Bisnis

Apa Penyebab Wa Bisnis Error Dan Bagaimana Mengatasinya?

wa bisnis error

Wa bisnis error memang dapat terjadi kapan saja, penyebabnya pun beragam dan hal tersebut pun dapat mengganggu operasional usaha yang Anda jalankan. Dengan begitu, masalah tersebut pun perlu diselesaikan sesegera mungkin. Supaya tidak menimbulkan kerugian yang besar.

Apa Penyebab WA Bisnis Error?

Sebelum mengatasi WA bisnis yang mengalami error, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu penyebab dari aplikasi tersebut error itu apa. Sehingga dapat memudahkan Anda untuk menemukan cara terbaik untuk mengatasi. Adapun penyebab yang dimaksud adalah sebagai berikut!

1.      Tidak bisa kirim pesan

Seperti yang diketahui, sebelum menemukan cara mengatasi whatsapp error pada android, maka terlebih dahulu perlu mengetahui penyebabnya. Nah, salah satu penyebab WA menjadi error karena tidak dapat mengirimkan pesan kepada kontak lain. Dimana hal tersebut dapat Anda lebih dari keterangan chat atau pesan yang dikirimkan kepada penerima.

Baca Juga : Cara Membuat Deskripsi WA Bisnis untuk Jualan

Dimana logo yang ditampilkan yaitu seperti halnya jam dan yang menjadikannya seperti ini biasanya karena aplikasi WA bisnis belum Anda perbarui.  Selain itu, bisa juga ciri-ciri wa error ini karena penyimpanan handphone yang Anda gunakan penuh. Bahkan bisa juga karena adanya masalah pada google playstore.

2.      Aplikasi WhatsApp tidak bisa dibuka

Alasan kenapa wa bisnis error yaitu sebagian besar karena perangkat tidak terhubung dengan koneksi internet. Sehingga tidak dapat membuat Anda tidak dapat menikmati berbagai macam fitur yang WA sediakan.

Namun, bisa juga karena adanya aplikasi Task Killer yang ada pada perangkat. Dimana hal tersebut dapat memastikan aplikasi WA. Selain itu, bisa juga karena adanya penumpukan data atau cache pada perangkat.

3.      Server WhatsApp down

Alasan wa bisnis error yaitu karena server WA sedang mengalami down. Jika hal ini memang terjadi, maka tidak ada pilihan lain selain menunggu sistem diperbaiki oleh pihak WA. Sehingga nantinya dapat diperbaiki oleh pihak yang bertanggung jawab.

Hal ini karena tidak dapat diselesaikan sendiri dan bukan tanggung jawab Anda. Nantinya, masalah ini akan diatasi oleh pihak pengembang aplikasi ini, yaitu Meta. Selain itu, masalah ini tidak hanya dialami oleh Anda saja, melainkan oleh orang lain juga.

Biasanya perkiraan waktu yang membuat layanan tersebut dapat berfungsi kembali yaitu sekitar  beberapa jam bahkan satu hari penuh untuk menjadikan sistemnya kembali normal

4.      Tidak Mendapat Kode Verifikasi

Saat melakukan registrasi atau baru mengaktifkan WA bisnis, biasanya Anda akan dikirimi kode verifikasi, apabila tidak menerima maka bisa saja aplikasi tersebut mengalami error. Dengan begitu, pastikan untuk memasukkan nomor telepon yang tepat.

Selain itu, Anda pun perlu mengingat bahwa nomor hanya dapat didapatkan satu kali saja. Sehingga Anda tidak dapat menggunakan nomor yang sama di aplikasi WA bisnis lainnya. pastikan pula bahwa jaringan yang Anda miliki saat melakukan verifikasi dalam keadaan yang stabil.

5.      Tidak Bisa Menjawab atau Menerima Panggilan

Apakah Anda mengalami panggilan yang memiliki kualitas buruk, seperti halnya putus-putus atau bahkan tidak dapat melakukan bahkan menerima panggilan? Jika iya, bisa saja hal tersebut karena koneksi internet yang kurang stabil. Dengan begitu, sebelum melakukan atau menerima panggilan, pastikan jaringan dalam keadaan yang stabil.

Cara Mengatasi Whatsapp Error

Setelah mengetahui penyebab dari WA error, maka langkah selanjutnya adalah mengatasi masalah tersebut dengan cara yang tepat. Adapun untuk mengatasinya adalah sebagai berikut!

1.      Cek Apakah WhatsApp sedang down

Untuk mengecek kondisi WA sedang down atau tidak, maka Anda dapat melakukannya pengecekan dengan membuka aplikasi atau browser lainnya. Apabila semua fitur berfungsi dengan baik, maka bisa jadi WA mengalami down atau server sedang bermasalah. Sehingga tidak ada cara lain untuk mengatasi wa bisnis error yaitu dengan menunggu aplikasi pulih kembali.

Bisnis online

2.      Periksa Jaringan Internet

Cara mengatasi wa error tidak bisa masuk yaitu dengan mengecek jaringan internet yang Anda miliki. Terlebih dahulu Anda dapat melakukan pengecekan dengan cara menggunakan browser atau aplikasi lainnya. Jika semua fitur tidak dapat digunakan, bisa jadi hal tersebut memang karena jaringan kurang stabil.

Apabila menggunakan jaringan Wifi, Anda dapat memastikan terlebih dahulu jaringan Wifi dan mengaktifkan data. Jika Anda dapat menjalankan WA bisnis dan aplikasi lainnya, maka kemungkinan besar masalahnya ada pada wifi. Dengan begitu, cobalah untuk melakukan restart router Wifi terlebih dahulu. Kemudian, nanti Anda dapat mencobanya kembali,

3.      Bersihkan Cache Aplikasi

Cara mengatasi wa bisnis error yaitu dengan cara memberikan ptijapan cache pada perangkat. Lalu apa itu cache? Itu adalah data yang biasanya secara otomatis akan tersimpan di aplikasi secara sementara.

 Apabila Anda membersihkan cache secara teratur, maka dapat mengurangi beban daya yang dapat membuat aplikasi WA menjadi error. Untuk menghapus data tersebut, Anda dapat membuka pengaturan, kemudian cari aplikasi, dan pilihlah WhatsApp. Setelah itu, cobalah ketuk opsi hapus Cache.

4.      Update WhatsApp

Aplikasi WA bisnis pun dapat mengalami masalah karena belum update, sehingga untuk cara mengatasi whatsapp business error yaitu dengan mengupdate terlebih dahulu WA. Sehingga nantinya, aplikasi WA yang dimiliki adalah versi terbaru.

Untuk melakukan update, Anda hanya perlu mengunjungi Play Store atau pun App Store, kemudian ketik keyword di kolom pencarian ‘’WhatsApp Business”. Kemudian klik dan tunggu beberapa saat sampai aplikasi tersebut benar-benar terinstal.

5.      Install ulang WhatsApp

Apa Anda mengalami wa error tidak bisa dibuka? Jika iya, maka Anda dapat melakukan instal ulang terhadap aplikasi. Namun, perlu diingat bahwa metode ini akan mengharuskan Anda untuk mengkonfirmasi kode verifikasi.

Sehingga pastikan, nomor yang digunakan untuk aplikasi ini memang masih aktif. Sehingga nantinya, Anda akan lebih mudah dalam mengkonfirmasi kode verifikasi yang dikirim ke nomor tersebut. Cara pertama yang perlu Anda lakukan yaitu dengan meng uninstall terlebih dahulu aplikasi. Kemudian, instal kembali aplikasi melalui Playstore maupun App Store yang ada pada perangkat yang Anda miliki.

Manfaat WA Bisnis

Ada beberapa manfaat yang dapat Anda nikmati sebagai pelaku usaha saat menggunakan aplikasi ini. Sehingga usaha yang Anda jalankan dapat berjalan dengan mudah, terutama dalam menghandle konsumen. Untuk lebih jauhnya, simak keunggulan dari WA bisnis ini!

  1. Balas pesan secara otomatis

Anda dapat mengatur pesan dengan otomatis, sehingga dapat memudahkan Anda dalam melayani konsumen. Fitur ini sendiri mencakup memberikan salam, memberikan informasi layanan maupun produk, menjawab pertanyaan umum, bahkan dapat memberikan respon saat bisnis sedang tutup.

Dengan begitu Anda tidak perlu standby atau mengulang ketikan yang sama untuk merespon konsumen.  Adapun firur yang dapat Anda nikmati adalh sebagai berikut!

  • Away Message: Digunakan untuk merespon konsumen dengan cepat.
  • Greeting Message: Digunakan untuk menyambut atau menyapa pelanggan baru secara otomatis
  • Quick Replies: Digunakan untuk membalas pesan  secara cepat dari pelanggan dengan bentuk pertanyaan yang sama.
  1. Katalog produk

WA bisnis pun telah dilengkapi oleh fasilitas katalog sehingga pembeli atau calon konsumen dapat melihat-lihat produk yang Anda pasarkan melalui fitur ini. Dengan begitu, konsumen tidak akan repot-repot untuk bertanya mengenai produk yang Anda jual.

Baca Juga : Mudah, Ini Cara Membuat Link WA untuk Jualan Online!

Untuk lebih lengkapnya, Anda Pun dapat memasukan deskripsi pada produk tersebut. sehingga konsumen dapat memahami karakteristik atau spesifikasi dari produk yang hendak ia beli.

  1. Profil bisnis

Dalam WA bisnis, Anda pun dapat mengelola profile dengan lengkap dengan rinci. Sehingga konsumen dapat mengenal lebih jauh mengenai too tau bisnis yang Anda kelola. Adapun fitur yang tersedia yaitu seperti deskripsi singkat bisnis, gambar profil bisnis, dan jam operasional.

Tidak hanya itu saja, Anda pun dapat memasukan informasi kontak, alamat toko, dan lain sebagainya. Sehingga dapat memberikan kesan profesional dan meningkatkan kredibilitas toko yang Anda kelola.

  1. Fitur Broadcast

Apabila Anda ingin mengirimkan pesan secara massal, maka fitur ini dapat Anda gunakan. Pastinya, Anda dapat mengirimkan pesan kepada penerima yang dituju secara secara sekaligus. Namun, hal ini hanya bisa dilakukan kepada penerima yang menyimpan nomor telepon bisnis Anda. Fitur ini dapat Anda lakukan untuk memberitahukan produk baru, produk promosi, dan lain sebagainya.

WA bisnis error dapat Anda atasi dengan cara mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Setelah itu, barulah menentukan cara mana yang efektif dalam mengatasi masalah tersebut. Adapun acara tersebut yaitu dengan memeriksa jaringan internet, update WA, dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *