Logistik

Mengatasi Menerima Paket yang Tidak Dipesan dengan Bijak

menerima paket yang tidak dipesan

Menerima paket yang tidak dipesan sempat menjadi topik hangat karena banyak orang yang mengalaminya. Sehingga hal ini menggemparkan media maya dan banyak orang yang merasa risih hal tersebut. Apalagi ditambah banyak isu atau rumor yang beredar mengenai hal ini. Dari mulai paket tersebut berisi barang-barang yang tidak penting hingga berisi narkoba.

Modus Paket Dikirim Tanpa Dipesan

Tidak pesan paket tapi dikirim COD tentunya bukan tanpa alasan bisa terkirim ke alamat Anda. Dari mulai modus penipuan hingga order brushing. Sehingga wajar, jika Anda perlu mewaspadai apabila suatu ketika tiba-tiba ada paket yang datang ke rumah, meskipun sebenarnya tidak ada produk yang dipesan. Lalu apa saja modus yang sering menjadi latar belakang hal tersebut terjadi?

Baca Juga : Anda Khawatir Paket Nyasar? Coba Ini!

1.   Modus Mengirim Narkoba

Salah satu modus orang mengirimkan paket orang yang menjual narkoba nantinya akan menyamar menjadi seorang kurir dan mengantarkan paket ke rumah Anda. Setelah itu, pihak lainnya akan menyusul ke rumah Anda dengan tujuan mengambil paket dengan alasan salah mengirimkan paket. Meskipun sebenarnya, tidak semua paket berisi narkoba. Namun, tidak ada salahnya jika Anda langsung melaporkan hal tersebut kepada polisi.

2.   Penipuan

Modus kedua yang sering terjadi adalah penipuan, dimana nantinya jika Anda menerima paket tersebut dan difoto oleh kurir. Maka hal tersebut akan dijadikan senjata oleh para oknum. Sehingga nantinya, mereka dapat menggunakan hal tersebut untuk memeras Anda. Dengan berbagai macam ancaman, untuk mendapatkan uang dari Anda. Maka, jika  menerima paket yang tidak dipesan di lazada usahakan untuk menolaknya,

3.   Order Brushing

Kemudian modus ketiga yaitu order brushing  atau pesanan palsu yang sengaja dilakukan oleh penjual karena untuk menghasilkan pendapatan tinggi. Dimana hal tersebut pun dapat meningkatkan trust akun tersebut untuk membuat pembeli percaya. Bahwa akun tersebut memang terpercaya. Padahal setiap angka yang melakukan transaksi itu hanyalah palsu.

Cara Mengatasi Paket Misterius

Setelah mengetahui beberapa modus yang seringkali menjadi latar belakang paket dikirim ke alamat tanpa dipesan. Maka saatnya Anda mengetahui dengan betul, bagaimana cara mengatasi hal tersebut. Untuk lebih jauh, simak ulasan berikut ini!

1.   Menolak Paket

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu langsung menolak  menerima paket yang tidak dipesan di lazada ataupun dari marketplace lainya. Biasanya, kiriman paket ini dikirim dengan layanan COD yang mengharuskan Anda membayar produk tersebut.

Saat menolak kiriman tersebut, jangan lupa untuk menunjukan fitur pesanan kepada kurir yang menunjukan bahwa tidak ada pesanan yang dilakuan. Bahkan jika perlu, cobalah untuk menghubungi jasa pengiriman yang digunakan untuk melacak identitas pengirim.

COD

2.   Mengembalikan paket ke jasa pengiriman

Selain, cara menolak paket yang tidak dipesan apabila paket terlanjur diterima oleh orang rumah bahkan sudah dibayarkan, maka pastikan untuk tidak membuka paket tersebut. Meskipun mungkin, uang kamu tidak bisa dikembalikan, tetapi untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan dan bisa saja itu adalah barang berbahaya maka Anda dapat mengembalikan paket tersebut ke penyedia jasa pengirim.

3.   Lapor ke Polisi

Cara mengatasi paket selanjutnya yaitu, Anda dapat melaporkan langsung ke kantor polisi. Namun, perlu diingat untuk mendokumentasikan penerimaan paket tersebut karena takutnya jika barang tersebut berbahaya, Anda tidak akan dicurigai sebagai komplotannya.

 Pasalnya, jika hal tersebut terbukti memang narkoba, bisa jadi Anda akan kena hukuman sesuai dengan UU nomor 35 tahun 2009. Dimana dalam UU tersebut tercantum bahwa siapa saja yang menerima narkoba akan dijerat hukum.

4.   Mengecek Aplikasi

Jika memang packet berasal dari marketplace seperti halnya Lazada, Shopee, dan lain sebagainya. Maka Anda dapat melakukan beberapa cara berikut ini jika mendapatkan paket yang tidak dipesan.

  • Periksa halaman riwayat pesanan kemudian, pilih “ Saya”,
  • Lalu kilik ‘’Melihat Riwayat Pesanan” pada aplikasi. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan apakah memang benar, ada penjual yang mengirimkan produk kepada Anda.
  • Jika terdapat, pesanan yang sebenarnya tidak Anda pesan, tetapi dalam Riwayat pesanan ada, maka kemungkinan besar akun Anda memang diretas. Namun, bisa juga karena memang ada saudara atau anak yang memesan paket tanpa sepengetahuan Anda.
  • Selain itu, jika memang tidak ada pesanan di Riwayat pemesanan di marketplace Anda, silahkan hubungi anggota keluarga atau teman. Apakah mereka mengirimkan paket atas nama Anda atau tidak?
  • Apabila telah dipastikan, tidak ada yang memasan dan tidak ada juga di Riwayat pemesan, Anda dapat mengisi fomulir ‘’Laporan paket yang Tidak Dipesan’’ untuk non-COD.
  • Akan tetapi, jika pesanan COD, Anda dapat menolaknya secara langsung.
  • Hubungi juga Customer Service marketplace terkait hal ini.

Baca Juga : Cara Mengatasi Masalah Paket On Hold dengan Cepat dan Tepat

Hal Yang Perlu Dilakukan Untuk Menjaga Akun Marketplace Maupun Social Media

Untuk membuat akun marketplace Anda lebih aman, terutama jika Anda merasa tanda-tanda akun telah diretas. Sebaiknya, untuk mengganti kata sandi atau password di marketplace tersebut.  Selain itu, jangan pernah membayar paket apapun, jika memang Anda tidak memesannya,

Tidak hanya itu saja, Anda pun dilarang untuk memberikan informasi hal yang berkaitan privasi terkait password marketplace, M-banking, dan lain sebagainya kepada orang lain dengan alasan apapun. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *