Finance

Rekomendasi Aplikasi Manajemen Toko, Cocok untuk Pengusaha Muda!

aplikasi manajemen toko

Sebagai pebisnis di bidang ritel dan jasa, baik itu toko online maupun offline, menggunakan aplikasi manajemen toko adalah hal yang sudah umum digunakan, terutama di Indonesia. Aplikasi manajemen toko atau POS (point of sales) adalah sistem untuk membantu transaksi penjualan, pesanan, dan keuangan berbasis digital yang sistematis, aman, dan efisien. 

POS juga bisa dibilang sebagai mesin kasir modern yang bisa menggantikan mesin kasir biasa dan sudah banyak digunakan banyak pengusaha produk dan jasa, seperti ritel, laundry, warung makan, dan barber shop. Anda pasti sering melihat POS, biasanya POS berbentuk mesin, tablet, gawai pintar, dan mesin EDC. 

Untuk smartphone, Anda dapat mengunduh aplikasi manajemen toko di salah satu play store favorit Anda. Mari kita cari tahu, aplikasi manajemen toko terbaik mana yang bisa Anda unduh sehingga Anda bisa membandingkan fitur yang satu dengan yang lain.

Rekomendasi Aplikasi Manajemen Toko

1. Mekari Qontak

Aplikasi manajemen toko yang bisa Anda unduh di smartphone pertama adalah Mekari Qontak. Aplikasi Mekari Qontak adalah salah satu aplikasi CRM (Customer Relationship Management) yang berfungsi untuk mengelola hubungan bisnis, dan informasi pelanggan yang dimanfaatkan untuk menjalin hubungan erat dengan pelanggan.

Penggunaan CRM tersebut bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan dan pelayanan pelanggan yang lebih prima. Beberapa pelayanannya adalah merencanakan, menjadwalkan, dan mengendalikan aktivitas pra dan pasca penjualan dalam sebuah bisnis.

Dengan menggunakan Mekari Qontak, Anda dapat merasakan beberapa keunggulan fiturnya, seperti:

  • Database 360° yang akan menampilkan interaksi pelanggan, seperti percakapan, kesepakatan, touchpoint dan janji dalam satu layar.
  • Pelacakan GPS secara langsung, baik secara online maupun offline.
  • Aktivitas dan pengawasan KPI (Key Performance Indicators) atau pencapain penjualan, kinerja tim, dan tren penjualan.
  • Terkoneksi dengan berbagai macam aplikasi penunjang lainnya, seperti Whatsapp, Instagram, Email, dan lain-lain.

Anda dapat mencoba secara gratis selama 14 hari atau berlangganan untuk merasakan semua fitur yang tersedia, mulai dari Rp200.000 per bulan.

Baca Juga : Catat, Ini 5 Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Usaha yang Cocok untuk Pebisnis!

2. Epos Now

Aplikasi manajemen toko selanjutnya yang bisa Anda rasakan fiturnya adalah aplikasi Epos Now. Epos now merupakan sistem POS yang digunakan untuk mengelola bisnis dengan bertujuan untuk manajemen inventaris barang, manajemen pelanggan, dan manajemen ritel.

Banyak pengusaha yang menggunakan Epos Now karena memudahkan pengusaha untuk menimbang produk secara digitalisasi, memindai barcode kartu kredit, membatalkan pesanan, dan menghitung diskon.

Aplikasi Epos Now memiliki berbagai macam fitur, seperti: 

  • Retail CRM software
  • Retail management software
  • Retail POS system
  • E-commerce integration
  • Small business POS system

Fitur-fitur di atas, bisa Anda gunakan untuk kelangsungan bisnis, mulai dari Rp1.500.000 atau $99.

3. Moka POS

Moka POS bisa menjadi salah satu alternatif pilihan Anda untuk memilih aplikasi manajemen toko berikutnya. Aplikasi tersebut merupakan sistem kasir yang berbasis cloud yang dapat membantu Anda untuk mengelola pesanan pelanggan. Selain mengelola pesanan pelanggan, Moka POS mampu melihat transaksi, membuat menu, dan membuat stok barang.

Dengan harga Rp299.000 per bulan/outlet, Anda dapat memanfaatkan fitur-fitur yang ada, seperti:

  • Laporan penjualan.
  • E-Wallet.
  • Manajemen penjualan.
  • Manajemen Karyawan.
  • CRM Basic.

Jika Anda tertarik menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mencoba terlebih dahulu secara gratis dengan memanfaatkan demo yang ditawarkan.

4. Pawoon

Salah satu aplikasi manajemen toko yang cocok untuk seorang pengusaha pemula atau calon pengusaha, yakni Pawoon. Pawoon meruapakan aplikasi kasir sederhana yang bisa digunakan pada smartphone, baik secara online maupun offline. Meskipun bisa digunakan secara offline, Anda tetap bisa melihat dan mengawasi transaksi yang terjadi di outlet secara real time.

Aplikasi manajemen toko itu dapat memaksimalkan peluang usaha Anda, apapun jenis dan skala usaha karena memiliki fitur di bawah ini.

  • Mampu beroperasi meskipun offline.
  • Modul meja.
  • Manajemen operasional.
  • Laporan dan analisis.

Fitur di atas, bisa Anda manfaatkan secara penuh, dengan berlangganan Pawoon Pro sebesar Rp299.000 per bulan/outlet atau Basic, sebesar Rp149.000 per bulan/outlet. Jika ingin mencoba-coba terlebih dahulu, Anda juga bisa mencoba menggunakan Pawoon secara gratis dengan batasan fitur.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Aplikasi Pengatur Keuangan Gratis

5. Vend

Sebagai pengusaha yang membutuhkan aplikasi manajemen toko untuk mengelola bisnisnya, Vend bisa menjadi pilihan Anda. Selain Pawoon, Vend juga cocok digunakan untuk calon dan pengusaha pemula skala kecil untuk kemajuan bisnisnya. Hal tersebut karena Vend hanya mampu meregistrasi 10 produk aktif.

Aplikasi manajemen toko tersebut dapat memindai pemindaian batang (barcode) langsung dari kamera handphone yang terintegrasi dengan sistem lainnya, seperti inventaris dan sistem titik penjualan.

Ada tiga harga yang ditawarkan oleh Vend, mulai dari $99 sampai $229 dengan berbagai macam fitur yang tersedia, seperti:

  • Loyalty program.
  • Email marketing.
  • Inventory management.
  • Employee management.
  • Reporting.
  • E-commerce integration.

6. Omega POS

Rekomendasi aplikasi manajemen toko terakhir yang akan kita ulas adalah Omega POS yang memiliki keunggulan dalam hal manajemen toko. Salah satu kelebihan dari Omega POS adalah Anda bisa dengan mudah menyatukan modul accounting dengan inventory produk.

Omega POS juga memiliki fitur lain, yakni dapat menganalisa perilaku pelanggan dari pesanan yang terjual, sehingga bisa mendapatkan data tentang kebutuhan setiap pelanggan. 

Aplikasi manajemen toko ini bisa Anda memanfaatkan dengan membayar mulai dari Rp125.000 sampai Rp.330.000 per bulan/alat atau mulai dari Rp1.250.000 sampai Rp.3.300.000 per tahun/alat.

Demikianlah pembahasan tentang rekomendasi aplikasi manajemen toko yang bisa Anda gunakan, baik untuk calon pengusaha, pengusaha muda, bahkan pengusaha senior dengan skala kecil sampai besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *