Bisnis

Pentingnya Desain Kemasan Produk Untuk Menarik Minat Konsumen

desain kemasan produk

Dalam membuat produk, tentunya sebagai pebisnis Anda perlu mempersiapkan berbagai hal. Mulai dari modal, tenaga kerja, sampai dengan desain kemasan produk yang tidak kalah pentingnya. Sebab, dengan desain kemasan produk yang menarik, barang yang Anda jual memiliki nilai tambah. Namun, kemasan produk bukanlah berfungsi sebagai hiasan semata saja. Anda perlu memastikan bahwa produk yang Anda jual berkualitas, dan memiliki nilai. 

Nah, lalu apa tujuan dari desain kemasan produk kreatif dan aplikasi apa yang bisa dimanfaatkan untuk desain kemasan produk? Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

Pengertian Desain Kemasan Produk 

Dilansir dari 99Designs, desain kemasan produk adalah kreasi bagian luar dari sebuah produk. Ini termasuk dengan pilihan bahan dan bentuk serta grafik, warna dan font yang digunakan pada kemasan, kotak, kaleng, botol atau wadah apa pun. Desain produk kemasan tidak hanya sebagai alat untuk menarik konsumen, namun juga untuk menyampaikan pesan-pesan penting kepada para konsumen. 

Oleh sebab itu, sebelum membuat desain kemasan produk, Anda perlu merumuskan jawaban atas berbagai pertanyaan seperti produk apa yang Anda jual, siapakah yang akan menjadi pembeli Anda, dan dengan cara apa konsumen membeli produk Anda. Dengan begitu, jawaban tersebut akan memudahkan Anda memutuskan dalam proses desain kemasan. 

Apa Tujuan dari Desain Kemasan Produk?

Desain kemasan produk tidak hanya berfungsi sebagai pembungkus, namun terdapat tujuan yang ingin dicapai melalui kemasan tersebut. Apa saja?

1. Membuat Produk Menjadi Menarik

Tujuan dari desain kemasan produk tidak lain adalah untuk membuat produk menjadi menarik. Seperti yang kita ketahui, biasanya konsumen melihat dari kemasannya terlebih dahulu. Setelah itu, baru mempertimbangkan produk di dalamnya. Dengan desain kemasan yang menarik, produk bisa membedakan diri dari pesaingnya di rak toko. Tidak hanya itu, desain kemasan produk yang eye catching dan estetik dapat mendorong pembelian impulsif pelanggan. 

2. Mempertahankan Keseragaman Produk

Desain kemasan produk yang konsisten berfungsi sebagai penanda standar untuk sebuah produk. Dengan mempertahankan kemasan yang seragam, produk tentunya akan terlihat memiliki kualitas dan keseragaman yang konsisten, sehingga memudahkan konsumen dalam mengenali dan menemukan produk Anda. 

3. Mengembangkan Inovasi dalam Menciptakan Kemasan

Tujuan desain kemasan produk yang selanjutnya adalah untuk mengembangkan inovasi dalam menciptakan kemasan. Selain itu, inovasi dalam kemasan dapat memberikan keunggulan kompetitif dan membedakan produk dari yang lain. Salah satunya adalah dengan memastikan produk menggunakan material bahan yang baru serta berkualitas. 

Baca Juga : 8 Jenis Packing Barang Pelindung Paket Anda

4. Memperkuat Tampilan Estetika

Kemasan produk memiliki peran yang penting dalam meningkatkan aspek estetika dan nilai produk. Selain itu juga berfungsi sebagai strategi untuk memperkuat citra produk di mata konsumen. Intinya, pelanggan akan lebih tertarik pada desain kemasan produk dengan tampilan visual yang memikat dan menarik. 

5. Identifikasi dan Informasi

Pada desain kemasan produk, biasanya sudah tercantum informasi penting mengenai produk, termasuk dengan merek, tanggal kadaluarsa, instruksi penggunaan serta bahan-bahan yang digunakan. Dengan begitu, informasi lengkap yang tertera pada kemasan dapat membantu konsumen untuk memilih dan menggunakan produk dengan tepat. 

Manfaat Desain Kemasan Produk

Lalu apa manfaat desain kemasan produk ini bagi bisnis? Berikut adalah daftar manfaatnya;

1. Memperkuat Identitas Brand

Alasan yang sangat penting untuk mendesain sebuah kemasan produk dengan baik yaitu untuk meningkatkan kekuatan mereka. Dengan begitu, konsumen bisa dengan mudah membedakan produk Anda dari produk pesaing. Desain kemasan produk yang mempunyai tampilan unik dan menarik tentunya akan membantu perusahaan menonjolkan keunggulan produknya. 

2. Menampilkan Sisi Menarik dari Produk

Manfaat selanjutnya dari desain kemasan produk adalah untuk menampilkan sisi menarik dari produk sehingga konsumen termotivasi untuk memberikan review mengenai produk. Tidak hanya itu, dengan desain kemasan produk yang berkualitas, produk dapat terlindungi dengan baik ketika dikirim ke daerah lain. 

3. Terlihat Menonjol di Media Sosial

Kini, siapa saja bisa mengakses media sosial dan oleh sebab itu Anda perlu memiliki desain kemasan produk yang menarik agar bisa terlihat menonjol di berbagai platform sosial media. Di era digital ini, Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk membantu promosi produk Anda. Misalkan saja Instagram, Facebook, Twitter, atau bahkan TikTok yang sekarang memiliki perkembangan pesat. 

4. Desain Produk Menggambarkan Kualitas Produk

Manfaat berikutnya adalah desain produk yang menggambarkan kualitas produk Anda. Apabila Anda kreatif untuk membuat desain yang unik, tentunya konsumen akan beranggapan bahwa produk yang Anda jual berkualitas. Oleh sebab itu, pastikan desain Anda sekreatif mungkin ya!

cod

5. Menciptakan Hubungan Emosional dengan Target Pasar

Manfaat desain kemasan produk kreatif yaitu untuk menciptakan hubungan emosional dengan target pasar. Tidak dapat dipungkiri bahwa warna desain pada kemasan mampu menciptakan respons emosional dari target pasar. Contoh desain kemasan produk yang memiliki warna serba pink, mungkin akan lebih mudah menarik minat para wanita, dan yang lain sebagainya. 

Cara Membuat Desain Kemasan Produk Unik Untuk Bisnis

Nah, selanjutnya adalah tips cara membuat desain kemasan yang unik untuk bisnis. Apa saja? Yuk simak!

1. Gunakan Desain yang Sederhana

Untuk mendapatkan kemasan yang unik, Anda bisa menggunakan desain kemasan produk yang simple. Desain yang minimalis cukup menjadi tren saat ini. Ketika desain kemasan produk dipenuhi dengan visual yang banyak, konsumen tidak memiliki cukup waktu untuk memperhatikan detail-detail ini. Oleh sebab itu, pastikan Anda ‘keep it simple’ dalam pembuatan desain kemasan produk. 

2. Memanfaatkan Gambar yang Menarik

Cara membuat desain kemasan produk yang unik yaitu dengan memanfaatkan gambar yang menarik. Dengan visual yang bagus, Anda bisa bersaing dengan merek lain baik di toko ataupun online. Namun itu bukan berarti Anda harus menampilkan warna gambar yang berani. Anda dapat mempertimbangkan terlebih dahulu produk lain di pasar, dan seperti apa tampilan gambar pada produk lain sehingga dapat membedakan produk Anda. 

3. Gunakan Warna Cerah dan Berbeda

Agar desain kemasan produk Anda eye-catching bagi pelanggan, Anda perlu menggunakan warna cerah dan juga berbeda. Misalkan saja Anda menjual produk permen, pada setiap rasa permen Anda bisa menggunakan warna yang berbeda. Contoh permen dengan rasa pisang dapat Anda berikan warna kuning, dan rasa stroberi bisa Anda berikan warna merah, dan lain-lain. 

Aplikasi yang bisa digunakan untuk Desain Kemasan

Lantas, apa saja aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk desain kemasan produk? Berikut adalah aplikasinya;

Baca Juga : Cara Kirim Fragile Paket Agar Tidak Mudah Rusak

1. Canva

Untuk Anda yang sudah sering desain brosur, CV, postingan Instagram, tentunya Anda sudah familiar dengan aplikasi Canva. Selain dapat digunakan di PC, Anda juga bisa membuat desain kemasan produk Anda di ponsel saja lho! Canva terdapat berbagai macam template untuk desain kemasan produk. Ada template yang gratis, dan ada premium yang mengharuskan Anda untuk membayar setiap bulannya. Tidak hanya untuk kemasan produk, Anda juga bisa membuat label dan logo bisnis Anda menggunakan Canva ini. 

2. Logaster

Aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk desain kemasan produk adalah Logaster, yang menyediakan layanan pembuatan logo profesional dengan cara yang mudah dan cepat. Untuk bisnis, tentunya aplikasi ini sangat memudahkan Anda untuk membuat desain kemasan produk atau logo. Sama seperti Canva, Logaster memiliki berbagai desain yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda. 

3. PixelLab

Aplikasi selanjutnya adalah PixelLab yang merupakan platform edit gambar dan desain grafis cukup popular. Pengguna bisa menggunakan aplikasi ini di perangkat android. Hanya dengan aplikasi PixelLab, Anda dapat membuat desain kemasan produk yang unik. Dengan berbagai fitur, Anda juga bisa membuat logo, stiker, label untuk berbagai keperluan bisnis Anda. Demikianlah ulasan kali ini mengenai pentingnya desain kemasan produk untuk bisnis. Buatlah desain kemasan unik agar pembeli tertarik untuk membeli barang Anda. Untuk Anda yang ingin mengirim paket, SAP Express memiliki layanan Last Mile Delivery yang sudah menjangkau ratusan kota di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *