Bisnis

Panduan Membuat Katalog Online yang Efektif untuk Bisnis Anda

katalog online

Katalog online menjadi salah satu hal yang sering digunakan di era ini untuk menunjukkan produk dari sebuah usaha atau bisnis. Selain itu, biaya katalog seperti ini pun cenderung rendah daripada katalog fisik dan dapat kamu bagikan kapan saja.

Perangkat yang digunakan memiliki daya yang cukup dan kondisi internet yang stabil. Untuk membuatnya sendiri, kamu dapat menggunakan jasa profesional yang sudah berpengalaman. Namun, kamu juga buat katalog online gratis dengan menggunakan beberapa aplikasi.

Apa itu Katalog Online?

katalog online adalah merupakan daftar barang atau produk yang tersedia secara daring. Sehingga dapat diakses oleh siapa saja selama memiliki link untuk mengakses file tersebut. Sistem informasi seperti ini sudah banyak digunakan oleh para pelaku usaha.

Selain efisien, penggunaan jenis katalog ini pun mampu menekan biaya promosi. Hal ini karena tidak perlu mengeprint atau mencetak katalog terlalu banyak, seperti halnya katalog fisik. Tidak hanya itu saja, catalog ini pun dapat kamu bawa kemana pun dengan mudah.

Baca Juga : 8 Cara Membuat Foto Produk yang Menarik

Bagaimana Cara Membuat Katalog Online

Dalam membuat katalog online, untuk basicnya sebenarnya sama saja dengan katalog offline atau fisik. Meskipun begitu, untuk lebih memastikan desain dan informasi yang disajikan sesuai dengan target market, simak informasi dibawah ini yuk!

1.      Tentukan Target Audiens

Sebelum menemukan cara membuat katalog di hp, kamu juga perlu menentukan dan memahami target audiens yang ingin kamu sadar terlebih dahulu. Sehingga informasi maupun visualisasi yang ditampilkan pada katalog disukai dan relevan dengan kebutuhan mereka. Cobalah untuk mengingat kembali, siapa target market yang kamu sasar untuk produk usaha ini.

Misalnya, kamu menyediakan produk untuk ibu dan anak. Sehingga produk yang kamu sediakan pun seperti baju-baju anak dan ibu, mainan, susu bayi, dan lain sebagainya. Dengan begitu, kamu dapat mensurvei kembali warna-warna yang disukai, kebiasaan target market, pendapatan dari target market, tokoh idola, dan lain sebagainya. 

Maka setelah menelusuri lebih jauh, maka kamu dapat kesimpulan bahwa rata-rata target market lebih menyukai warna-warna soft dan netral, menyukai hal-hal yang simpel, dan lain sebagianya. Maka dari informasi tersebut Anda dapat menentukan tone warna desain, copywriting seperti apa, dan sebagainya.

2.      Gunakan Visual yang Menarik

Cara membuat katalog online gratis  selanjutnya yang dapat kamu terapkan adalah menentukan desain foto yang dapat menarik perhatian target audiens. Terutama jika usaha yang kamu geluti bergerak dalam bidang makanan dan minuman. Kamu dapat menentukan konsep foto atau konten sesuai dengan kesukaan dari produk yang dijual maupun target market disasar.

Selain itu, foto-foto sayuran yang diambil pun usahakan memiliki kejernihan yang bagus. Jika perlu tambahkan ornament lainnya untuk membuat hidup desain yang kamu buat. Namun, pastikan untuk terlalu berlebihan dalam menyajikan. Pasalnya, hal tersebut bisa saja memberikan kesan yang norak dan tidak beraturan.

3.      Perhatikan Desain Katalog

Kamu juga dapat menggunakan aplikasi katalog online gratis, sehingga biaya untuk promosi akan jauh lebih hemat. Namun, kamu perlu memperhatikan desain katalog dengan sangat teliti. Dari mulai tata letak foto, tulisan, dan lain sebagianya. Sehingga katalog yang kamu buat tidak hanya menarik secara visualisasinya saja.

Akan tetapi, isinya pun dapat membuat konsumen merasa hal tersebut relevan dengan masalah yang mereka hadapi. Misalnya, kamu ingin menjual sayuran organic karena target market yang kamu sasar merupakan orang-orang yang memiliki gaya hidup sehat.

Maka untuk Katalog online usaha tersebut, kamu dapat menggunakan warna hijau dengan dikombinasikan dengan warna putih. Untuk memperkuat kesan alami pada produk yang sedang akmu pasarkan.

4.      Gunakan Software Pembuatan Katalog Online

Katalog online dengan bantuan software atau aplikasi maka dapat desain yang kamu buat dapat cepat selesai. Selain itu, kamu juga tidak perlu khawatir jika kemampuan menggambarmu tidak terlalu hebat. Pasalnya, banyak template-template atau elemen tersedia pada aplikasi desain yang dapat kamu gunakan.

Dengan begitu, kamu dapat dengan leluasa untuk mendesain produk yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Namun, kamu pun dapat menggunakan layanan aplikasi berbayar untuk membuatmu tambah leluasa dalam mendesain. Sehingga dapat menggunakan berbagai macam fitur, template, maupun elemen

5.      Sertakan Informasi Brand

Kamu juga perlu menonjolkan keunggulan dari barang atau produk yang kamu promosikan. Sehingga konsumen memahami bahwa produk yang kamu jual memang dibutuhkan oleh mereka. Sampaikan deskripsi produk dengan jelas dan menggunakan story telling yang baik.

Sehingga customer dapat dengan mudah memahaminya. Hindari menggunakan kata-kata yang tidak sesuai dengan target market. Misalnya, kamu menjual pakaian untuk remaja, tetapi dalam tulisan promosinya menggunakan istilah-istilah baku yang asing bagi para remaja.

 Cantumkan pula, mengenai detail bahan-bahan yang digunakan untuk pakaian tersebut. Dengan begitu, konsumen dapat membayangkan dengan jelas produk tersebut. Apabila kamu bingung, cobalah untuk  contoh katalog online yang lainnya sebagai bahan referensi.

Bisnis online

6.      Perhatikan Jangka Waktu Penggunaan

Seperti halnya katalog fisik, katalog jenis ini pun tidak dapat digunakan selamanya. Hal ini karena produk yang kamu buta pun bisa jadi bertambah atau terdapat trend-trend baru. Dimana hal tersebut dapat mempengaruhi daya pikat para pembeli.

 Selain itu, perubahan katalog pun dapat berubah karena stok barang yang ada di gudang habis. Sehingga tidak mungkin akan dicantumkan pada katalog, terutama jika waktu tersedia produk tersebut tidak diketahui.  Dengan begitu, usahakan untuk menyesuaikan durasi waktunya dengan baik. Jika dirasa ada yang berubah, maka jangan ragu untuk membuat desain baru untuk katalog.

7.      Mulai Promosikan Katalog

Setelah katalog selesai kamu buat, maka sekarang saatnya untuk menyebar luasnya ke konsumen. Untuk caranya sendiri, kamu dapat mencantumkan link dari katalog online yang telah kamu desain di semua platform yang usaha kamu gunakan.

 Selain itu, dapat juga dipromosikan melalui story akun pribadimu untuk memancing konsumen. Baik itu facebook, instagram, dan lain sebagainya. Pilihlah platform atau sosial media yang memang banyak digunakan oleh target market sehingga kesempatan untuk menjangkau customer pun akan jauh lebih besar.

Aplikasi Untuk Membuat Katalog Online Dari HP

Desain katalog online gratis dapat kamu buat melalui beberapa aplikasi dibawah ini dengan mudah. Untuk cara penggunaan software ini cenderung mudah, sekalipun oleh pemula. Adapun aplikasi yang dapat membantumu tersebut adalah sebagai berikut

1.      Canva

Membuat katalog online gratis dengan menggunakan canva menjadi salah satu psi terbaik. Hal ini karena Canva memiliki fitur yang cukup lengkap, dari mulai template, jenis font, elemen, dan lain sebagainya. Sehingga memungkinkan kamu untuk editing video dan foto, membuat logo, katalog, poster, dan lain sebagainya.

2.      Snapseed

E-katalog dapat kamu buat dengan bantuan fitur-fitur yang ada pada aplikasi Snapseed sehingga hasilnya akan tampak profesional. Selain Canva, aplikasi ini pun sudah di unduh oleh banyak orang dari berbagai kalangan maupun usia.  Kamu dapat mengedit saturasi, mengatur pencahayaan, eksposur, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Cara Membuat Website Toko Online yang Sukses dengan 6 langkah Mudah

3.      Publisher

Aplikasi katalog online gratis ini menjadi salah satu software yang dapat kamu gunakan untuk kartu nama, poster, sampai dengan membuat majalah. Sehingga dapat memisahkan dalam membuat kolase foto beserta keterangannya. Kamu juga dapat menerapkan berbagai macam template gratis dalam aplikasi ini.

4.      Flipsnack

Aplikasi membuat katalog online ini kemungkinan kamu dapat dengan mudah untuk mengconvert file nya menjadi PDF. Sehingga formatnya tidak akan mudah berubah, meskipun dibuka pada perangkat manapun. Kamu juga dapat menambahkan gambar maupun keterangan dari produk secara during.

5.      iPaper

Aplikasi untuk membuat ini, katalog jualan online cukup unik karena terdapat fitur untuk dapat membuat konsumen dapat langsung melakukan pembelian. Sehingga setelah melihat produk dari katalog, tidak perlu repot-repot lagi masuk atau login ke marketplace maupun DM pemilik usaha.Kamu dapat buat katalog online gratis dengan beberapa aplikasi, dari mulai canva, snapseed, sampai dengan iPaper. Selain itu, dalam membuat katalog sebaiknya memperhatikan beberapa hal. Yakni menentukan target audience terlebih dahulu, menggunakan visual menarik, dan sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *