Bisnis

Mengenal Perbedaan Inbound Marketing dan Perbedaannya dengan Outbound Marketing

inbound channel adalah

Inbound channel adalah salah satu strategi yang biasa digunakan dalam dunia marketing atau pemasaran. Dengan menggunakan strategi ini, perusahaan bisa mendapatkan konsumen lebih banyak sehingga peluang produk terjual juga akan lebih besar. Manfaatnya akan berimbas pada keuntungan yang semakin meningkat.

Baca Juga : Jenis dan Cara Kerja Video Marketing yang Penting Diketahui Pebisnis

Untuk membuat bisnis berkembang dan bisa menghasilkan keuntungan, memang dibutuhkan strategi yang tepat. Ada banyak jenis strategi marketing yang bisa digunakan perusahaan, diantaranya seperti inbound dan outbound marketing seperti ini.

Jika Anda masih bingung apa perbedaan antara  marketing inbound vs outbound, simak ulasan ini hingga akhir, ya!

Apa itu Inbound dan Outbound Marketing

Sebelum membahas tentang perbedaan inbound vs outbound marketing, lebih dulu akan dibahas tentang apa itu inbound marketing. Pemasaran secara inbound mengacu pada upaya pemasaran yang dengan tujuan menarik konsumen. Upaya yang dilakukan dengan cara menyesuaikan diri dengan apa yang diinginkan oleh konsumen.

Strategi inbound marketing ini berupaya agar ditemukan oleh konsumen baru, bukan menemukan konsumen baru. Jadi fokus pelaku bisnis tidak lagi menjual akan tetapi lebih fokus pada bagaimana konsumen berpotensi ini bisa menemukan produk dalam pencarian mereka.

Sedangkan outbound marketing adalah teknik pemasaran yang berfokus pada menemukan konsumen yang memiliki prospek tinggi untuk menjadi pelanggan. Outbound marketing termasuk dalam bentuk pemasaran klasik yang berfokus untuk mendorong pesan keluar.

Cara Pemasaran Inbound dan Outbound Marketing

Inbound channel dan outbound channel adalah memiliki cara pemasaran yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, berikut penjabarannya.

Cara Pemasaran Inbound Channel

  • Optimasi SEO
  • Meningkatkan eksistensi di media sosial
  • Pembuatan konten yang interaktif 
  • Newsletter via Email
  • Konten yang bisa didownload seperti eBook dan pdf
  • Membuat konten visual
  • Menyediakan alat yang bisa digunakan secara online
  • Video
  • Webinar

Cara Pemasaran Outbound Channel

  • Iklan TV
  • Telepon dari telemarketer
  • Direct email 
  • Iklan gambar dan text di internet
  • Iklan cetak di majalah dan koran
  • Email atau SMS masal ke daftar yang dibeli
  • Papan billboard

Kelebihan dan Kekurangan Inbound vs Outbound Marketing

Outbound dan inbound adalah strategi marketing yang banyak digunakan untuk pebisnis saat ini. Kedua jenis strategi marketing ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, yaitu:

Kelebihan dan Kekurangan Inbound Marketing

Kelebihan inbound marketing adalah:

  • Tingkat konversi yang tinggi
  • Budget yang rendah
  • Dicintai oleh konsumen
  • Lebih santai

Kekurangan inbound marketing:

  • Membutuhkan waktu yang lama untuk dilakukan
  • Hasil tidak cepat terlihat
  • Jumlah prospek lebih terbatas

Kelebihan dan Kekurangan Outbound Marketing

Kelebihan outbound marketing:

  • Cakupan yang luas
  • Hasil dapat cepat dilihat

Kekurangan outbound marketing

  • Tidak terlalu efektif
  • Efek yang hanya untuk jangka pendek

Pada dasarnya keduanya adalah dua channel atau strategi marketing yang sama-sama bisa mengembangkan bisnis. Hanya saja, kedua channel ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus Anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

Inbound dan outbound marketing adalah dua kombinasi yang sempurna untuk memaksimalkan pemasaran jika dilakukan secara bersamaan. Akan tetapi untuk bisa menggunakan dua strategi ini secara bersamaan pastinya dibutuhkan biaya dan SDM yang lebih banyak.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Strategi Mobile Marketing dan Kelebihannya

Di era digital seperti sekarang ini, lebih banyak perusahaan yang menerapkan contoh inbound marketing dalam strategi pemasarannya. Strategi ini dianggap lebih efektif untuk mendapatkan konsumen serta lebih minim biaya promosi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.