Finance

Pahami Rasio Keuangan untuk Pemilik Bisnis dan Pengusaha

Rasio

Rasio keuangan merupakan salah-satu indikator yang dapat mempengaruhi setiap kebijakan suatu perusahaan. Hal ini didasarkan pada penilaian kinerja usaha melalui data keuangan. Oleh karena itu, perusahaan dapat mengevaluasi kondisi produktivitas agar tidak salah dalam memutuskan peraturan terkait keberlangsungan usaha.

Pertimbangan keputusan tersebut tentu memerlukan ketelitian dan kehati-hatian. Pasalnya berhubungan dengan sistem manajemen yang memiliki keterkaitan penting bagi perusahaan. Apabila ada satu keputusan yang kurang tepat saja, maka akan berakibat pada aspek manajemen lainnya. Terlebih soal keuangan yang menempati peranan paling fundamental di aktivitas usaha.

Apa Itu Rasio Keuangan dan Analisis Rasio Keuangan?

Rasio keuangan adalah suatu metode  analisis yang menghitung nilai kas dan parameter kinerja suatu perusahaan. Khususnya dalam mengukur efisiensi penggunaan sumber daya dan pengelolaan keuangan. Alhasil perusahaan dapat menilai produktivitas secara internal, membandingkan antara periode waktu tertentu dan melakukan perbandingan di industri yang sama.

Baca Juga : Pentingnya Dana Darurat dan Cara Mengumpulkannya

Dimana rasio ini dihitung berdasarkan beberapa komponen penting meliputi laba rugi, arus kas, neraca, dan lainnya yang ada pada laporan keuangan. Sehingga perusahaan dapat menjadikan rasio sebagai panduan dalam pengambilan keputusan dan identifikasi area perbaikan. Termasuk membantu memahami posisi perusahaan di pasaran yang kompetitif.

Kata lainnya yakni berperan sebagai finansial rasio (financial ratio) yang memang kerap kali digunakan untuk data pendukung dalam pengambilan keputusan. Terkait kebijakan yang dapat diputuskan pihak manajemen perusahaan sebagai langkah tepat karena adanya dukungan data tersebut. Biasanya dalam rangka penyelamatan aset perusahaan yang sekiranya masih dapat diupayakan.

Sementara analisis rasio keuangan atau financial ratio analysis dapat diartikan sebagai cara mengukur kinerja perusahaan berdasarkan data perbandingan laporan kas. Menyesuaikan data keuangan seperti laporan neraca, laba rugi, dan arus kas dalam satu periode tertentu. Analisis ini biasanya dikerjakan oleh seorang akuntan pada periode kerja akhir tahunan perusahaan.

 Dimana hasil analisisnya nanti akan  dilaporkan kepada pihak manajemen sebagai pedoman informasi. Baik untuk menentukan keputusan atau kebijakan perusahaan di periode mendatang. Selain itu, analisis keuangan juga berada dalam posisi balanced scorecard (metode untuk mengukur kinerja perusahaan). 

Untuk menghitung seberapa efektif strategi yang telah digunakan perusahaan dalam mencapai keunggulan kompetitif. Pada umumnya bukan hanya ditujukan kepada manajemen, melainkan juga para investor maupun kreditur untuk jadi parameter kelayakan. Dimana pengertian rasio keuangan pun tentu dapat Anda pahami dengan mudah!

Fungsi Rasio Keuangan

Fungsi rasio ini mempunyai peranan yang cukup vital dalam sebuah keputusan perusahaan. Sejalan dengan manfaat rasio keuangan sendiri yang secara umum berguna untuk membantu mengambil kebijakan. Berdasarkan data rasio yang menjadi acuan berupa laporan keuangan, diantara fungsi-fungsinya antara lain :

1. Mengetahui Optimalisasi Keuangan

Fungsi dari optimalisasi keuangan ini membuat perusahaan dapat menganalisis kas untuk melihat penggunaan yang lebih optimal. Termasuk penggunaan keuangan yang jelas secara terperinci. Sehingga jika terjadi kecurangan dalam laporan keuangan atau penggunaan tidak efisien bisa terlihat.

2. Melihat Efektifitas Manajemen Operasional

Fungsi berikutnya yaitu dapat melihat efektifitas manajemen operasional usaha. Hal ini karena, rasio bisa memperhitungkan seberapa efektif kinerja manajemen operasional dalam penggunaan biaya untuk kegiatan produktivitas.

3. Melihat Optimalisasi Penggunaan Aktiva

Aktiva penting untuk dievaluasi mengenai penggunaannya yang mana terlihat dari rasio tersebut. Sementara besaran aktiva yang dimiliki oleh perusahaan bisa menjadi bahan pertimbangan manajemen untuk memutuskan kebijakan.

4. Melihat Tingkat Kesehatan Keuangan Dalam Perusahaan

Indikasi sehat suatu keuangan perusahaan juga dapat terlihat dari rasionya. Sehat disini berarti keuangan perusahaan selalu mendapatkan laba dari setiap aktivitas bisnisnya. Mencakup analisis seberapa lama perusahaan dapat tetap bertahan dan berkembang ke depannya.

5. Acuan Untuk Menganalisis Kemampuan Perusahaan Untuk Berkembang

Perusahaan tidak jarang melakukan suatu pengembangan bisnis agar dapat terus bertahan. Contohnya seperti pendirian cabang, perluasan wilayah pemasaran dan peluncuran produk baru. Dimana pengembangan ini tentu  memerlukan analisa keuangan yang lebih cermat untuk meminimalisir kesalahan pengambilan keputusan.

cod

Jenis Rasio Keuangan

Adapun jenis jenis rasio keuangan yang dapat Anda ketahui saat ingin melakukan financial rasio antara lain sesuai dengan rumus analisis penggunaan. Lalu apa saja jenisnya? Simak pembahasannya di bawah ini!

1. Profitability Ratio (Rasio Laba)

5 jenis rasio keuangan yang pertama adalah profitability ratio. Rasio yang menunjukan kemampuan perusahaan menghasilkan keuntungan (laba). Dimana perhitungannya tentu melihat perbandingan keuntungan dengan penjualan. Baik menggunakan metode pendekatan ROA (Return On Asset) maupun ROI (Return On Investment).

Apabila semakin besar rasio maka indikasi keuangan perusahaan dapat dikatakan sehat. Sehingga dapat mengetahui efektivitas penjualan terhadap laba operasional. Sementara rumus rasio keuangan profitabilitas yang dapat Anda gunakan antara lain ;

 Laba bersih : total aset (metode ROA),  laba bersih : nilai investasi (metode ROI).

2. Liquidity Ratio (Rasio Hutang Jangka Pendek )

Jenis rasio ini digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban finansial (likuiditas) jangka pendek. Terdiri dari tiga jenis yang mana masing-masing memiliki perbedaan. 

Meliputi rasio lancar (current ratio), quick ratio (cepat) dan acid test ratio (kas rasio). Apabila Anda ingin memahaminya lagi, coba cari contoh analisis rasio keuangan likuiditas secara lengkap di beberapa sumber terpercaya.

3. Solvency Ratio (Rasio Hutang)

Macam macam rasio keuangan berikutnya adalah solvency ratio (Rasio Hutang). Rasio yang perhitungannya menggunakan dua metode pendekatan, yakni melalui aktiva analisa dana hutang dan modal (equity).

 Rumus aktiva sendiri antara lain : (Total hutang/total aktiva) x 100 %, sedangkan rasio equity kata kuncinya berada pada semakin kecil porsi utang terhadap modal maka semakin aman.

4. Activity Ratio (Rasio Aktivitas)

Rasio Aktivitas (Rasio of activity) merupakan jenis rumus dan contoh analisis rasio keuangan perusahaan tbk yang kerap kali digunakan oleh mereka. Untuk menganalisis kemampuan perusahaan dalam mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki perusahaan. Dengan tujuan menghasilkan laba terhadap efektivitas aktiva yang digunakan

5. Investment Ratio (Rasio Investasi)

Jenis rasio yang mengukur kemampuan perusahaan dalam memberikan kembalian atau imbalan kepada para investor. Rasio Investasi memiliki nilai manfaat bagi para investor sesuai fungsi laporan keuangan untuk menilai kinerja sekuritas saham di pasar modal.

Metode Analisis Rasio Keuangan

Adapun metode financial ratio analytic yang dikutip dari berbagai sumber secara umum terbagi ke dalam 2 jenis, berikut ulasannya :

Baca Juga : Hindari Buntung, Begini Cara Mengelola Keuangan Usaha!

1. Analisis Common Size

Cara kerja metode analisis common size berjalan dengan membandingkan perubahan yang ada di berbagai pos. Berdasarkan jumlah aktiva, pasiva, dan penjualan sebagai metode dari contoh analisis rasio keuangan yang mungkin sering Anda temui. Dimana biasanya disajikan dalam bentuk persentase untuk setiap laporan komponen keuangan.

Sehingga perusahaan dapat memperoleh informasi mengenai relativitas aktiva. Baik aktiva lancar terhadap aktiva tetap ataupun perusahaan terhadap modal (struktur modal). Perbandingan dilakukan dari satu periode ke periode lainnya termasuk kinerja perusahaan antar kompetitor.

2. Analisis Time Series dan Forecasting

Metode analisis time series sesuai namanya digunakan untuk memprediksi kondisi finansial di masa depan. Acuannya rasio keuangan perusahaan yang dihitung dengan melakukan perbandingan data dalam periode tertentu. Menyesuaikan poin penting pertimbangan dampak terkait peraturan pemerintah, perubahan teknologi, hingga pergeseran kompetisi.Mengenal rasio keuangan ini tentu sangat perlu diperhatikan oleh setiap pengusaha. Alasannya karena, relevansi efektivitas kinerja dapat diukur dengan melihat rasio laporan keuangan usaha. Nah, bagaimana menurut Anda pribadi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *