promosi dan penjualan. Untuk bisa sukses, Anda juga perlu meningkatkan skill seperti bagaimana cara mengiklan yang baik, serta kemampuan digital yang lainnya. 

Baca Juga : Begini Cara Mendapatkan Leads dengan Mudah, Penting Bagi Pebisnis!

Apa Saja Media Promosi Online?

Berikut adalah jenis-jenis dari media promosi online yang bisa Anda manfaatkan untuk memasarkan produk dan layanan Anda, yaitu antara lain:

1. Instagram

Siapa yang kini tidak tahu dengan platform yang bernama Instagram ini? Perusahaan yang pertama kali didirikan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger, sukses membuat media foto dan video. Nah, terdapat salah satu fitur dari Instagram, yaitu Instagram Ads yang memungkinkan Anda untuk mengiklankan produk atau jasa Anda. Indonesia sendiri memiliki 97,38 juta pengguna Instagram pada bulan Oktober 2022. Nah, tunggu apalagi, yuk gunakan Instagram Ads!

2. Facebook

Jenis media promosi online yang selanjutnya adalah Facebook. Perusahaan yang pertama kali didirikan oleh Mark Zuckerberg ini, sukses memiliki 178,7 juta pengguna di Indonesia (Desember 2022). Sama seperti Instagram, Facebook juga memiliki layanan Facebook Ads, yang bisa Anda gunakan untuk pemasaran. Caranya cukup sederhana, Anda pertama-tama perlu memiliki akun Facebook. Harganya cukup terjangkau, Anda bisa beriklan hanya mulai dari 10 ribu rupiah per harinya.  

3. TikTok

Kini, TikTok menjadi salah satu media online yang sangat digandrungi anak muda. Faktanya, Indonesia menempati posisi kedua sebagai pengguna TikTok terbesar pada Januari 2023. Tentunya informasi ini dapat Anda manfaatkan untuk mulai promosi di platform TikTok. Dengan algoritmanya yang unik, Anda memiliki peluang untuk menjangkau pengguna yang lebih luas. Anda pun juga dapat menentukan biaya dan jadwal iklan, lho! So, tunggu apalagi.

Baca Juga : 5 Cara Mengembangkan Bisnis Online Agar Sukses

4. E-Commerce

Semenjak pandemi Covid-19, masyarakat seringkali menghindari tempat umum seperti mall dan lainnya. Untuk berbelanja, e-commerce adalah salah satu pilihan yang tepat untuk berbelanja. Sampai saat ini pun, masyarakat masih suka berbelanja melalui platform e-commerce. Tidak perlu repot-repot keluar, tinggal klik barang yang diinginkan, dan paket akan segera dikirimkan oleh kurir. Gunakan e-commerce seperti Lazada, Shopee, ataupun Tokopedia untuk menunjang bisnis Anda. 

5. Google

Mesin pencari yang satu ini, Google, tampaknya menjadi salah satu yang paling populer. Kita sering menyebut Google sebagai “Mbah Google” yang memiliki berbagai macam jawaban yang kita butuhkan. Google juga memiliki fitur Google Ads, yang memungkinkan Anda untuk bisa mempromosikan produk atau jasa Anda. Dengan menggunakan iklan Google, Anda bisa meningkatkan konversi, dan Anda dapat menargetkan audiens yang spesifik. 

Kelebihan Media Pemasaran Online

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa aja kelebihan dari media pemasaran online. Di era digital kini, media pemasaran online bermanfaat untuk menjangkau pelanggan potensial ke depannya. Sebab, pengguna media online sangat banyak, dan Anda hanya perlu untuk menargetkan audiens mana yang ingin Anda tuju. Berikut adalah beberapa manfaat dari media pemasaran online, yaitu antara lain:

Baca Juga : Memajukan Bisnis Anda dengan Iklan Google Ads

1. Hemat Biaya

Salah satu kelebihan dari media pemasaran online adalah hematnya biaya. Bayangkan jika Anda menggunakan pemasaran offline, tentunya Anda harus mengeluarkan uang lebih untuk media cetak seperti koran dan majalah. Apabila Anda menggunakan media pemasaran online, Anda bisa mulai promosi sesuai dengan budget yang Anda miliki. Sangat menarik bukan? Nah, apa sekarang Anda sudah tertarik untuk menggunakan media pemasaran online?

2. Bisa Menjangkau Audiens Luas

Seperti yang kita ketahui bahwa, apabila kita terhubung ke internet, itu berarti tidak ada batas wilayah. Oleh karena itu, dengan menggunakan media promosi online, Anda bisa mendapatkan jangkauan calon pelanggan yang lebih luas. Anda bisa saja berdomisili di Jakarta, namun pembeli Anda berada di Kalimantan. Sangat mungkin kan? Nah, apalagi kalau target audiens Anda adalah orang-orang yang tinggal di luar negeri. Sangat mudah jika menggunakan media promosi online.

3. Menentukan Target Audiens Lebih Mudah

Kelebihan media promosi online yang selanjutnya adalah Anda sebagai pemilik bisnis bisa lebih mudah untuk menentukan target audiens. Dengan fitur iklan yang diberikan beberapa media, Anda tinggal memasukkan kata kunci target audiens Anda. Setelah itu, Anda tinggal menunggu saja hasil akhir dari iklan Anda. Pasalnya, platform seperti media sosial akan menampilkan iklan pada pengguna sesuai dengan target audiens Anda. 

4. Terhubung dengan Pelanggan Tanpa Batas

Dengan adanya internet, pemilik bisnis kini bisa tetap terhubung dengan pelanggan setiap hari dan tanpa batas waktu. Jika ada keluhan dari audiens, Anda bisa langsung menanggapinya. Saat ini, terdapat teknologi yang bernama chatbot. Dengan bantuan chatbot, bisnis Anda bisa langsung melayani pertanyaan pelanggan Anda selama 24 jam. Apabila pertanyaan tersebut tidak termasuk dalam layanan chatbot, audiens Anda bisa beralih ke layanan customer service Anda. 

Nah, demikianlah ulasan kali ini mengenai pengertian, jenis dan kelebihan media pemasaran online. Dengan berbagai manfaat dari media pemasaran online, apakah Anda masih ragu untuk menggunakan platform online ini? Semoga artikel ini dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi bisnis Anda. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *