Bisnis

Strategi Pemasaran Global untuk Meningkatkan Keberhasilan Bisnis

strategi pemasaran global

Strategi Pemasaran Global merupakan bagian dari strategi marketing untuk dapat memperluas bisnis secara global ke pasar dunia. Adapun tujuan dari hal ini dilakukan adalah untuk dapat menjangkau target pasar baru dengan jauh lebih luas dengan variasi produk. Namun, Anda perlu mengingat bahwa setiap daerah atau wilayah memiliki budaya yang berbeda.

 Sehingga perusahaan harus mampu dapat beradaptasi dengan  kebutuhan masyarakat di daerah tersebut. Misalnya, Anda menjual pakaian rumah, jika di Indonesia Anda cenderung menggunakan bahan yang adem dan menyerap keringat. Maka jika ingin berinovasi ke negara yang ada musim dinginnya. Maka Anda dapat mengkombinasikan dengan pakaian yang berbahan hangat.

Apa saja Elemen yang terdapat pada Strategi Pasar Global?

Strategi pemasaran global adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk pemasaran produk dengan target market masyarakat global. Sebelum membuatnya, Anda perlu memperhatikan beberapa elemen. Adapun antara lainnya adalah sebagai berikut!

Baca Juga : Strategi Bisnis untuk Memasuki Pasar Global dan Ciri-Cirinya

1.      Target Pasar

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui maupun menentukan target negara tujuan dari produk yang ingin Anda sasar secara umum. Buatlah sasaran yang target market yang spesifik dan relevan sehingga produk yang dipasarkan dapat konsumen terima dengan baik.

Selain itu, dalam membuat target market Anda perlu melakukan berbagai macam riset sehingga berhasil. Dengan begitu, produk yang perusahaan tawarkan dapat menjawab masalah konsumen. Tidak hanya itu saja, sebaiknya Anda pun melakukan analisa lebih jauh mengenai budaya supaya nantinya tidak bersinggungan dengan cultuur yang ada disana.

2.      Waktu

Dalam menyusun strategi, pemilihan waktu untuk memasuki pasar global pun perlu diperhatikan dengan baik. Untuk yang pertama adalah menjadi pioneer pada sektor bisnis dalam memasuki pasar global.

Sementara yang kedua yaitu menunggu kompetitor masuk dahulu ke pasar global sehingga nantinya dapat menganalisa kegagalan maupun kegagalan. Setiap waktu memiliki resiko maupun keuntungan yang perlu dipertimbangkan dengan sangat baik. Sebelum akhirnya memasuki pasar secara internasional

3.      Skala Bisnis

Elemen ini pun tidak kalah pentingnya dengan yang lainnya sehingga perlu Anda pertimbangkan dengan matang, baik itu nantinya berskala besar ataupun kecil. Dalam membuat keputusan tersebut melihat berapa banyak peluang konsumen membeli dan proses pembiayaannya.

Cara Memasuki Pasar Global yang Bisa Dilakukan Perusahaan?

Apa saja strategi pemasaran global? Yaitu mulai melakukan persiapan dari produk, lisensi, dan lain sebagainya. Dengan tujuan supaya mendapatkan hasil yang optimal dan proses operasional pun tidak terganggu. Untuk lebih jauhnya, yuk simak tips membangun strategi pasar global!

1.      Ekspor Produk

Strategi produk pemasaran global salah satunya yaitu dengan mengekspor produk ke luar. Dalam hal ini, Anda akan menjual maupun jasa ke pasar internasional dengan resiko yang cenderung lebih minim.

Bahkan banyak perusahaan yang lebih memiliki produk sebagai salah satu metode untuk pemasaran karena memang terbilang cukup efektif dalam pembiayaan. Pastikan juga bahwa produk tersebut memang dibutuhkan oleh konsumen.

Terlepas dari itu semua, Anda pun tetap perlu melakukan peningkatan kualitas maupun kuantitas, jika memiliki banyak permintaan. Selain itu, perusahaan pun juga perlu berhadapan dengan pihak keempat yaitu pemerintah dari negara tujuan sehingga proses penjualnya dapat berlangsung dengan mudah.

pengiriman internasional

2.      Lisensi

Strategi pemasaran global yang perlu kamu siapkan yaitu lisensi atau perizinan  kepada perusahaan di negara yang dituju untuk menggunakan properti yang perusahaan miliki. Seperti halnya hak paten, trademark, dan langkah produksinya.

Sehingga property yang dimaksud disini lebih kepada hal yang bersifat intangible atau dapat dikatakan tidak terlihat. Nantinya, perusahan lainnya akan membayar atas lisensi sebagai salah satu biaya hak cipta terhadap produk tersebut.

 Sehingga tidak heran apabila jenis strategi pemasaran global  ini terbilang cukup efektif karena Anda tidak perlu membuat produk. Selain itu, produk pun akan jauh lebih mudah diterima oleh masyarakat di negara tersebut. Tidak hanya itu saja, brand asli pun akan tetap terjaga dan akan lebih mudah popular melalui strategi yang perusahaan partner lakukan.

3.      Franchise

Strategi pemasaran global apa yang cocok diterapkan di pasar Indonesia? Menjadi salah satu pernyataan yang sering dipertanyakan. Namun, dengan melihat berbagai case yang ada sepertinya salah satu strategi yang cocok untuk diterapkan di negara ini yaitu Franchise. Bahkan metode usaha ini pun sudah menjamur di berbagai kota yang ada di masyarakat.

Lalu apa itu franchise? Yaitu salah satu metode dalam pemasaran dengan rangkaian aturan yang harus dipatuhi oleh pemiliknya di negara atau daerah lainnya.  Bahkan penggunaan dari bahan baku sampai dengan prosesnya itu mengikuti ketentuan dari perusahaan aslinya.

4.      Joint Venture

Strategi pemasaran global yang diterapkan pada perusahaan yang dapat Anda coba yaitu dengan menerapkan Joint Venture. Dimana nantinya ada dua perusahaan yang membuat atau mendirikan perusahaan baru dengan target marketnya adalah pasar global.

Perbedaannya adalah, satu harus merupakan perusahaan lokal dan satunya lainya berasal dari negara yang sama maupun berbeda. Adapun keuntungan dalam menggunakan metode ini yaitu perusahaan dapat belajar memahami budaya dan kebutuhan masyarakat tujuan dengan sedail atau serinci mungkin.

5.      Investasi Langsung

Jenis investasi ini adalah satu metode yang perusahaan lakukan dalam memasuki pasar internasional. Adapun caranya yaitu, perusahaan akan membentuk perusahaan baru atau pun mengakuisisi perusahaan yang telah ada sebelumnya.

6.      Partnership (Piggybacking)

Metode strategi pemasaran global yang efektif ini dikenal pula dengan sebutan piggybacking atau secara harfiah artinya menggendong. Akan tetapi, dalam konteks ini terdapat dua perusahaan yang tidak besaiang, bekerja sama untuk dapat menjual produk ke negara tujuan.

Selain itu, metode ini pun terbilang cukup rendah resikonya. Namun, metode ini mempertimbangkan kepercayaan kedua perusahaan yang bekerjasama. Sehingga usaha yang dilakukan dapat berhasil di pasar internasional.

Apa Contoh Strategi Pemasaran Global

Untuk memahami strategi pemasaran global dan contohnya, Anda dapat memperhatikan beberapa case berikut ini. Misalnya ada perusahaan Nata De Coco yang berasal dari Indonesia telah berhasil menembus pasar yang ada di Jepang.

Adapun rahasia keberhasilan dari perusahaan tersebut yaitu mereka meningkatkan kualitas sesuai dengan standar makanan negara tersebut. Selain itu, inovasi dan peningkatan kualitas pun terus dilakukan. Sehingga contoh strategi pemasaran global ini merupakan salah satu yang mendapatkan keuntungan besar dari negara tersebut.

Baca Juga : 8 Faktor Hambatan Perdagangan Internasional, Yuk Simak!

Keuntungan Melakukan Pemasaran Global

Ada beberapa manfaat strategi pemasaran global yang dapat Anda rasakan sebagai pelaku usaha. Adapun keuntungan tersebut adalah sebagai berikut!

1.      Peluang mendapatkan profit lebih besar

Perlu diakui bawah metode ini membutuhkan biaya yang cukup banyak, tetapi hal ini pun dapat membantu perusahaan mendatangkan kesempatan baru. Sehingga pendapatan yang masuk pun akan meningkat.

2. Permintaan produk meningkat

Ketika pemasaran global berhasil dengan terus menerus meningkatkan kualitas sesuai standar yang target market butuhkan, maka loyalitas terhadap produk pun akan besar. Sehingga tidak heran, apabila permintaan terhadap produk pun akan lebih tinggi.

Untuk menjaga kepercayaan konsumen, sebaiknya tidak hanya memahami produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Namun, sesuaikan pula sistem pembayaran yang dilakukan di negara tersebut.

3. Brand Awareness Tinggi

Strategi pemasaran global pun dapat membangun brand awareness di mata penduduk lokal. Sehingga menimbulkan kepercayaan terhadap produk yang perusahaan Anda produksi. Sehingga mereka akan senang hati untuk menggunakan atau membeli produk dari perusahan Anda.

Target pemasaran global dapat kamu lakukan dengan beberapa cara yaitu dengan megapro produk, lisensi, franchise, investasi langsung, dan lain sebagainya. Selain itu, keuntungan yang akan Anda dapatkan yaitu mendapatkan peluang profit lebih besar, brand awareness tinggi, dan permintaan produk meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *