Bisnis

8 Cara Membuat Foto Produk yang Menarik

cara membuat foto produk

Ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat pelanggan tertarik. Salah satunya adalah melalui foto produk. Mengapa begitu penting? Melansir dari Weebly, 75 persen orang terpengaruh dengan foto produk ketika mereka memutuskan untuk melakukan pembelian secara online. Dengan melihat fakta seperti ini, tentunya Anda perlu membuat foto produk Anda sebagus mungkin. 

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai foto produk, yuk simak artikel di bawah ini mengenai cara membuat foto produk yang menarik. 

Apa yang dimaksud dengan Foto Produk?

Foto produk adalah foto yang diambil dan digunakan di situs web dan platform media sosial untuk membantu mendorong penjualan produk atau layanan Anda. Kini, berbelanja secara online sudah begitu marak, dan artinya pilihan produk serta merek bagi konsumen bisa sangat banyak. Oleh sebab itu, foto produk penting untuk menggambarkan apa yang sedang Anda jual dan apakah produk Anda layak dibeli di online. 

Apa Manfaat dari Foto Produk bagi Bisnis Online?

Mengapa foto produk begitu penting dan apa manfaatnya bagi bisnis online? Nah, dengan foto produk yang bagus, hal ini dapat membantu pelanggan melihat bagaimana produk tersebut cocok dengan kehidupan mereka. Peneliti menemukan bahwa citra jelas serta terperinci dari sebuah produk bisa meningkatkan rasa kepemilikan psikologis pelanggan terhadap produk tersebut. 

Baca Juga : Review Produk: Pengertian, Jenis dan Cara Melakukannya

Sedangkan, foto produk bagi bisnis online bisa membantu meningkatkan merek Anda, dan memperkuat apa yang sedang Anda perjuangkan. Mengambil gambar yang memberikan konteks dan membangun merek Anda tidak selalu membutuhkan banyak peralatan mewah ataupun fotografer profesional. Anda hanya perlu memikirkan tujuan Anda ketika melakukan foto produk. 

Jenis-jenis Foto Produk yang bisa digunakan

Nah, untuk foto produk sendiri terdapat jenis-jenisnya yang bisa Anda gunakan, yaitu sebagai berikut;

1.White Background Shoot

Achieving a Pure White Background

Jenis foto produk yang bisa Anda gunakan adalah white background shoot. Di atas adalah contoh foto produk yang memanfaatkan white background shoot. Dengan menggunakan latar belakang putih, foto produk bisa terlihat jelas. Berbeda jika menggunakan latar yang berwarna atau berpola, yang bisa mengalihkan perhatian dari produk sebenarnya yang dijual. 

2. Lifestyle Shot

What is Lifestyle Photography — Mark DeLong Photography

Jenis foto produk yang dapat Anda gunakan yang selanjutnya adalah lifestyle shot. Lifestyle shot ini merupakan genre fotografi yang bertujuan untuk menangkap potret orang dalam situasi, peristiwa kehidupan nyata, atau tonggak sejarah dengan cara artistik dan seni sehari-hari. Tujuan utamanya adalah untuk bercerita tentang kehidupan orang atau untuk menginspirasi orang. 

3. Flat Lay Shot

7 Styles of Flat Lay & How to Shoot them - Bang on Style

Nah, foto iklan produk di atas adalah salah satu contoh dari jenis foto produk flat lay shoot. Inilah cara paling mudah untuk membuat postingan Instagram Anda menjadi estetik. Flat lay shoot merupakan gambar yang diambil langsung dari atas. Jenis foto produk ini sudah menjadi populer di kalangan media sosial. 

4. Scale Shot

10 Types of Product Photos You Can Take With Your iPhone

Jenis foto produk yang bisa Anda gunakan adalah scale shot. Sesuai namanya, ‘skala’ mendefinisikan ukuran komparatif. Dengan foto produk ini, dapat membantu pikiran kita memahami ukuran suatu objek. 

5. Detailed Shot

Wedding Detail Shots — Photographed with Love

Jenis foto produk yang selanjutnya adalah detailed shot, yang dapat membantu lebih jauh untuk mendefinisikan produk Anda. Dengan komposisi dan pengaturan yang tepat, foto produk akan menarik perhatian ke detail tertentu. Jenis foto produk ini cocok untuk pengambilan gambar handphone, bunga, lampu, gelas kopi, laptop dan yang lain sebagainya. 

Bisnis online

6. Individual Shot

Product Photography | 7 Tips for the Perfect Photos | Wedio

Cara foto produk di atas adalah dengan menggunakan individual shot. Foto ini hanya menggunakan satu objek, yang biasanya sering digunakan untuk foto katalog produk. Ini merupakan cara yang bagus untuk mempresentasikan produk, sebab dapat menghilangkan semua gangguan dan hanya menempatkan fokus pelanggan pada produk. 

7. Product Grouping

Photograph a Group of Products with a Speedlight: Tutorial

Jenis selanjutnya dari foto produk adalah product grouping, yang bisa membantu Anda menarik perhatian pembeli. Foto ini juga berfungsi untuk menampilkan variasi dan memberi pelanggan informasi tambahan tentang suatu produk. Dengan mengambil sudut gambar yang menarik, jenis foto produk ini dapat meningkatkan pengalaman belanja online pelanggan dan penjualan online Anda. 

8. Packaging Shot 

Memahami Pentingnya Foto Produk Bagi Sebuah Bisnis Online

Jenis foto produk yang selanjutnya adalah packaging shot, yang menyertakan gambar kemasan produk. Foto in seringkali ditampilkan di situs web dan merupakan bagian penting dari materi iklan. 

9. Ghost Mannequin

Ghost mannequin & model photography, e-commerce photoshoot guide

Foto produk estetik dapat Anda ciptakan dengan jenis foto produk ghost mannequin. Menggunakan manekin untuk gambar produk merupakan cara yang efisien dan hemat biaya untuk mempromosikan produk Anda. Manekin memungkinkan produk Anda untuk mempertahankan bentuknya, yang bisa membuat produk tampak profesional. 

10. Foto Fashion

Essential Tips for an Outdoor Fashion Photoshoot

Jenis foto produk yang selanjutnya adalah foto fashion. Ini adalah jenis fotografi yang bertujuan untuk mempromosikan barang fashion contohnya pakaian bermerek ataupun sepatu, dan parfum. Fokus pada model untuk mendapatkan foto produk terbaik Anda. 

Cara Membuat Foto Produk Yang Menarik

Lantas bagaimana caranya untuk membuat foto produk yang menarik? Berikut adalah tipsnya untuk Anda. Yuk simak!

1. Kunci Utama: Kamera!

Hal terpenting untuk membuat foto produk yang menarik adalah kamera. Pastikan Anda menggunakan kamera berkualitas untuk mengambil gambar foto produk Anda. Bahkan, kini ponsel sudah dilengkapi dengan kamera yang bagus untuk membantu Anda mengambil foto produk. 

2. Jeli Memilih Sumber dan Sudut Cahaya

Cara membuat foto produk yang menarik selanjutnya adalah jeli dalam memilih sumber dan sudut cahaya. Walaupun di akhir terdapat proses editing, namun dengan memilih sumber cahaya yang baik, foto produk Anda akan semakin terlihat bagus!

3. Pilih Background yang Menonjolkan Produk

Agar foto produk Anda menjadi aesthetic, pastikan Anda memilih background yang dapat menonjolkan produk. Misalkan saja Anda bisa memilih jenis foto produk white background shot untuk memfokuskan pelanggan pada produk Anda saja. 

Baca Juga : 5 Tips Promosi Produk yang Ampuh Menarik Konsumen

4. Ambil Foto dari Beragam Sudut

Cara membuat foto produk yang menarik adalah dengan mengambil foto dari beragam sudut. Bisa dari atas, depan, atau samping. Lalu dari itu semua Anda bisa memilih mana foto yang paling bagus untuk dijadikan foto produk bisnis Anda. 

5. Minim Modal, Gunakan Flat Lay

Untuk Anda yang tidak memiliki banyak budget untuk foto produk, Anda bisa memanfaatkan flat lay shot. Seperti yang disebutkan sebelumnya, pengambilan gambar ini dilakukan dari atas. Anda tidak perlu menggunakan kamera mahal untuk shot yang ini, bahkan dengan teknik tepat dan menggunakan ponsel, Anda tetap bisa mendapatkan foto produk yang Anda inginkan. 

6. Ikuti Teknik yang Sedang Trending

Cara membuat foto produk yang selanjutnya adalah dengan mengikuti teknik fotografi yang sedang trending saat ini. Oleh sebab itu, pastikan Anda tetap update dengan kondisi fotografi kini yang ada di media sosial. 

7. Foto dengan Model, Mengapa Tidak?

Untuk mendapatkan foto produk yang jelas, Anda bisa memanfaatkan model. Jika Anda memiliki cukup budget untuk ini, ya mengapa tidak? Bahkan jika Anda mampu untuk menjadi model foto, Anda bisa menghemat pengeluaran untuk pelaksanaan foto produk Anda. 

8. Lakukan Editing

Cara membuat foto produk yang menarik selanjutnya adalah melakukan proses editing. Dengan editing, Anda akan membuat foto produk menjadi lebih sempurna, dan lebih siap untuk di upload di berbagai platform seperti media sosial, website dan yang lain sebagainya. Apabila belum mampu melakukan editing sendiri, Anda bisa memanfaatkan orang yang profesional untuk pengeditan foto produk Anda. 

Demikianlah 8 cara membuat foto produk yang menarik untuk bisnis Anda. Gunakan tips di atas untuk mendapatkan foto produk yang dapat mempresentasikan produk Anda seperti apa. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan menginspirasi bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *