Berita

Panduan Cara Mendaftarkan Lokasi Bisnis Anda di Google Maps

cara daftar lokasi di google maps

Cara daftar lokasi di Google Maps terbilang simpel, namun pengaruhnya terhadap bisnis yang dijalankan sangatlah besar dan signifikan. Untuk meningkatkan penjualan bisnis dan meningkatkan popularitas bisnis, tentu mendaftarkan lokasi bisnis di Google Maps sangatlah penting untuk dilakukan. Dengan memasang lokasi yang tepat, maka bisnis Anda akan lebih mudah untuk ditemukan dan peluang penjualannya akan semakin tinggi.

Manfaat Daftar Lokasi Bisnis di Google Maps

Mendaftarkan lokasi di Google Maps dapat memberikan berbagai manfaat, terutama bagi bisnis dan pengguna yang ingin meningkatkan visibilitas dan keterjangkauan online. Selain itu, cara daftar lokasi bisnis di google maps sangatlah mudah dan simpel sehingga tidak akan membuat pebisnis pemula ribet. Berikut adalah beberapa manfaat mendaftarkan lokasi di Google Maps:

Baca Juga : Cara Menentukan Biaya Jastip yang Menguntungkan dan Berkelanjutan

1. Ditemukan Lebih Mudah

Dengan mendaftarkan lokasi di Google Maps, bisnis atau lokasi Anda dapat ditemukan lebih mudah. Pengguna dapat mencari informasi lengkap tentang tempat tertentu atau bisnis di suatu wilayah.

2. Peningkatan Keterlihatan Online

Lokasi yang terdaftar di Google Maps lebih mungkin muncul dalam hasil pencarian Google. Kondisi ini akan membuat bisnis atau tempat usaha lebih mudah untuk ditemukan oleh calon konsumen.

3. Informasi yang Lebih Lengkap

Mendaftar di Google Maps memungkinkan Anda menyertakan informasi terperinci tentang bisnis atau lokasi Anda, termasuk jam operasional, nomor telepon, alamat, dan deskripsi bisnis. Dengan adanya informasi yang lengkap, tentu membantu calon pelanggan mendapatkan informasi yang lengkap dan relevan.

4. Ulasan dan Peringkat Pengguna

Pengguna dapat memberikan ulasan dan peringkat pada bisnis atau lokasi yang terdaftar di Google Maps. Nantinya, ulasan ini dapat membantu membangun reputasi bisnis sehingga semakin dipercaya oleh konsumen.

5. Navigasi dan Petunjuk Jalan

Pengguna dapat menggunakan Google Maps untuk menavigasi dan mendapatkan petunjuk jalan menuju lokasi bisnis Anda. Hal ini memudahkan pelanggan untuk bisa menemukan dan berkunjung ke lokasi bisnis Anda.

6. Dukungan untuk Platform Mobile

Dengan mendaftar di Google Maps, bisnis atau lokasi Anda dapat diakses oleh pengguna yang mencari informasi menggunakan perangkat seluler atau handphone. Baik pengguna handphone android maupun IOS, tentu akan sangat mudah mengakses lokasi atau tempat bisnis.

7. Pencarian Berbasis Lokasi

Google Maps mendukung pencarian berbasis lokasi, yang berarti pengguna dapat mencari bisnis atau lokasi di sekitar. Teknologi Google Maps dapat menjadi alat untuk menarik dan mendapatkan pelanggan lokal.

8. Integrasi dengan Google My Business

Mendaftarkan lokasi di Google Maps sering terkait dengan Google My Business, yang menyediakan platform untuk mengelola informasi bisnis secara online. Dengan memanfaatkan fitur Google My Business, maka potensi kemajuan bisnis akan makin besar.

9. Potensi Pengunjung dan Pelanggan Baru

Dengan visibilitas yang ditingkatkan, bisnis atau lokasi Anda memiliki peluang untuk menjangkau dan menarik pengunjung atau pelanggan baru. Mendaftarkan lokasi di Google Maps tidak hanya memberikan manfaat praktis, tetapi juga dapat menjadi strategi pemasaran digital yang efektif untuk menghubungkan bisnis dengan pelanggan potensial.

Cara Daftar Lokasi di Google Maps Menggunakan Komputer

Komputer merupakan perangkat elektronik yang memiliki peranan penting di era modern karena bisa membantu mempermudah pekerjaan manusia. Dengan menggunakan perangkat komputer, Anda jadi bisa mendaftarkan bisnis dalam Google Maps sehingga lebih mudah ditemukan lokasinya oleh calon konsumen.

Cara daftar lokasi usaha di google maps menggunakan komputer tidaklah sulit, namun ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, meliputi:

  • Buka situs web Google Maps di browser web Anda
  • Pastikan Anda login ke akun Google Anda dan jika belum, klik tombol “Masuk” di sudut kanan atas dan masukkan informasi login Anda.
  • Gunakan fungsi pencarian di Google Maps untuk menemukan lokasi yang ingin Anda daftarkan.
  • Klik pada pin atau ikon lokasi pada peta untuk membuka informasi lebih lanjut tentang lokasi tersebut.
  • Di panel informasi lokasi, cari dan klik opsi “Tambahkan Tempat yang Hilang” (atau mungkin varian kata yang serupa).
  • Google Maps akan membuka formulir pendaftaran yang meminta informasi tentang lokasi. 
  • Isilah formulir dengan informasi yang akurat, seperti nama bisnis, alamat, nomor telepon, dan kategori bisnis.
  • Google mungkin memerlukan verifikasi, ini bisa melibatkan pengiriman kode verifikasi melalui telepon atau surat.
  • Setelah mengisi formulir dan menyelesaikan proses verifikasi, Anda akan mendapatkan konfirmasi bahwa lokasi Anda berhasil didaftarkan di Google Maps.
  • Kembali ke panel informasi lokasi dan perbarui atau tambahkan informasi tambahan seperti, jam operasional, foto, deskripsi bisnis, dan informasi lainnya.
  • Setelah semua informasi diperbarui dan Anda puas dengan pendaftaran, proses pendaftaran lokasi di Google Maps dianggap selesai.
Bisnis online

Cara Daftar Titik Lokasi di Google Maps Lewat Handphone

Selain pendaftaran lokasi di Google Maps menggunakan perangkat komputer, Anda juga bisa melakukan pendaftaran dengan menggunakan handphone saja. Untuk mendaftarkan lokasi di Google Maps melalui handphone, setidaknya ada beberapa cara mendaftarkan alamat di google map lewat hp yang perlu dilakukan: 

  • Silahkan mengunduh dan menginstal aplikasi Google Maps pada perangkat seluler Anda.
  • Pastikan Anda sudah login ke akun Google Anda dan jika belum, masuklah ke akun Google Anda.
  • Gunakan fitur pencarian di Google Maps untuk menemukan lokasi yang ingin Anda daftarkan.
  • Setelah menemukan lokasi, ketuk atau klik pada pin atau ikon yang menandakan lokasi tersebut untuk membuka informasi lebih lanjut.
  • Pada beberapa perangkat, Anda mungkin menemukan opsi “Tambahkan Tempat yang Hilang” atau “Tambahkan Bisnis Anda.” Pilih opsi ini untuk memulai proses pendaftaran.
  • Google Maps akan meminta informasi terkait lokasi yang ingin Anda daftarkan. 
  • Isilah formulir pendaftaran dengan informasi yang akurat, seperti nama bisnis, alamat, nomor telepon, dan kategori bisnis.
  • Google mungkin memerlukan verifikasi, ini bisa melibatkan pengiriman kode verifikasi melalui telepon atau surat.
  • Setelah Anda berhasil mengisi formulir dan menyelesaikan proses verifikasi, konfirmasi pendaftaran akan muncul. 
  • Lokasi Anda akan dipublikasikan di Google Maps setelah diverifikasi.
  • Anda dapat kembali ke halaman bisnis Anda di Google Maps dan memperbarui informasi atau menambahkan detail tambahan, seperti jam operasional, foto, atau deskripsi bisnis.
  • Setelah Anda puas dengan informasi yang dimasukkan dan proses verifikasi telah selesai, pendaftaran lokasi di Google Maps selesai.

Pastikan untuk secara rutin memeriksa dan memperbarui informasi lokasi jika ada perubahan dalam bisnis atau rincian lokasi. Proses ini dapat bervariasi sedikit tergantung pada pembaruan dan fitur baru yang mungkin diperkenalkan oleh Google Maps.

Apakah Menambahkan Alamat di Google Maps Bayar? 

Wajib Anda ketahui bahwa menambahkan alamat di Google Maps secara umumnya tidak memerlukan pembayaran alias gratis. Google Maps adalah layanan yang dapat digunakan secara gratis oleh pengguna untuk mencari, menemukan, dan menambahkan lokasi atau alamat baru. 

Anda dapat menambahkan bisnis, tempat wisata, atau alamat rumah Anda ke Google Maps tanpa dikenakan biaya. Dengan cara daftar lokasi di Google Maps, tentu bisnis Anda akan lebih ditemukan oleh orang lain sehingga bisa menarik konsumen baru dengan lebih cepat. Namun, perlu diingat bahwa jika Anda menambahkan bisnis atau tempat komersial, Google Maps dapat menawarkan opsi untuk memasang iklan.

Selain itu, Google Maps juga selalu menawarkan platform bisnis Google My Business yang berbayar, ini mungkin melibatkan biaya tergantung pada jenis dan skala layanan yang Anda pilih. Jadi, secara umum, menambahkan alamat atau lokasi di Google Maps untuk tujuan dasar tidak memerlukan pembayaran. 

Namun, jika Anda memiliki niat untuk menggunakan fitur bisnis lanjutan atau mendapatkan visibilitas yang lebih besar, Anda dapat mempertimbangkan layanan berbayar.

Berapa Lama Proses Penambahan Lokasi di Google Maps? 

Proses penambahan lokasi di Google Maps dapat bervariasi dalam hal waktu yang diperlukan untuk pendaftaran dan peninjauan. Google Maps memerlukan verifikasi untuk memastikan bahwa Anda memiliki hak untuk menambahkan atau mengelola lokasi tersebut. 

Baca Juga : 10 Ide Usaha Rumahan yang Tidak ada Matinya

Proses verifikasi bisa memakan waktu tergantung pada metode yang dipilih, seperti melalui telepon atau surat pos. Setelah Anda mengajukan penambahan lokasi, data diproses oleh sistem Google Maps dan waktu proses bervariasi tergantung proses internal Google.

Google Maps mungkin melakukan peninjauan manual untuk memastikan bahwa informasi yang dimasukkan sesuai dengan pedoman mereka. Jika Anda menambahkan bisnis atau lokasi komersial, Google mungkin melibatkan proses verifikasi dan peninjauan lebih lanjut. 

Waktu proses juga dapat dipengaruhi oleh jumlah permintaan yang diterima oleh Google Maps, jika ada volume tinggi pengajuan, waktu proses dapat memanjang. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor di atas, proses penambahan lokasi di Google Maps biasanya dapat memakan waktu dari beberapa hari hingga beberapa minggu. 

Penting untuk memastikan bahwa informasi yang Anda masukkan akurat dan sesuai dengan pedoman Google Maps untuk mempercepat proses verifikasi dan peninjauan.

Secara garis besar, melakukan pendaftaran lokasi di Google Maps merupakan langkah yang penting untuk meningkatkan visibilitas bisnis atau lokasi Anda secara online. Para calon konsumen pasti akan lebih mudah mendapatkan informasi mengenai bisnis yang Anda jalankan sehingga peluang penjualan akan semakin besar.

Pendaftaran lokasi tidak hanya menyediakan keuntungan praktis dalam mengarahkan pelanggan ke tempat Anda, tetapi juga menjadi salah satu strategi pemasaran digital yang efektif. Demikian ulasan lengkap mengenai cara daftar lokasi di Google Maps dan semoga semua pembahasannya bisa bermanfaat buat para pembaca. Good Luck.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *