Logistik

Perusahaan Logistik: Pengertian, Jenis dan Kriteria yang Terbaik

perusahaan logistik terbaik

Perkembangan bisnis online yang semakin moncer, membawa dampak besar terhadap pertumbuhan industri logistik di Indonesia. Perusahaan logistik dibutuhkan oleh para pelaku bisnis online untuk membantu mengantarkan barang agar bisa sampai ke pelanggan dengan selamat.

Di era digital seperti sekarang ini, tren belanja online memang semakin diminati oleh masyarakat. Tidak heran jika bisnis online mampu berkembang dengan pesat karena jumlah konsumen yang terus meningkat seiring berjalannya waktu. Salah satu kunci kesuksesan dari bisnis online sehingga mampu berkembang pesat seperti sekarang ini adalah adanya peran jasa logistik yang membantu proses pengiriman barang ke berbagai pelosok daerah mungkin dilakukan.

Namun, sudah tahukah Anda apa itu perusahaan logistik dan seperti apa kriteria perusahaan logistik yang terbaik? Simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Perusahaan Logistik

Perusahaan logistik bisa diartikan sebagai perusahaan yang berfokus untuk memberikan layanan jasa transportasi atau pengiriman barang. Biasanya layanan yang diberikan juga disertai dengan adanya penjemputan paket yang akan dikirimkan.

Baca Juga : Kumpulan Informasi Jasa Pengiriman, Kurir, dan Logistik

Saat ini perusahaan logistik tidak hanya menawarkan layanan untuk mengirimkan barang saja. Akan tetapi beberapa perusahaan logistik ada juga yang memberikan pelayanan gudang untuk menyimpan stok barang dari konsumen. Layanan gudang ini sering disebut juga dengan istilah warehouse.

Layanan warehouse memiliki peran penting dalam menjaga rantai pasokan ke berbagai daerah. Dengan hadirnya perusahaan logistik, barang akan sampai ke alamat tujuan dengan aman dan mendapatkan pelayanan terbaik.

Jenis Perusahaan Logistik

Seiring perkembangannya, saat ini ada banyak jenis perusahaan logistik yang menawarkan berbagai jenis pelayanan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Beberapa jenis perusahaan industri logistik adalah sebagai berikut:

  • Lead Service Provider (Basic Service): perusahaan logistik jenis ini biasanya hanya menawarkan satu jenis layanan, contohnya seperti pengelolaan warehouse atau jasa kurir saja.
  • Three Party Logistic: perusahaan logistik jenis ini menawarkan beberapa layanan sekaligus seperti jasa warehouse dan forwarding serta bekerjasama dengan perusahaan transportasi untuk melakukan distribusi barang ke alamat tujuan.
  • Lead Logistic Provider: perusahaan logistik jenis yang ketiga ini semua proses distribusi barang hanya dilakukan oleh satu perusahaan.

Baca Juga : Ketahui Istilah Pengiriman Barang pada Tracking SAP Express

Kriteria Jasa Logistik yang Terbaik

Untuk Anda para pelaku bisnis online atau perusahaan yang membutuhkan jasa logistik, pastikan memilih perusahaan logistik terbaik yang sesuai dengan dengan kebutuhan. Agar tidak salah pilih, ketahui dulu beberapa kriteria perusahaan logistik terbaik seperti di bawah ini:

  • Memiliki jaminan barang sampai ke konsumen tanpa kerusakan
  • Estimasi waktu pengiriman cepat dan tepat
  • Menyediakan layanan tracking yang mudah
  • Menawarkan tarif pengiriman yang terjangkau
  • Menawarkan kemudahan dalam akses berbagai layanan yang dimiliki perusahaan logistik
  • Memiliki kantor cabang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia
  • Kesejahteraan pegawai yang bagus

Dengan tren belanja online yang terus berkembang, peluang bisnis jasa logistik masih akan menguntungkan dalam beberapa waktu kedepan. Akan tetapi untuk bisa memulai bisnis logistik, ada banyak persiapan yang perlu Anda lakukan, mulai dari modal, armada hingga mengurus perizinannya.

Perusahaan logistik memang memiliki peran penting khususnya bagi pelaku bisnis online yang membutuhkan jasa untuk mengantarkan paket ke pelanggan. Jika Anda membutuhkan jasa logistik, pastikan pilih perusahaan terbaik yang telah terbukti memberikan pelayanan yang terbaik untuk semua pelanggan, salah satunya adalah SAP Express. Dengan begitu, barang yang Anda kirim bisa sampai ke alamat penerima dengan lebih aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *