Bisnis

6 Tips Memulai Usaha Mainan Anak, Pasti Cuan!

usaha mainan anak

Saat ini ada begitu banyak peluang bisnis yang bisa Anda jalani. Hal yang terpenting adalah Anda berani untuk memulai dan fokus pada yang Anda tekuni. Salah satu bisnis yang terdapat keuntungan yang cukup besar yaitu usaha mainan anak. Seperti yang kita ketahui, terdapat banyak jenis mainan anak yang menjadi favorit mereka. 

Di Indonesia sendiri, seperti yang dilansir dari laman Data Indonesia, pada tahun 2022 terdapat sebanyak 30,73 juta jiwa anak. Dari data ini, Anda bisa mengambil kesempatan ini untuk memulai usaha mainan anak. Mungkin Anda bisa berfokus pada periode usia atau berdasarkan jenis kelamin, misalkan mainan anak untuk usia bayi baru lahir, balita ataupun mainan untuk anak perempuan maupun laki-laki. Dengan begitu, Anda bisa menargetkan pasar usaha mainan anak Anda.

Lantas, bagaimana tips bisnis mainan anak? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Tips Usaha Mainan Anak

Mungkin Anda saat ini berpikir untuk memulai usaha, dan mencari tahu cara bisnis mainan anak. Berikut adalah tips usaha mainan anak untuk Anda. Yuk simak!

1. Tentukan Target Usia Anak

Tips usaha mainan anak yang pertama adalah mengetahui target usia anak. Dengan mengetahui rentang usia ini, Anda bisa menentukan jenis mainan apa yang cocok untuk mereka. Sebab, ada juga mainan yang kurang cocok untuk usia 3 tahun ke bawah, seperti lego yang akan mudah tertelan oleh mereka, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga bisa menentukan berdasarkan jenis kelamin. Misalkan saja target Anda adalah anak perempuan, Anda bisa usaha mainan anak dengan warna warna feminim atau boneka. 

2. Cari Supplier yang Tepat 

Tips usaha mainan anak yang selanjutnya adalah dengan mencari supplier yang tepat. Bagaimana caranya? Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu, misalkan mencari ke produsen langsung atau melalui media sosial. Dengan supplier yang tepat, Anda bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah. Namun, Anda jangan tergiur dengan harga saja, Anda juga perlu memperhatikan kualitas dari produk mereka. 

Baca Juga : 13 Ide Bisnis Online yang Cocok Untuk Pemula

3. Memilih Tempat Strategis

Dalam memulai usaha mainan anak, yang perlu diperhatikan adalah lokasi strategis. Anda bisa memilih tempat yang dekat dengan perumahan, jalan besar, atau sekolah. Ini akan meningkatkan penjualan usaha mainan anak Anda. Namun, apabila Anda belum memiliki cukup modal untuk membuat toko sendiri, Anda bisa memulainya dengan berjualan secara online. Bisa melalui e-commerce dan media sosial yang Anda miliki.

4. Riset Produk Secara Berkala

Tips selanjutnya dalam usaha mainan anak adalah riset produk secara berkala. Seperti yang kita ketahui bahwa trend mainan anak bisa berubah-ubah. Satu saat yang sedang trend dan viral adalah slime, dan di lain waktu yang ngetren yaitu lato-lato. Dengan riset ini, Anda jadi tidak ketinggalan zaman mengenai apa yang sedang disukai oleh anak-anak. Namun sayangnya, mainan yang musiman biasanya hanya bertahan selama beberapa waktu. Oleh sebab itu, tentukan strategi yang tepat dalam usaha mainan anak ini. 

Baca Juga : Hanya Rp 350rb Bisa Jadi Pengusaha Jasa Pengiriman SAP

5. Lakukan Strategi Usaha yang Tepat

Tips jualan mainan yang berikutnya adalah melakukan strategi usaha yang tepat. Ini termasuk promosi yang Anda lakukan agar produk Anda bisa dikenal oleh masyarakat. Untuk meluaskan jangkauan produk Anda, Anda bisa bekerja sama dengan influencer media sosial untuk membantu mempromosikan produk Anda. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan iklan di e-commerce untuk promosi usaha mainan anak Anda. 

6. Berikan Layanan Prima

Mungkin Anda pernah mendengar istilah pembeli adalah raja. Bila diartikan berarti, konsumen berhak mendapatkan layanan bagus. Pelayanan yang baik adalah segalanya bagi konsumen. Oleh sebab itu, pastikan Anda memberikan layanan prima untuk konsumen Anda, baik di toko offline maupun online. Untuk toko online, Anda bisa menambahkan kontak customer service yang bisa dijangkau pembeli Anda serta pastikan pertanyaan di media sosial terjawab semua dengan baik. Demikianlah 6 tips dalam memulai usaha mainan anak. Mulai dengan riset bisnis dan ketahui apa yang ingin Anda jual ke konsumen. Untuk pengiriman, manfaatkan layanan Last Mile Delivery dari SAP Express yang bisa menjadi solusi untuk usaha mainan anak Anda. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *