Finance

5 Rekomendasi Aplikasi Pengatur Keuangan Gratis

ilustrasi orang sedang menggunakan aplikasi pengatur keuangan

Kesulitan untuk mengatur keuangan bulanan? Mungkin Anda perlu rekomendasi aplikasi pengatur keuangan yang gratis. Dengan aplikasi seperti ini, Anda bisa merencanakan, mengatur hingga mengontrol keuangan bulanan dengan lebih baik dan mudah.

Mampu mengatur keuangan dengan baik merupakan salah satu kunci jika Anda ingin memiliki finansial atau keuangan yang sehat. Namun sayangnya tidak semua orang mampu mengatur keuangannya dengan baik sehingga tidak jarang justru mengalami minus atau bahkan berhutang demi memenuhi kebutuhan.

Untuk membantu mengatur keuangan dengan lebih baik, saat ini telah banyak tersedia aplikasi manajemen keuangan yang bisa membantu Anda untuk mengatur keuangan. Apa saja?

5 Aplikasi Pengatur Keuangan yang Bisa Digunakan Secara Gratis

Jika Anda kesulitan untuk mengatur keuangan bulanan dengan baik, tidak ada salahnya memanfaatkan aplikasi untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan keuangan. Dengan aplikasi seperti ini, akan memudahkan Anda untuk merencanakan, mengatur hingga mengontrol keuangan bulanan.

Berikut ini beberapa aplikasi gratis yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu mengatur keuangan:

1. Monefy

Salah satu aplikasi gratis yang bisa Anda gunakan untuk mengatur keuangan adalah Monefy. Ini merupakan aplikasi pengontrol pemasukan dan pengeluaran yang akan memudahkan Anda untuk memisahkan anggaran sesuai kebutuhan, mulai dari tagihan, transportasi, makanan dan lain sebagainya.

Aplikasi Monefy bisa menghitung persentase pengeluaran Anda secara otomatis selama periode tertentu. Jadi Anda bisa melihat dan mengontrol seberapa besar pengeluaran pada masing-masing kategori baik selama harian, mingguan, bulanan hingga tahunan.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Laba dan Cara Menghitungnya

2. Wallet

Wallet merupakan aplikasi pengatur keuangan bahasa Indonesia yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan sinkronisasi dengan berbagai fasilitas keuangan seperti rekening bank, kartu kredit hingga loyalty card. Dengan aplikasi ini, Anda tidak perlu mencatat transaksi secara manual karena semua transaksi akan terekam secara otomatis.

3. Finansialku

Rekomendasi aplikasi pengatur keuangan gratis yang selanjutnya adalah Finansialku. Ini merupakan aplikasi personal finance assistant yang dapat dimanfaatkan untuk membantu mengatur keuangan pribadi penggunanya. Dalam aplikasi ini, terdapat banyak fitur unggulan seperti dana pendidikan, dana menikah, dana membeli mobil, hingga dana pensiun.

Aplikasi pengatur keuangan ios dan android ini tidak hanya bisa digunakan untuk mengatur keuangan pribadi, namun juga bisa dimanfaatkan untuk menghitung keuntungan investasi yang Anda miliki. Selain itu, Finansialku juga memiliki fitur layanan konsultasi online yang bisa membantu Anda dalam merencanakan keuangan yang lebih baik.

4. MoneyWiz

MoneyWiz merupakan aplikasi pengatur keuangan terbaik karena menawarkan berbagai fitur canggih. Pengguna bisa melakukan sinkronisasi dengan akun bank serta menyusun laporan keuangan dengan terperinci demi tujuan financial yang lebih baik di masa mendatang.

Aplikasi pencatatan keuangan android ini juga memiliki fitur yang bisa digunakan untuk memproyeksikan kondisi keuangan pengguna hingga menyediakan pilihan investasi yang terbaik. Ada banyak pilihan investasi yang ditawarkan seperti saham, forex hingga cryptocurrency.

Baca juga: Analisis Keuangan: Pengertian, Tujuan dan Metode Analisisnya

5. TemanBisnis

Satu lagi aplikasi pencatatan keuangan harian gratis yang bisa Anda coba adalah TemanBisnis. Aplikasi ini menawarkan fitur yang mampu mencatat berbagai transaksi, evaluasi transaksi hingga menyusun laporan keuangan sehingga sangat cocok untuk pelaku bisnis.

TemanBisnis merupakan salah satu aplikasi pencatatan keuangan untuk UMKM yang bisa digunakan untuk berbagai jenis usaha mulai dari ritel, produksi, reseller, dropshipper hingga kelontong. Aplikasi ini juga mudah digunakan baik di smartphone maupun gadget sehingga akan sangat memudahkan penggunanya.

Selain lima rekomendasi di atas, masih ada banyak pilihan aplikasi pengatur keuangan gratis seperti Mint aplikasi keuangan. Anda bisa memilih jenis aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan keuangan sehingga manfaatnya akan lebih maksimal.

Mencatat semua pengeluaran dan pemasukan merupakan salah satu kunci untuk mengatur keuangan. Dengan adanya rekomendasi aplikasi pengatur keuangan yang gratis seperti di atas, Anda bisa merencanakan, mengatur hingga mengontrol keuangan pribadi maupun bisnis dengan lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.