Bisnis

Peluang Usaha yang Cocok untuk Anak Muda dan Menguntungkan

Usaha yang cocok untuk anak muda

Usaha yang cocok untuk anak muda memang tergolong banyak dan memiliki peluang yang cukup bagus. Sehingga tidak ada salahnya jika kamu ingin mencobanya. Namun, pastikan bahwa kamu memiliki kemampuan basic atau minat terhadap hal tersebut. Dengan begitu, Anda tidak terlalu kesulitan dalam menjalankan. Selain itu, pahami pula ilmu lainnya untuk menunjang usahamu.

Usaha Apa yang Bagus dan Cocok untuk Anak Muda?

Ada beberapa bisnis yang cocok untuk anak muda dan kamu pun dapat memilih mana jenis usaha yang memang sesuai dengan kebutuhanmu dan kamu rasa memiliki pasar yang cukup menjanjikan. Untuk lebih jelasnya simak ulasan usaha dibawah ini!

Baca Juga : 10 Jenis Bidang Usaha Jasa yang Menjanjikan & Diminati

1.      Membuka Franchise / Kemitraan

Jenis usaha ini sebenarnya sudah banyak dicoba oleh banyak orang karena memang bisnis anak muda milenial tidak terlalu ribet. Pasalnya, semua bahan, cara atau pengelolaan produk, pelatihan pelayanan, dan lain sebagainya biasanya sudah disediakan oleh pihak pusat. Dengan begitu, kamu pun tidak perlu riset-riset atau melakukan banyak percobaan untuk menemukan produk yang tepat.

Dengan begitu, kamu hanya membutuhkan lokasi atau tempat usaha dan pegawai saja. Selain itu, usaha yang cocok untuk anak muda dengan modal kecil ini sudah memiliki dikenal oleh banyak orang.

2.      Menjadi Penulis Lepas

Apakah kamu memiliki kemampuan dalam menulis? Jika iya, maka tidak ada salah untuk membuka usaha dalam bidang kepenulisan.  Di era yang sekarang banyak perusahaan membutuhkan penulis atau content writer ataupun copywriter untuk memasarkan produk. Namun, sebaiknya kamu memiliki portofolio terlebih dahulu sebelum memasarkan jasa yang disediakan.

 Sehingga nantinya, client dapat memeprtimbangkan kamu untuk bekerjasama. Selain itu, dapat kamu pasarkan melalui sosial media maupun profile LinkedIn. Pastikan pula, untuk mengisi atau melengkapi data profil di website tersebut saat mempromosikan bisnis yang cocok buat anak muda ini.

3.      Membuka Thrift Shop

Bisnis apa yang cocok untuk anak muda? Salah satunya yaitu dengan membuka Thrift Shop. Dimana pakaian bekas yang dijual nantinya masih tetap layak pakai. Bahkan tidak jarang banyak orang yang menjual barang-barang yang masih dalam keadaan bagus.

 Biasanya, barang yang sering diincar oleh konsumen yaitu sepatu, pakaian, maupun tas. Disini pun tidak jarang banyak barang-barang branded yang dapat kamu jual dengan harga-harga terjangkau. Bahkan modelnya pun beragam sehingga kamu dapat dengan leluasa untuk memilihnya.

4.      Menjadi Guru Privat

Apabila kamu memiliki kemampuan dalam mengajar dan menguasai satu bidang keilmuan atau lebih atau berpengalaman, maka usaha untuk anak muda laki-laki ini cocok untuk kamu coba. Selain itu, dalam memulai usaha ini tidak membutuhkan modal yang banyak bahkan tidak menggunakan uang sama sekali.

Misalnya, jika kamu lulusan jurusan sains, maka dapat membuka usaha les dalam bidang keilmuan matematika, kimia, fisika, dan lain sebagainya yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Selain itu, kamu pun dapat menyasar anak TK, anak SMP, sampai degan umum.  

5.      Menjadi Penerjemah

Bisnis ini menjadi salah satu usaha yang cocok untuk pemula karena kamu dapat memanfaatkan kemampuanmu dalam bahasa Inggris untuk menjadi seorang translator ataupun seorang penerjemah. Bahkan nantinya kamu dapat membentuk tim sendiri, sehingga potensi memiliki banyak client dapat terwujud tanpa pengorbanan layanan yang primas. Selain itu, biaya untuk jasa ini pun diketahui cukup tinggi.

6.      Membuka Usaha Kuliner

Apakah kamu suka memasak? Jika iya, maka ide bisnis anak muda di desa dapat kamu coba. Sehingga dapat kamu lakukan dimana saja, baik di area perkotaan maupun pedesaan. Untuk usaha kulinernya dapat kamu sesuaikan dengan kemampuanmu.

 Misalnya, kamu memiliki keahlian dalam bidang membuat kue, maka dapat membuka usaha cemilan, kue kering, cake, dan lain sebagainya. Namun, jika lebih berminat dan memiliki keahlian dalam bidang memasak, maka dapat mencoba jualan masakan, catering untuk acara, dan sebagainya.

7.      Membuka Warung Kopi

Bisnis anak muda milenial kerap digandrungi oleh berbagai generasi. Pasalnya, selain memiliki menu dengan biaya terjangkau dan enak, juga tempatnya memang nyaman untuk ngobrol. Bahkan untuk dekorasi tempat ini pun beragam dan unik. Bahkan ada pula yang melengkapinya dengan wifi. Sehingga bisa saja, setiap warkop memiliki dekorasi yang berbeda-beda.

8.      Membuka Jastip

Kamu suka bepergian ke luar negeri? Jika iya, maka hal tersebut dapat dijadikan peluang untuk mendapatkan tambahan. Adapun bisnis yang dapat kamu jalankan yaitu dengan membuka jasa titip. Dimana produk-produk tersebut hanya dapat ditemukan di luar negeri , sehingga tidak heran apabila banyak orang yang tertarik untuk menitip barang.

 Selain itu, konsumen pun tidak perlu repot-repot pergi ke luar negeri untuk membeli produk tersebut. Nantinya, semakin mahal harga produk biasnaya harga jasa titipnya pun kemungkin besar tinggi. Bisnis ini pun masuk ke yang masuk ke dalam 10 usaha yang menjanjikan.

banner Agen Retail

9.      Membuka Usaha Isi Ulang Air Minum dan Gas

Usaha kreatif sebenarnya tidak hanya melulu berkaitan dengan teknologi saja. Akan tetapi, kategori ini pun dapat masuk ke dalam usaha anak muda kreatif. Khususnya jika kamu dapat mengamati marketing dan layanan dengan cara unik dan dapat memuaskan pelanggan.

Misalnya, kamu memasarkannya melalui sosial media sehingga orang-orang yang berada di sekitar area tempat usahamu mengetahui hal tersebut. Bahkan jika perlu, silahkan ada event-event tertentu untuk menarik perhatian konsumen. Siapa tahu, nantinya lama-kelamaan cakupannya bukan hanya antar perumahaan saja. Namun, antar kota bahkan bisa membuat produk sendiri.

10.  Membuka Bisnis Laundry

Siapapun memang membutuhkan pakaian bersih dan rapi untuk menunjang aktivitas kesehariannya.  Akan tetapi, ada beberapa orang yang tidak sempat untuk mencuci pakaian. Baik karena terlalu lelah, tidak memiliki waktu untuk mencuci, dan lain sebagianya.

Sehingga usaha ini  dapat kamu jadikan salah satu ide yang menarik. Cobalah buat tempat usaha dekat dengan kosan orang-orang yang kerja, kuliah, dan lain sebagainya. Siapkan pula sabun, pewangi, dan lain sebagainya yang aromanya dapat membuat konsumen merasa puas untuk menggunakan jasamu.

11.  Menjadi Reseller 

Ide usaha yang cocok untuk anak muda selanjutnya yaitu menjadi reseller. Kamu tidak perlu menciptakan produk sendiri sehingga waktu yang dimiliki dapat digunakan untuk manajemen maupun memperluas jangkauan bisnis.

Adapun usaha yang biasanya membuka reseller itu beragam, dari mulai fashion, perabotan, dan lain sebagainya. Biaya untuk gabungan pun terbilang lebih rendah daripada menjadi seorang agen.

12.  Jasa Menjaga Hewan Peliharaan

Kamu juga dapat membuka usaha jasa untuk menjaga hewan peliharaan. Biasanya, jasa ni sering digunakan saat pemilik tidak ada di tempat dan harus pergi ke suatu tempat. Baik dalam jangka waktu yang cukup lama maupun beberapa hari. Selain itu, pastikan untuk menyiapkan pula mainan, ruangan bersih, dan lain sebagainya untuk dapat menunjang usaha tersebut.

13.  Podcaster

Pasti kamu sudah tidak asing dengan hal ini, bukan? Pasal Yg, sekarang banyak sekali channel youtube atau bahkan di meida lainnya menyediakan konten seperti ini. Jenis usaha ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki minat terhadap bidang komunikasi dan senang mengobrol.

 Nantinya, jika konten kamu sukai, maka view dan iklan yang tayang pun akan mengalami kenaikan. Sehingga wajar saja apabila usaha ini masuk ke dalam list ide bisnis anak muda yang memiliki peluang bagus. Terutama jika kamu mengelola dan mengembangkannya secara serius dan optimal.

14.  Influencer Media Sosial

Apabila kamu memiliki ketertarikan terhadap suatu hal, maka tidak ada salah untuk serius terhadap itu. Misalnya, kamu memiliki minat terhadap kecantikan maka tidak ada salahnya untuk mereview atau membagikan tips and trik dalam merias diri dan menjaganya.

Nantinya, jika akunmu banyak diikuti dan interaksinya pun bagus. Maka akan ada beberapa perusahan yang mengajak bekerjasama dengan kamu.

Baca Juga : 7 Ide Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

15.  Jasa Pembuatan Konten

Jasa ini meliputi untuk pembuatan konten website, sosial media, dan lain sebagainya. Biasanya hal ini dilakukan untuk menarik perhatian konsumen terhadap produk yang kamu jual. Dengan adanya layanan ini, maka beberapa perusahaan akan terbantu. Awalnya, mereka tidak perlu repot-repot dalam membuat konten yang cocok untuk target marketnya.

16.  Live-Streaming Gamers

Jika memiliki minat dan kemampuan dalam bidang game, tidak ada salahnya kamu mencoba untuk melakukan live streaming games. Adapun salah satu situs terkenal  yang sering digunakan yaitu Twitch.TV.

17.  Fotografer atau Videografer

Sebuah ide tentu terasa kurang, apabila tidak ditampilkan dalam visualisasi  maupun  audio. Terutama jika itu merupakan campaign perusahaan. Maka jasa fotografer maupun videographer dapat menunjang penyampaian campaign kepada konsumen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *