Bisnis

10 Strategi Promosi Bisnis yang Jitu di Era Digital

strategi promosi bisnis

Sebelum Anda memutuskan untuk menjalani bisnis, Anda perlu memperhatikan banyak hal agar usaha Anda bisa berjalan sesuai dengan rencana. Di era digital ini, sudah banyak bisnis yang mulai promosi melalui platform online. Agar dapat tetap bersaing dan bertahan, Anda tentunya perlu untuk menyiapkan strategi promosi bisnis yang efektif. Misalkan saja Anda bisa memanfaatkan berbagai platform online seperti media sosial, website dan yang lain sebagainya. 

Lantas apa saja strategi promosi bisnis yang jitu di era digital ini? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Apa itu Strategi Promosi?

Sebelum membahas mengenai strategi promosi bisnis, kita bahas terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan strategi promosi. Melansir dari laman Asana, strategi promosi adalah rencana untuk menciptakan atau meningkatkan permintaan akan suatu produk. Strategi inilah yang akan membantu Anda menciptakan taktik, yang nantinya digunakan untuk meningkatkan kesadaran mengenai produk Anda dan membuat orang menjadi tertarik untuk membelinya. 

Adapun tujuan dari strategi promosi adalah untuk mengenalkan calon pelanggan pada produk atau layanan Anda dan meyakinkan mereka untuk melakukan pembelian. Selain itu, strategi promosi juga bermanfaat untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan perusahaan Anda. Contoh dari strategi promosi yang biasa kita temui di era digital ini adalah promosi melalui sosial media. Sebab, kini medsos menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. 

Macam-macam Strategi Promosi

Lantas, apa saja macam-macam strategi promosi yang perlu diketahui? Yuk kita lihat apa saja!

Berdasarkan Karakteristik Promosi

Strategi promosi sendiri dapat berdasarkan karakteristik promosi, yaitu sebagai berikut;

1. Komunikasi

Macam strategi promosi yang pertama adalah komunikasi. Dengan karakteristik ini, strategi promosi yang dijalankan oleh perusahaan harus bisa untuk memberikan informasi kepada konsumen mengenai produk dengan cara komunikasi yang sesuai dan tepat, sebagaimana yang diinginkan oleh perusahaan. 

2. Intensif

Berdasarkan karakteristik promosi, strategi promosi yang selanjutnya adalah intensif. Ketika perusahaan melakukan promosi, bisnis tentunya harus berfokus pada memberikan pelayanan yang intensif untuk mendorong minat konsumen terhadap nilai dan kualitas produk. 

Baca Juga : Cara Meningkatkan Omset Penjualan Online, Mudah!

3. Invitation

Berikutnya adalah strategi promosi invitation, yang merupakan sebuah strategi untuk mengundang para konsumen untuk membeli produk yang Anda tawarkan, dan sekaligus mampu menghasilkan pendapatan bagi perusahaan. 

Berdasarkan Klasifikasi Promosi

Selain strategi promosi yang berdasarkan karakteristik, ada juga yang berdasarkan klasifikasi promosi. Berikut adalah strateginya;

1. Customer Promotion

Strategi promosi yang berdasarkan klasifikasi promosi yang pertama adalah customer promotion. Inilah sebuah strategi pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran merek dan mendorong pelanggan untuk membeli produk. Walaupun biasanya hanya bersifat sementara, strategi ini dibuat untuk menarik minat dan kegembiraan pelanggan dalam jangka waktu tertentu. Promosi yang dapat dilakukan misalkan seperti memberikan hadiah kepada konsumen sebagai apresiasi karena mencoba atau membeli produk. 

2.Trade Promotion

Strategi promosi produk yang berdasarkan klasifikasi promosi dapat Anda lakukan melalui trade promotion. Promosi ini adalah sebuah aktivitas pemasaran yang biasanya dilakukan oleh perusahaan B2B (business-to-business) untuk menarik lebih banyak pelanggan. Merek produk dan grosir sering menggunakan pendekatan promosi ini untuk membentuk kemitraan dengan bisnis lain. 

3. Business Promotion

Macam-macam strategi promosi yang berikutnya adalah business promotion. Adapun tujuan dari strategi ini adalah untuk menghasilkan penjualan kepada pelanggan baru, menjaga komunikasi yang efektif dengan pelanggan yang sudah ada, meningkatkan volume penjualan secara keseluruhan, dan memperkenalkan produk atau keunggulan dari barang atau jasa yang ditawarkan. 

Berdasarkan Kegiatan Promosi

Berikutnya adalah macam-macam strategi promosi yang berdasarkan kegiatan promosi. Seperti apa? Yuk simak strateginya di bawah ini. 

1. Penjualan Langsung

Macam strategi promosi yang berdasarkan kegiatan yaitu penjualan langsung atau direct selling. Promosi ini adalah proses, sistem, metode atau teknik penjualan produk yang terjadi dalam lingkungan non-retail. Contohnya adalah toko online atau e-commerce. Dengan penjualan langsung, produsen menjual kepada konsumen tanpa melibatkan perantara dalam proses penjualan dan distribusi.

2. Iklan

Macam-macam strategi promosi yang selanjutnya adalah melalui iklan. Di era digital ini, bisnis menggunakan strategi ini menggunakan media tertentu, bisa melalui online maupun offline. Adapun tujuan dari strategi promosi iklan yaitu untuk menargetkan promosi pada target pasar tertentu, serta untuk meningkatkan kesadaran merek (brand awareness). 

Bisnis online

3. Publikasi

Jenis strategi promosi yang dapat Anda gunakan adalah publikasi. Mirip dengan iklan, publikasi merupakan strategi promosi yang bersifat tidak langsung. Akan tetapi, berbeda dalam cara pelaksanaannya. Publikasi dilakukan dengan cara mempromosikan produk melalui konten komersial yang disampaikan kepada pelanggan dengan media cetak, elektronik, dan platform lainnya. 

4. Event

Promosi melalui event memiliki tujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada pembeli mengenai penggunaan produk selama berlangsungnya acara. Contoh strategi promosi produk melalui event ini yaitu seminar, pameran, showcase dan juga demonstrasi produk. Event memungkinkan produsen untuk langsung berinteraksi dengan para pelanggannya. 

Strategi Promosi Bisnis

Nah, setelah mengetahui mengenai apa saja macam dari strategi promosi bisnis, di bawah ini adalah tips untuk Anda dalam strategi promosi bisnis, yaitu sebagai berikut;

1. Kenali Target Pasar

Untuk bisa menjalankan strategi promosi bisnis, Anda terlebih dahulu perlu untuk mengenali target pasar Anda seperti apa. Penting untuk Anda memahami seperti apa minat konsumen terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan. Anda bisa melakukan riset untuk mengetahui produk apa yang dibutuhkan oleh target pasar Anda. 

2. Buat Peta Konsep untuk Pemasaran

Tips selanjutnya dalam membuat strategi promosi bisnis adalah membuat peta konsep untuk pemasaran. Ini berfungsi sebagai panduan utama yang berisi gambaran mengenai keseluruhan tentang strategi promosi yang akan dilakukan. Dengan membuat peta konsep, Anda bisa memiliki rencana yang lebih terstruktur sebelum memulai bisnis Anda.

3. Masuk Komunitas Bisnis

Tidak ada salahnya untuk Anda ikut bergabung dengan komunitas bisnis. Dengan masuk komunitas, Anda bisa meluaskan networking Anda sehingga wawasan Anda mengenai bisnis akan semakin bertambah. Misalkan saja, skill komunikasi Anda akan meningkat, dan Anda dapat mengetahui ilmu-ilmu baru tentang rencana promosi bisnis, dan pengelolaan uang. 

4. Gunakan Media Sosial 

Strategi promosi bisnis yang selanjutnya adalah menggunakan media sosial. Siapa yang tidak mengenal medsos saat ini? Dengan begitu banyak pengguna, Anda bisa manfaatkan media sosial untuk berbagai promosi Anda. Seperti contoh iklan yang ditawarkan oleh platform media sosial. Pastikan Anda membuat konten secara konsisten, dan sesuai dengan nilai-nilai produk Anda. 

Baca Juga : 7 Tips Jitu Cara Promosi yang Menarik untuk Bisnis Anda

5. Lakukan Endorsement

Kini sudah banyak influencer yang bisa membantu bisnis Anda dikenal. Bahkan followers mereka bisa sampai berjuta-juta. Untuk itu, manfaatkan media sosial untuk melakukan endorsement. Anda bisa riset terlebih dahulu rate card mereka, setelah itu Anda bisa memilih yang mana sesuai dengan budget Anda. 

6. Membuat Website

Strategi promosi bisnis yang selanjutnya yaitu membuat website. Dengan adanya website, bisnis Anda akan terlihat lebih professional. Pastikan website Anda lengkap dengan informasi mengenai alamat bisnis, detail mengenai produk yang disertai dengan foto produk yang bagus. Kini Anda pun bisa membuat website dengan bantuan pihak ketiga yang sudah ahli dalam bidangnya. 

7. Buat Video Promosi

Selain melalui website, strategi promosi bisnis yang penting yaitu membuat video promosi. Video ini merupakan rekaman yang sengaja digunakan dengan tujuan yang jelas, yaitu untuk mempromosikan inisiatif, penjualan dan pemasaran tertentu. Seringkali video promosi memiliki gaya dan nada yang mirip dengan video teaser, di mana tujuannya adalah untuk menarik perhatian audiens dan mendorong mereka untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai hal yang dipromosikan. 

8. Berikan Diskon Khusus

Siapa yang tidak menyukai diskon? Nah, Anda bisa melakukan strategi promosi bisnis dengan memberikan diskon khusus. Misalkan saja, Anda dapat memberikan diskon untuk pelanggan yang pertama kali melakukan pembelian, atau berikan gratis ongkir untuk produk-produk tertentu. 

9. Lakukan Giveaway

Biasanya, untuk meningkatkan engagement, bisnis melakukan trik strategi promosi bisnis dengan memberikan giveaway kepada pelanggannya di media sosial. Tentunya, giveaway ini terdapat ketentuan yang harus diikuti. Seperti contoh, bisnis Anda memberikan voucher menginap untuk 1 pemenang giveaway yang beruntung dengan cara follow, like dan comment pada postingan tertentu. 

10. Gunakan Marketplace

Kini, sudah banyak marketplace yang bisa membantu Anda menjual atau mempromosikan produk Anda. Banyak dari masyarakat kini yang memilih untuk belanja online, sebab praktis dan terdapat banyak penawaran khusus. Oleh sebab itu, manfaatkan marketplace sebagai salah satu strategi promosi bisnis Anda. 

Demikianlah ulasan mengenai 10 strategi promosi bisnis yang jitu di era digital ini. Strategi promosi bisnis begitu penting sebagai salah satu bagian dari marketing untuk memasarkan produk perusahaan. Untuk Anda yang tertarik dengan sewa gudang online, hubungi kami untuk informasi selanjutnya mengenai warehouse & fulfilment.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *