Bisnis

Pentingnya Daftar HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) Bagi Pengusaha

daftar HAKI

Daftar Haki merek usaha penting bagi setiap orang yang memiliki karya cipta atas elektabilitas tersebut.  Selain itu, pendaftaran ini merupakan salah satu bentuk ketaatan hukum.  Dimana nantinya dapat melindungi setiap karya, seperti merk usaha. Dengan begitu, para pelaku usaha akan terhindar dari kerugian di masa mendatang.

Baik secara material maupun kerugian moral yang disebabkan karena klaim atau pengakuan HAKI sepihak tanpa kepastian hukum. Belum lagi penggunaan merek usaha yang dipergunakan oleh orang tidak bertanggungjawab dan menciptakan citra buruk.

Mengapa Mendaftarkan Haki Penting Untuk Merek?

Ada beberapa alasan mengapa mendaftarkan merek usaha ke lembaga Haki terkait fungsi yang ada menurut pemberlakuan hukum, itu sangat penting. Mulai dari fungsi untuk menjaga hak eksklusifitas. Sehingga tidak ada orang atau perusahaan yang dapat menggunakan merek tersebut sesuai kepentingan mereka.

Baca Juga : 7 Cara Membuat Brand Identity Untuk Bisnis yang Kuat

Selain itu, hal ini pun mencakup pada logo yang perusahaan Anda kenakan. Dengan begitu, Jika ada orang yang menggunakannya tanpa izin Anda, dapat diproses secara hukum.  Hal ini pun dapat mencegah orang lain menggunakan merek tersebut tanpa persetujuan atau izin pemilik. Daftar merek haki dapat memberikan keamanan dan pengakuan secara legalitas terhadap keberadaan usaha yang yang Anda jalankan. Sehingga Anda dapat lebih leluasa dalam menjalankan kegiatan bisnis.

Untuk cara daftar Haki dapat Anda lakukan seorang diri atau meminta bantuan terhadap penyedia jasa layanan legalitas. Biasanya, nanti akan dipadu menangani apa saja yang perlu Anda siapkan untuk melakukan pengajuan, sehingga lebih efisien. Adapun alasan lain, mengapa merek perlu didaftarkan yaitu  Anda  dapat menikmati nilai ekonomis.

Tidak hanya itu saja, merek yang terdaftar pun dapat meningkatkan kredibilitas yang dimiliki oleh perusahan. Adapun masa berlaku perlindungan ini yaitu sekitar 10 tahun dan dapat Anda perpanjang di kemudian hari. Namun, sebelum melakukan pengajuan daftar merk, pastikan brand Anda telah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Apa Syarat Untuk Mendaftar Haki?

 Ada beberapa Syarat daftar haki yang perlu Anda penuhi. Meskipun begitu, pastikan bahwa nama brand untuk produk yang ditawarkan memuat visi maupun misi dari bisnis yang dijalankan. Sehingga, dalam hal ini tidaklah asal dilakukan. Adapun ketentuan  dalam membuat nama merek untuk diajukan adalah sebagai berikut!

  • Etiket atau label merk
  • Surat rekomendasi UKM binaan ataupun UKM binaan Dinas Asli (untuk usaha kecil dan mikro)
  • Surat pernyataan UMK yang telah diberikan materai ( Untuk pemohon/ pelaku usaha mikro dan kecil)
  • Surat pernyataan hak merek usaha bersangkutan
  • Fotocopy KTP atau identitas yang bersangkutan
  • Fotokopi Akta pendirian badan hukum yang dilegalisir secara resmi
  • Fotokopi NPWP badan hukum yang ada
  • Fotokopi KTP atas nama yang bersangkutan berbadan hukum untuk ditandatangani surat pernyataan dan surat kuasa

Apabila semua syarat poin di atas sudah terpenuhi secara lengkap, yang bersangkutan tinggal menunggu hasil dari DJHKI. Pengumuman biasanya akan dipublikasikan sekurang-kurangnya setelah 18 bulan dari hasil pengajuan. Dengan permohonan paten selama menunggu pengumuman akan dimuat di berita secara resmi.

 Dalam memberitahukan tujuan mengetahui hak kekayaan intelektual yang dipatenkan. Alhasil jika ada masyarakat atau investor luar yang merasa keberatan karena dianggap tidak memenuhi syarat untuk dipatenkan. Maka mereka dapat mengajukan secara tertulis kepada DJHKI. Daftar merek online untuk pengajuan ulang yang akan kembali ditinjau.

Sementara khusus inventor atau bersangkutan yang ditolak diperbolehkan mengajukan banding ke Komisi Banding Paten. Dimana nantinya akan berlanjut ke Pengadilan Niaga dan kasasi Mahkamah Agung. Namun, jika investor pengajuan hak paten tetap ditolak hasil Haki akan menjadi public domain. Dengan hanya memperoleh sertifikat hak paten dari DJHKI.

Bisnis online

Bagaimana Cara Mendaftar Haki Merek Usaha

Cara daftar haki sebenarnya cukup mudah Anda ikuti. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut sesuai arahan atau petunjuk.

Pertama-tama registrasi akun merek.di dgip.go.id daftar haki online yang ada di laman internet Anda. Setelah itu, tekan tambah untuk membuat permohonan baru sebagai pengajuan daftar merek usaha yang pertama

Isi pesan kode billing dengan mengisi tipe, jenis dan pilihan kelas yang tertera, kemudian lakukan pembayaran sesuai tagihan pada aplikasi SIMPAKI.

Setelahnya isi seluruh formulir yang tersedia dan unggah data dukung yang dibutuhkan

Apabila semua data dirasa semua sudah terisi dengan benar, Anda tinggal menunggu proses selanjutnya. Selain itu, cara daftar haki online ini yang tidak terlalu ribet dan mudah Anda coba kapan saja dan dimanapun.

Apakah Mendaftar Haki Bayar?

Biaya daftar haki sendiri terbagi ke dalam beberapa golongan yang diantaranya adalah pengajuan merek lokal dan internasional. Untuk mengetahui rinciannya, simak ulasan berikut ini!

1.     Biaya permohonan merek lokal

Berlaku bagi usaha mikro dan usaha kecil untuk biaya daftar merek haki secara elektronik (online) per kelas 500.000. Sedangkan untuk umum biaya pendaftaran hki secara elektronik (online) tersebut per kelas 1.800.000.

2.     Permohonan merek internasional

Adapun jenis permohonan pendaftaran merek internasional berdasarkan protokol madrid antara lain :               

  • Permohonan Pendaftaran Merek Internasional Per Kelas menurut CHF 144 memiliki beberapa ketentuan. Adapun diantaranya adalah sebagai berikut:                 
  • Dalam jangka waktu 6 bulan sebelum atau sampai berakhirnya perlindungan merek per kelas untuk kode CHF 180
  • Dalam jangka waktu 6 bulan setelah  berakhirnya perlindungan merek per kelas untuk kode CHF 360
  • Penggantian atau Replacement Merk National Menjadi Merek Internasional biaya per kelas sebesar 1.000.000
  • Biaya Administrasi Permohonan Pendaftaran Merek Internasional yang Berasal dari Indonesia satu kali per Permohonan biayanya sebesar 500.000.

Tips Menentukan Nama Brand Atau Merk

Merk merupakan sebuah identitas bagi produk sehingga sebisa mungkin, untuk membuatnya dengan hati-hati. Dengan begitu, pengajuan yang Anda lakukan tidak akan terhambat. Untuk tips dalam menentukan nama merek adalah sebagai berikut!

1.     Bersifat Baru

Merek usaha tersebut belum pernah dipublikasikan terlebih dahulu. Untuk memastikan merek usaha tidak sama, Anda sendiri dapat langsung cek merek hki secara online.  Sementara langkah yang harus segera diurus agar memperoleh hak paten berikutnya adalah mengajukan permohonan.

Baca Juga : Rebranding: Pengertian, Jenis, Tujuan dan Alasan Bisnis Melakukannya

Pasalnya, salah satu Cara daftar haki brand  yang paling pertama di sorot adalah nama dari merk. Apabila nama tersebut sama dengan brand yang sudah terdaftar, otomatis pengajuan Anda pun dapat ditolak. Sehingga perlu diperhatikan dengan teliti, jangan sampai pengajuan permohonan menjadi batal.

2.     Sesuai dengan bidang usaha

Sebelum mengajukan pendaftaran hki online, pastikan bahwa merk usaha sesuai dengan dengan industri maupun produk yang Anda tawarkan. Hal ini dilakukan supaya nama dari brand tersebut mudah dikenal oleh orang lain. Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan nama dengan visi maupun misi dari perusahaan yang akan hendak Anda jalankan.

3.     Pilih nama yang mudah diingat

Kebanyakan nama-nama brand terkenal itu mengandung kata yang singkat dan unik. Selain itu, nama tersebut sangat mudah untuk diingat oleh masyarakat. Dengan begitu, cobalah memilih nama yang simpel dan mudah untuk dihafalkan oleh target market.

 Semakin sulit nama yang Anda buat, maka bisa jadi target pasar yang  disasar pun akan semakin kesulitan dalam mengingat brand Anda. Anda pun dapat konsultasi atau membicarakan hal ini dengan rekan bisnis Anda sebelum akhirnya nanti melakukan pengajuan Daftar merek Haki.Daftar haki memang tidak dapat dikatakan sebagai sesuatu yang sepele, sebab ada alasan dan hukum aturan dalam pengajuannya. Jadi, penting memahami perlunya mendaftarkan merek usaha ke lembaga Haki sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Untuk memastikan nama brand sudah diajukan atau belum oleh perusahaan atau pihak lain, Anda dapat cek haki terlebih dahulu melalui website resminya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *