SAPedia

Mengenal Apa Itu Harbolnas dan Tipsnya Agar Untung

ilustrasi gambar tentang harbolnas

Bagi Anda yang gemar berburu promo saat berbelanja online pasti sudah sangat akrab dengan istilah harbolnas. Namun sudah tahukah Anda, apa harbolnas artinya?

Tidak bisa dipungkiri jika saat ini berbelanja online telah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat. Selain menawarkan model transaksi yang mudah, dengan berbelanja secara online Anda juga bisa mendapatkan harga yang murah khususnya jika berbelanja pada momen harbolnas. 

Harbolnas merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut hari pesta diskon yang diselenggarakan oleh seluruh marketplace secara serentak. Pada momen tersebut, berbagai produk online dijual dengan harga yang jauh di bawah harga normal sehingga tidak heran jika banyak orang menunggu momen harbolnas ini.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang arti harbolnas, yuk simak ulasan berikut ini.

Pengertian Harbolnas

Harbolnas merupakan singkatan dari Hari Belanja Online Nasional. Istilah ini pertama kali dikenal di Indonesia pada tahun 2012 yang diprakarsai oleh Lazada. Salah satu marketplace terbesar di Indonesia ini ingin mengkampanyekan belanja online kepada masyarakat secara lebih luas. Hingga akhirnya, saat ini hampir semua marketplace turut berpartisipasi dalam acara tersebut.

Pada awalnya, promo harbolnas hanya dilakukan pada tanggal 12 Desember setiap tahunnya. Namun saat ini, banyak e-commerce dan marketplace yang mengadakan harbolnas hampir setiap bulan pada tanggal cantik yaitu pada tanggal yang sama dengan angka bulannya.

Baca juga: Mengenal Jastip, Bisnis Tanpa Modal yang Menguntungkan

Keuntungan Belanja Saat Harbolnas

Harbolnas selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh mereka yang gemar berbelanja secara online. Hal ini karena ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika berbelanja di momen harbolnas. Apa saja?

1. Bisa Mendapatkan Diskon Ekstra

Salah satu alasan kenapa orang sangat suka berbelanja ketika harbolnas adalah karena penawaran diskon yang diberikan sangat menggiurkan. Seller menawarkan diskon ekstra besar bahkan ada yang mencapai 99%. Tidak hanya itu, beragam promo menarik juga ditawarkan pada momentum harbolnas salah satunya adalah promo gratis ongkir tanpa minimal belanja.

2. Tidak Perlu Mengantri

Keuntungan lainnya jika Anda berbelanja saat harbolnas adalah tidak perlu mengantri. Cukup perhatikan layar smartphone baik-baik dan pilih barang yang ingin Anda beli dengan hanya satu kali klik saja. Nantinya barang akan di antar ke rumah tanpa Anda harus repot membeli secara langsung.

3. Metode Pembayaran Beragam

Satu lagi keuntungan berbelanja saat harbolnas adalah bisa melakukan pembayaran dengan berbagai metode yang mudah. Pihak e-commerce biasanya menawarkan berbagai metode pembayaran mulai dari debit, kredit, poin hingga membayar saat barang sampai atau sistem COD.

Baca juga: Waspadai Resi Palsu Saat Berbelanja Online, Jangan Asal Beli!

Tips Belanja Saat Harbolnas

Berbelanja saat harbolnas bisa memberikan Anda banyak keuntungan jika dapat melakukannya secara bijak. Nah, berikut ini beberapa tips belanja saat harbolnas yang tepat dan menguntungkan.

1. Buat Daftar Belanja

Sebelum momen harbolnas tiba, buatlah daftar barang yang ingin Anda beli terlebih dahulu. Selain agar lebih cepat dan tepat, cara ini juga menghindarkan Anda untuk membeli barang tidak penting karena tergiur diskon besar.

2. Pilih Platform yang Tepat

Momen harbolnas biasanya digelar secara serentak oleh berbagai platform e-commerce atau marketplace yang ada di Indonesia. Meskipun begitu, pilih salah satu platform saja agar lebih mudah mengatur waktu. Pilih platform yang menyediakan promo paling besar dan pilihan produk lengkap agar bisa mendapatkan semua barang incaran dengan harga murah.

3. Pilih Jasa Pengiriman yang Murah

Tidak semua platform e-commerce menawarkan promo gratis ongkir pada momen harbolnas. Maka dari itu, agar lebih biaya pengiriman, maka pastikan pilih jasa pengiriman yang paling murah seperti SAP Express. Dengan biaya pengiriman murah, Anda bisa berbelanja banyak produk tanpa pusing memikirkan ongkos kirim.

Tidak bisa dipungkiri jika saat ini masyarakat lebih tertarik untuk berbelanja secara online dibandingkan dengan berbelanja secara konvensional. Harbolnas bisa menjadi momen yang menguntungkan karena Anda bisa berbelanja online dengan mudah, murah dan cepat tanpa harus berdesak-desakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.