Finance

Tips Jitu Mengelola Uang THR Agar Tidak Cepat Habis

cara mengatur uang thr

Menjelang Hari raya Idul Fitri, sebagian besar orang akan bergembira karena akan mendapat Tunjangan Hari Raya dari tempat bekerja. Saat ini sebaiknya Anda mulai mengikuti tips-tips mengelola uang THR dengan baik agar tidak cepat habis. Mengapa demikian? Sebab, tingginya kebutuhan dan merasa memiliki cukup banyak uang biasanya membuat seseorang terlampau boros dan tidak dapat mengelolanya dengan baik. Akibatnya, THR bisa ludes dalam sekejap.

Karena sifat konsumtif berlebihan ini bisa menyebabkan dana THR Anda cepat habis, sebaiknya Anda harus lebih cermat dan berhati-hati dalam mengelolanya. Karena dana tersebut bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih menguntungkan, seperti berinvestasi atau menabung. Menyiasati hal tersebut, simak tips-tips mengelola uang THR agar tidak cepat habis disini!

Tips Mengelola THR Agar Tidak Cepat Habis

Agar THR tidak cepat ludes dan terbuang sia-sia, Anda bisa mengikuti tips-tips mengelola THR dengan baik. Inilah detailnya:

  1. Pisahkan Sebagian Uang untuk Ditabung

Tips pertama mengenai cara mengelola uang THR adalah sisihkan dana untuk menabung sebagian dari total THR yang Anda dapatkan. Saat Anda menerima THR maka Anda sudah mulai harus berinisiatif untuk menabung sebagian dari keseluruhan jumlah dana THR yang diterima. Anda bisa masukkan dalam program deposito atau jenis tabungan di rekening bank Anda.  

Dengan  menabung, Anda bisa merencanakan pengelolaan keuangan masa tua sedari dini, sehingga uangnya tak terasa habis untuk berbelanja hal-hal yang tidak begitu penting. Tak hanya menabung yang baik untuk mengelola dana THR, Anda bisa juga menginvestasikannya dengan membeli emas, logam mulia, saham, dan sebagainya. Tabung atau investasikan uang tersebut agar Anda bisa menjadikannya sebagai dana darurat sehingga dapat memenuhi kebutuhan tak terduga di masa depan. Investasi dana THR juga dapat memberi Anda keuntungan lebih dan menjadikan kebiasaan baik bagi hidup Anda untuk mengurangi sifat konsumtif.

  1. Menahan Hasrat Belanja

Saat ini berbelanja bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Berbelanja saat menjelang hari raya biasanya akan dihadapkan dengan beragam diskon dan penawaran menarik baik di pusat perbelanjaan seperti mall ataupun di beragam marketplace dan eCommerce.

Terkadang memang agak sulit menahan hasrat berbelanja online atau berbelanja di pusat perbelanjaan yang tengah mengadakan diskon besar-besaran. Namun, Anda bisa menyiasatinya dengan cara menalokasikan terlebih dahulu berapa uang yang akan dibelanjakan dan pisahkan uang untuk ditabung. Untuk melakukan tips ini, Anda harus tegas dan konsisten. Jangan sampai Anda tergiur untuk berbelanja barang atau sesuatu yang tidak Anda butuhkan hanya karena ada diskon atau penawaran menarik. Anda harus bisa disiplin dalam menahan hasrat berbelanja supaya THR tidak cepat habis.

  1. Alokasikan Dana THR untuk Zakat

Seperti yang sudah diketahui, membayar zakat fitrah hukumnya wajib dipenuhi oleh umat Islam ketika bulan Ramadhan. Oleh karena itu, Anda harus gunakan uang THR atau dana yang Anda punya untuk memenuhi kewajiban yang satu ini. 

Tips mengelola uang THR dengan baik ini bisa Anda lakukan, selain zakat, Anda bisa dengan teratur mengalokasikan dana untuk bersedekah kepada orang-orang yang membutuhkan. Selalu siapkan dana untuk membayarkan beragam kewajiban, termasuk membayar zakat dan jangan sampai dana yang dialokasikan untuk zakat dan sedekah ini terpakai untuk hal yang percuma seperti berbelanja barang yang tidak begitu dibutuhkan.

  1. Buat Rencana Pengeluaran 

Selanjutnya, tips mengelola uang THR yang kadang dilewatkan banyak orang adalah melakukan review pengeluaran lebaran setiap tahunnya. Contohnya, tahun ini pengeluaran lebaran berkisar di angka Rp6 juta, maka, tahun depan Anda harus mulai mempersiapkan dana sesuai dengan review tersebut.

Dengan melakukan hal ini, rencana pengeluaran dapat lebih teratur selama Anda menjalani ibadah puasa hingga menyambut hari lebaran. Anda tidak perlu khawatir dengan uang THR yang cepat habis karena Anda bisa menyisihkan dana dari gaji atau pemasukan Anda selama satu tahun belakangan untuk pengeluaran selama hari lebaran berlangsung. Selanjutnya, dana THR Anda dapat aman dan bisa Anda tabung atau investasikan sesuai dengan tujuan Anda.

  1. Buat Daftar Keperluan Penting

Tips berikutnya akan cukup memudahkan Anda untuk mengelola dana HR dengan baik sekaligus menekan gaya hidup konsumtif. Anda pada dasarnya wajib menyisihkan uang THR yang jumlahnya cukup banyak untuk keperluan sehari-hari atau dana yang penting untuk masa mendatang.

Sebagai contoh, jika Anda mungkin perlu untuk mudik maka ada dana yang harus dialokasikan dengan cermat. Anda bisa menyiapkan anggaran dari uang THR untuk membayar ongkos transportasi seperti tiket kereta api, pesawat, atau bus untuk mudik ke kampung halaman. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, siapkan dana yang cukup untuk membayar bensin selama di perjalanan serta biaya tarif tol. Buatlah daftar keperluan bekal makanan atau obat-obatan apa saja yang perlu dibeli untuk menemani perjalanan jauh Anda. 

  1. Siapkan Dana Darurat

Untuk yang satu ini, Anda sebaiknya menyisihkan uang THR karena tujuannya adalah untuk dana darurat. Tips mengelola uang THR ini adalah yang wajib dilakukan. Anda bisa menyisihkan uang THR sobat untuk menambah simpanan dana darurat. Mengapa? Karena keperluan mendadak bisa terjadi kapan saja, dan biayanya juga tidak bisa diprediksi, jadi sobat harus siap untuk mengeluarkan dana untuk keperluan darurat.

Sebaiknya Anda menyisihkan uang THR sebesar 20% hingga 30% untuk keperluan dana darurat. Karena kita bisa saja menghadapi berbagai kemungkinan buruk dalam waktu dekat, seperti mengalami kecelakaan, kehilangan pekerjaan, sakit, keperluan keluarga yang mendesak, dan lain-lain. Maka tak ada salahnya, gunakanlah uang THR secara bijak dan cermat.  Itulah tips-tips mengelola uang THR yang baik agar tidak cepat habis. Sebaiknya, Anda sudah mulai merencanakan dari saat ini akan mengikuti tips nomor berapa. Lebih baik lagi jika Anda bisa mengikuti seluruh tips. Hal ini perlu dilakukan agar Anda bisa lebih tenang menghadapi hari lebaran dan juga dana Anda aman karena digunakan dengan tepat dan efektif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *